Kenalan dengan Kue Klepon, Makanan Tradisional Khas Indonesia

By Reka Harnis - Agustus 2, 2020

Kue klepon kini tengah menjadi perbincangan. Untuk itu, yuk simak ulasan lengkap mengenai klepon berikut ini.

kue klepon

 Buat kamu yang belum pernah makan kue klepon, ini merupakan jajanan tradisional yang berbentuk bulat, berukuran kecil dan berwarna hijau dengan taburan kelapa parut serta isian gula merah yang manis dan meleleh di mulut.

Baca juga: Nongkrong Asyik di Kafe dan Restoran Outdoor Kekinian

Jajanan yang diklaim sudah ada sejak tahun 1950-an ini masih populer di jajaran jajanan tradisional khas Indonesia. Sebab,harganya murah dan rasanya yang nikmat. Kue klepon juga cocok untuk disantap saat sarapan ataupun sebagai camilan di sore hari.

Baca juga: Lima Tempat Makan Klepon Enak dan Paling Populer

Makna dan sejarah klepon

Namun, tahukah kamu kalau kue klepon memiliki makna yang cukup unik? Dikutip dari buku Local Development Heritage: Traditional Food and Cuisine as Tourist Attractions in Rural Areas (1998), klepon dihargai sebagai salah satu warisan budaya yang menjadi simbol atas identitas kolektif suatu daerah atau kelompok. 

Tidak hanya itu, bentuk dan cita rasanya juga memiliki makna bahwa bahwa terkadang sesuatu yang alot akan terasa manis di kemudian hari sesuai dengan usaha yang dilakukan, sebagaimana dituliskan Nimpuno dalam buku Nostalgia Kue Tenong (2016).

Pelajaran moral juga dapat diambil ketika menyantap kue klepon. Saat memakannya, gula yang terdapat di dalamnya akan lumer di mulut. Namun, jika dimakan dalam keadaan mulut terbuka, gula yang meleleh tersebut akan berantakan kemana-mana.

Baca juga: Rekomendasi Kuliner di Blok S, Cobain Yuk!

Artinya, hal tersebut mengajarkan kita mengenai bagaimana cara makan yang baik dan sopan, yakni dengan mulut tertutup dan tidak berbicara saat makan. Pelajaran moral ini juga berkaitan dengan budaya Indonesia.

Berita Terkait

Author