Jangan Rencanakan Liburan Saat Sedang di Kantor, Ini Alasannya

15 March 2018

Aktivitas kantor yang padat tiap harinya membuat liburan bersama teman perlu sesekali dilakukan untuk melunturkan penat.

 

Tapi ingat! Jangan sampai karena liburan kantor lalu melupakan pekerjaan, yang ada Anda kena teguran dari perusahaan dan bisa dipecat.

 

Sayang, waktu untuk merencanakan liburan tersebut juga terkendala dengan sibuknya jadwal pekerjaan. Bukan tanpa sebab, ada alasan mengapa Anda jangan merencanakan liburan saat sedang di kantor.

 

Berdasarkan survei yang dilakukan Rice University dan Iowa State University, diketahui bahwa konsumen yang memesan hotel selama jam kantor justru kurang puas dengan pengalaman yang didapat, walaupun hotel yang dipilih relatif mahal.

 

Hal ini karena saat aktivitas di kantor, pikiran orang sudah dipenuhi pekerjaan sehingga tidak terlalu cermat dalam mempertimbangkan hotel yang dipilih. Biasanya mereka beranggapan bahwa memilih hotel yang mahal akan sesuai dengan kebutuhan, padahal belum tentu.

 

Survei ini juga menemukan bahwa orang yang membayar reservasi hotel dari jauh-jauh hari lebih puas ketimbang mereka yang membayar reservasi hotel tak lama sebelum hari keberangkatan. Hal ini karena mereka yang membayar dari jauh-jauh hari akan merasa tidak membayar apa-apa lagi, sehingga ketika liburan tiba, mereka dapat lebih menikmati.

 

Sedangkan mereka yang membayar tak lama sebelum keberangkatan masih merasa habis mengeluarkan uang banyak untuk menikmati liburan kantor. Terlebih bila hotel yang dipilih ternyata memberikan servis yang buruk, maka ketidakpuasan akan lebih terasa.

 

Nah, memang sebaiknya Anda merencanakan liburan saat jam pulang kantor atau saat santai di kafe sambil nongkrong bareng dan minum kopi, di mana pikiran memang secara khusus disiapkan untuk merencanakan liburan yang sudah ditunggu-tunggu.

Jadi, kapan Anda liburan?

Arris Riehady

SHARE