Jaga Kesehatan, Ini Jogging Track di Jakarta yang Asyik dan Nyaman

Yuk, jaga kesehatan dengan jogging. Tidak perlu jauh-jauh, berikut jogging track di Jakarta yang asyik dan nyaman.

jogging track di Jakarta

Serangan jantung mendadak bisa terjadi pada siapa saja, bahkan bagi mereka yang gemar olahraga dan hidup sehat.

 

Penyakit yang baru-baru ini merenggut nyawa Ashraf Sinclair, suami dari Bunga Citra Lestari (BCL) ini bisa terjadi karena jantung tiba-tiba kekurangan aliran darah karena penyakit pembuluh darah. Selain itu, bisa juga karena kelainan irama jantung serta faktor genetik.

 

Bukan tanpa gejala, umumnya jika seseorang terkena penyakit jantung memiliki detak jantung yang tidal beraturan, mudah lelah, susah nafas, sulit tidur, serta berdebar tanpa sebab pasti.

 

Dari penelitian para ahli, serangan jantung lebih sering terjadi di dini hari atau antara pukul satu hingga lima pagi.

 

Baca juga: Deretan Kuliner Legendaris Jakarta yang Wajib Dicicipi

 

Ada banyak cara untuk mencegah serangan jantung. Selain menjaga pola dan gizi makanan, kamu juga perlu olahraga.

 

Tidak perlu yang berat dan menguras tenaga, yang ringan asal konsisten pun dapat kamu lakukan untuk mengurangi potensi serangan mematikan tersbut.

 

Olahraga yang paling mudah dilakukan dan tidak perlu effort berlebih adalah jogging. Nah, supaya jogging kamu lebih menyenangkan, ini jogging track di Jakarta yang asyik.

jogging track di Jakarta

Gelora Bung Karno

Ramai saat hari kerja maupun akhir pekan, di sinilah sejumlah komunitas lari berkumpul, seperti Indo Runners, RockRunFun, Jakarta Rustaman Runners, East Jakarta Runners, dan lainnya. Mereka mengadakan lari bersama tiap Kamis pukul 20:00 dengan titik awal di fX LifestyleX’nter.

 

Dari lobi mall, rutenya melalui Jalan Sudirman, lalu berbelok kiri melewati The Sultan Hotel Jakarta. Tiba di kawasan Gelora Bung Karno, kemudian lanjut berlari mengelilingi Stadion Utama sebanyak dua hingga tiga kali sebelum kembali ke fX Lifestyle X’nter melalui Jalan Pintu Gelora 1 dengan jarak sekitar 5,5 kilometer.

 

Baca juga: Rekomendasi Kuliner Kekinian di Jakarta yang Wajib Dicoba

jogging track di Jakarta

Car Free Day

Setiap Minggu, mulai pukul 06:00 hingga 11:00, Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin ditutup untuk kendaraan. Kesempatan ini dimanfaatkan warga ibu kota untuk berlari di jalan beraspal, mulai dari Bundaran Senayan hingga persimpangan Thamrin-Medan Merdeka Barat, yang total berjarak 5,7 kilometer.

 

Untuk menuju kesana, para pelari dapat mengakses area ini dengan TransJakarta yang tetap beroperasi.

jogging track di Jakarta

Monumen Nasional

Salah satu ikon Jakarta ini ternyata memiliki trek jogging yang cukup panjang dan nyaman dengan landasan dari paving block dan semen halus, serta dikelilingi pepohonan rindang dan tanaman sulur, sehingga sejuk di pagi dan sore hari.

 

Tersedia juga lintasan khusus sepanjang 1,1 kilometer per putaran.

 

Baca juga: Pilihan Taman-taman di Jakarta untuk Berakhir Pekan

Taman Margasatwa Ragunan

Memiliki luas 140 hektar, taman ini merupakan tempat sempurna untuk lari pagi dengan ditemani gemericik air, kicauan burung, hingga suara kera dan binatang lainnya. Kamu bisa memilih trek di jalanan beraspal lebar atau melalui kandang binatang dengan medan naik-turun dengan jarak sekitar 5 kilometer per putaran.

 

Banyak komunitas lari yang sering terlihat berkumpul di sini setiap Sabtu pagi. Pastikan datang sepagi mungkin untuk menghindari keramaian. Jarak jogging di sini 5-6 kilometer per putaran

Taman Impian Jaya Ancol

Jogging track di Jakarta terakhir berada di kawasan utara dan menawarkan lintasan menyusuri pantai. Kamu bisa mengawali olahraga dari depan tempat parkir Pantai Indah.

 

Dari situ, kamu dapat menuju barat melalui Lodan Raya, kemudian berbelok di pintu timur dan menyusuri sepanjang Pantai Carnaval, sebelum kembali ke Pantai Indah. Jaraknya lumayan jauh, sekitar 7 kilometer.

 

Baca juga: Cobain Tempat Berlibur Anti-mainstream di Jakarta Ini

 

Soal transportasi untuk ke jogging track di Jakarta kamu tidak perlu khawatir. Untuk menemani olahraga dan menjaga kesehatan jantung, kamu bisa sewa mobil melalui Movic. Jadi, jangan lupa download Movic, ya!