Kelebihan dan Fungsi Water Repellent untuk Mobil Saat Musim Hujan

Selain wiper, ada sebuah cairan yang dapat membantu pengemudi. Ya, itu adalah water repellent. Simak kelebihan dan fungsi water repellent pada mobil berikut!

fungsi water repellent

Tanda-tanda akan datangnya musim hujan sudah mulai terlihat. Musim hujan bisa dibilang musuh bagi orang yang kerap beraktivitas menggunakan mobil.

 

Ya, selain mesti lebih waspada kala mengemudi di tengah hujan, pemilik mobil pun perlu lebih memperhatikan bagaimana kondisi mobil agar tetap prima.

 

Tidak hanya itu, untuk menunjang keamanan dan keselamatan kala mengemudi di tengah pemilik mobil mesti tahu ada fitur yang berguna.

 

Baca juga: Cara Mengoptimalkan Fitur Mobil yang Berguna di Musim Hujan

 

Tentu, wiper adalah fitur utama dan paling berguna saat hujan. Hujan deras dapat menghalangi pandangan Anda ketika mengemudi.

 

Karena itu usahakan untuk selalu menyeka kaca depan dengan wiper dan pertahankan suhu dalam kabin agar kaca tidak berembun. Rata-rata, karet wiper dapat berusia 6 bulan.

 

Selain wiper, ada sebuah cairan yang dapat membantu pengemudi. Ya, itu adalah water repellent.

 

Simak fungsi water repellent berikut!

 

Baca selanjutnya.

fungsi water repellent

Fungsi water repellent

Water repellent adalah cairan yang membuat efek mencegah air menempel layaknya daun talas saat terkena air.

 

Cairan ini dapat digunakan pada berbagai permukaan, termasuk bodi dan kaca mobil bagian luar, sehingga air hujan langsung meluncur turun.

 

Bila diaplikasikan pada kaca depan mobil, tentunya fungsi water repellent menjadi penting, karena air hujan langsung turun meski tanpa bantuan wiper.

 

Baca juga: Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Saat Musim Hujan Datang

 

Sehingga water repellent sangat membantu pengemudi untuk menjaga jarak pandang saat berkendara kala hujan, baik gerimis maupun lebat. Wiper pun dapat berfungsi dengan lebih maksimal.

 

Water repellent juga membantu agar air hujan tidak meninggalkan noda pada permukaan bodi mobil, yang lama kelamaan akan menimbulkan bercak putih.

 

Sementara, water repellent yang digunakan pada kaca bagian samping dan spion lebih membantu pengemudi untuk memantau kondisi sekitar mobilnya, terlebih ketika hujan lebat.

 

Baca fungsi water repellent selanjutnya.

fungsi water repellent

Cara menggunakan water repellent

Untuk menggunakan atau mengaplikasikan cairan water repellent pada mobil bukan hal yang sulit.

 

Sebelum mengoleskan water repellent ada baiknya Anda mencuci mobil hingga bersih agar cairan dapat menempel dengan sempurna pada bodi dan kaca bagian luar.

 

Lalu,  keringkan hingga benar-benar tidak air tersisa. Anda bisa diamkan dulu mobil yang habis dicuci dan lap selama beberapa menit untuk memastikan kering menyeluruh.

 

Baca juga: Tips Memilih Ban yang Cocok untuk Musim Hujan

 

Selanjutnya, cairan water repellent yang biasa dijual dalam botol spray dapat Anda semprotkan ke kain microfiber.

 

Dengan gerakan memutar, usapkan kain tersebut ke seluruh  bodi dan kaca bagian luar secara merata agar water repellent dapat berfungsi melindungi dengan maksimal.

 

Bila dirasa kurang, Anda dapat melapisi mobil hingga dua kali. Yang pertama diamkan hingga kering, baru ulangi proses yang sama untuk lapisan kedua.

 

Baca fungsi water repellent selanjutnya.

fungsi water repellent

Kelebihan water repellent

Selain fungsinya yang membuat efek mencegah air menempel layaknya daun talas saat terkena air, ada kelebihan lain dari penggunaan water repellent pada mobil.

 

Dengan water repellent, eksterior mobil akan terlihat semakin kinclong serta mengilap. Tidak hanya itu, cairan water repellent ini juga berperan untuk menghambat  tumbuhnya jamur pada permukaan cat dan kaca mobil.

 

Yang pasti, Anda mesti memilikinya. Saat ini di pasaran banyak tersedia produk water repellent dari berbagai merek.

 

Baca juga: 5 Tips Merawat Mobil Saat Hujan

 

Harganya mulai dari Rp 10.000 hingga ratusan ribu rupiah. Produk ini banyak dijual di toko aksesoris mobil atau market place.

 

Sangat bermanfaat bukan water repellent ini? Dan pasting #BikinKamuSiap #HadapiBanjir dan kotoran-kotoran lainnya.