Jangan Sampai Menyesal, Deteksi Kerusakan Kaki-kaki Mobil Sejak Dini

By Arris Riehady - Maret 1, 2019

Kaki-kaki adalah komponen krusial dalam sebuah mobil. Bagaimana tidak, komponen ini menjadi penunjang kenyamanan sebuah mobil. Yuk deteksi sejak awal kerusakan kaki-kaki mobil!

kerusakan kaki-kaki mobil

Kondisi jalan yang kurang bagus dapat membuat bagian kaki-kaki mobil mendapatkan masalah, apalagi jika sering menghantam lubang. Kenyamanan berkendara bisa terganggu dengan kerusakan yang terjadi, seperti bunyi berdecit pada kaki-kaki.

Masalah tersebut bisa terjadi pada komponen-komponen seperti shockbreaker, ban, link stabilizer, bushing, tie rod, dan balljoint.

Daripada tidak nyaman saat berkendara, sebaiknya pemilik mulai deteksi sejak awal kerusakan kaki-kaki mobil. Apa saja itu? Simak ulasan berikut.

Shockbreaker

Shockbreaker atau suspensi adalah sistem pada mobil yang berfungsi untuk meredam getaran saat melewati jalanan berbatu, gundukan jalan, maupun tanjakan. Berkat keberadaan shockbreaker, getaran yang didapat dari  jalanan tersebut tidak dirasakan oleh pengemudi dan penumpang.

Selain itu, shockbreaker juga dapat menjadi penentu keamanan dan kenyamanan Anda dalam berkendara. Bila shockbreaker rusak, Anda berpotensi mengalami kecelakaan.

Kerusakan awalnya terasa ketika mobil melewati “polisi tidur” atau tanjakan yang tak terlalu tinggi, Anda mendengar bunyi berdecit dari mobil yang tak nyaman. Suara tersebut juga disertai guncangan di mobil lebih dari biasanya. Bahkan, gonjangan itu bisa terjadi lebih dari satu kali.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!