Jalan-jalan Sekalian Wisata Edukasi di Jakarta Yuk

By Arris Riehady - Oktober 1, 2018

mudik nyaman dengan keluargaDKI Jakarta, provinsi dengan penduduk terpadat di Indonesia ini walau identik dengan gedung pencakar langit dan kemacetan, ternyata masih menyimpan berbagai atraksi yang bisa dikunjungi untuk melepas penat dan melarikan diri sejenak dari kesibukan.

 

Selain atraksi wisata yang menghibur, ada juga atraksi wisata yang penuh dengan edukasi serta dapat dinikmati bersama kerabat dan keluarga. Berikut di antaranya.

 

Kidzania Jakarta

Berlokasi di lantai enam Pacific Place, Kidzania Jakarta dibangun menyerupai kota, namun dalam ukuran anak-anak, lengkap dengan jalan raya, bangunan,dan berbagai kendaran. Anak-anak usia empat hingga 16 tahun menjadi pemeran utama di Kota Kidzania dengan mengambil alih peran orang dewasa melalui profesinya, mulai dari dokter, polisi, hakim, pekerja gedung, pemadam kebakaran, pembuat cokelat dan wafer, hingga wartawan.

 

Kota Tua Jakarta

Kawasan ini mencakup sebagian wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara, mulai dari Pelabuhan Sunda Kelapa sampai Museum Bank Indonesia.

 

Pada masanya, Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan pelabuhan terbesar dan tersibuk yang digunakan untuk kegiatan jual beli dalam perdagangan internasional. Sedangkan kawasan sekitar Museum Bank Indonesia dan Museum Fatahillah adalah salah satu pusat pemerintahan kolonial.

 

Kini Kota Tua Jakarta biasa dijadikan tempat bersantai bersama teman dan keluarga, selain juga merupakan salah satu tempat favorit untuk berburu foto.

 

Menempati bangunan bergaya neoklasik, Museum Fatahillah menyimpan sekitar 23.500 barang bersejarah, baik dalam bentuk benda asli maupun replika, seperti Prasasti Ciaruteun yang merupakan peninggalan Kerajaan Tarumanegara, meriam si Jagur, patung Dewa Hermes, mimbar Masjid Kampung Baru, serta penjara bawah tanah tempat Untung Suropati dan Pangeran Diponegoro pernah ditahan.

 

Museum Bank Mandiri

Berseberangan dengan Stasiun Kota, museum berlantai empat ini dilengkapi alat peraga yang menggambarkan situasi perbankan di masa lalu. Pengunjung bisa melihat brankas untuk menyimpan uang, emas batangan, dan surat berharga; sistem keamanan bank yang ketat dan terbilang modern di masanya sehingga selama beroperasi tidak pernah kebobolan; ruang ATM; hingga ruang kasir yang dilengkapi manekin untuk lebih memahami operasional bank.

 

Chinatown Jakarta (Glodok)

Seperti umumnya sebuah Chinatown, di sini dapat melihat berbagai bangunan dengan arsitektur khas dan suasana seperti di Tiongkok, selain juga bisa ditemukan banyak pertokoan yang menjual makanan, obat-obatan tradisional, mainan, pakaian, aksesori, alat jahit, hingga produk elektronik.

 

Bagi Muslim, sebelum membeli makanan, bertanyalah terlebih dahulu apakah makanan tersebut mengandung babi atau tidak. Hal unik lainnya yang bisa dijumpai di sini adalah beberapa penjual toko yang masih menggunakan sempoa untuk menghitung.

 

Pusat Peragaan IPTEK (PP IPTEK)

Berawal dari ide Kementrian Riset, dan Teknologi yang mengemban misi mencerdaskan masyarakat melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, dibangunlah PP IPTEK di Taman Mini Indonesia Indah.

 

Terdapat 250 alat peraga yang bisa disentuh, dipegang, dan dimainkan untuk anak-anak dari usia empat hingga 18 tahun, selain juga disediakan lembar kerja sains yang akan memandu anak didik untuk belajar ilmu pengetahuan dan teknologi agar lebih terarah dan intensif.

 

Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk

Kawasan konservasi hutan mangrove ini merupakan tempat tinggal bagi beragam satwa, mulai dari monyet, burung, hingga biawak air.

 

Selain berjalan kaki di jalan setapak, bisa juga berkeliling kawasan ini dengan naik perahu dayung, kayak, atau kapal motor menyusuri sungai. Pastikan untuk mampir di gardu pandang setinggi lebih dari lima meter yang tak hanya menawarkan panorama TWA Angke Kapuk, namun juga bisa melihat kawasan Pantai Indah Kapuk dan sekitarnya.

 

Planetarium dan Observatorium Jakarta

Pengunjung dapat menonton pertunjukan teater bintang selama satu jam untuk memahami dasar-dasar ilmu astronomi. Ruangannya mirip gedung bioskop dengan lampu yang dimatikan saat pertunjukan dimulai, hanya saja layar lebarnya berupa kubah gedung planetarium.

 

Mata bakal dimanjakan dengan kelap-kelip lampu yang dianalogikan sebagai bintang, sementara narator menjelaskan dasar-dasar ilmu astronomi, seperti nama rasi bintang, planet DKI Jakarta, provinsi dengan penduduk terpadat di Indonesia ini walau identik dengan gedung pencakar langit dan kemacetan, namun masih menyimpan berbagai atraksi yang bisa dikunjungi untuk melepas penat dan melarikan diri sejenak dari kesibukan.

 

Museum Nasional

Sering disebut dengan Museum Gajah karena terdapat patung gajah berbahan perunggu di depan museum yang merupakan hadiah dari Raja Chulalongkorn dari Kerajaan Thailand, museum ini berada tepat di seberang Monumen Nasional (Monas) di Jalan Medan Merdeka Barat.

 

Museum pertama di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara ini memiliki koleksi arca dari berbagai zaman, termasuk arca Bhairawasetinggi lebih dari empat meter, selain juga meriam kuno, seperangkat gamelan, tekstil, keramik, wayang, miniatur rumah adat, dan senjata tradisional.

 

Museum Basoeki Abdullah

Museum ini cocok untuk yang senang dengan karya seni dan menanamkan jiwa kesenian pada anak. Museum yang dulunya rumah almarhum Basoeki Abdullah ini terletak di Jalan Keuangan Raya nomor 19, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

 

Terdiri dua lantai, dengan koleksi pribadi sang pelukis berupa patung, topeng, wayang, hingga senjata, serta koleksi lukisan potret tokoh-tokoh dunia, seperti tokoh Proklamator Indonesia Soekarno dan Hatta, Bapak Pembangunan Soeharto dan istrinya Tien Soeharto, hingga Ferdinand dan Imelda Marcos, museum ini buka mulai pukul 09:00 hingga 16:00.

 

astra digitalEnggan keliling Jakarta karena takut terjebak dalam kemacetan? Tenang, cukup download Movic yang tersedia di smartphone berbasis Android. Dengan aplikasi ini Anda dengan mudah memilih mobil sewaan terpercaya dan berkualitas, waktu sewa serta harga yang fleksibel, hingga pilihan mau mengemudi sendiri atau dengan driver.

 

Praktis bukan? Tunggu apalagi, segera download Movic!

 

Baca: Hanya di Movic, Sewa Mobil Seharian Cuma Rp99 Ribu

 

Download Movic:

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!