Impresi Pertama New Peugeot 5008 Saat Diluncurkan di Indonesia

By Arris Riehady - June 27, 2019

Akhirnya, New Peugeot 5008 resmi diluncurkan di Indonesia! Seperti apa? Berikut impresi pertama New Peugeot 5008 dari Seva.id.

Bertempat di Astra Biz Center, Jakarta, akhirnya pada 27 Juni 2019, Peugeot Sales Operation (PSO) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Peugeot di Indonesia meluncurkan New Peugeot 5008.

 

Secara keseluruhan, New Peugeot 5008 merupakan SUV premium yang mampu menampung tujuh orang penumpang.

 

Rokky Irvayandi, Chief Executive Astra Peugeot mengatakan, alasan Peugeot meluncurkan 5008 saat ini adalah berkaca dari peningkatan pengguna Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia. Ia membandingkan pengguna SUV pada tahun 2014 dengan keadaan sekarang.

 

Rokky menyebutkan, di tahun 2014 SUV hanya menguasai 8 persen pasar, sedangkan saat ini meningkat drastis menjadi 18,9 persen.

 

“Memang bukan segmen yang paling besar, namun peningkatannya tajam. Untuk itu SUV menjadi pasar yang penting buat kita di Indonesia,” ujar Rokky saat acara peluncuran Peugeot 5008 SUV.

 

Ia melanjutkan, 5008 sangat cocok bagi keluarga Indonesia yang menginginkan kendaraan dengan kenyamanan khas Eropa dan tampilan yang berkarakter, styish, dan kapasitas penumpang maupun bagasi yang lebih besar.

 

Saat diluncurkan, kami, Seva.id pun langsung memberikan impresi pada mobil ini. Berikut impresi pertama New Peugeot 5008.

New Peugeot 5008 full side

Beda basis

Hal yang pertama kali kami notice adalah basis dari New Peugeot 5008 ini.

 

Seperti diketahui, Peugeot 5008 pada generasi pertama berwujud sebagai mobil multi purpose vehicle (MPV) dan mengaspal pada periode 2009-2016. Baru di generasi kedua atau dikenal sebagai All New Peugeot, mobil berubah menjadi sport utility vehicle (SUV) tujuh penumpang.

New Peugeot 5008 front grille

Tampil gahar

Meski dapat menampung tujuh orang penumpang, kami menilai, tampilan eksterior pada New Peugeot 5008 ini berbeda dengan SUV lain di kelasnya. Mengambil desain dari saudaranya New Peugeot 3008, SUV ini tampil gahar!

 

New Peugeot 5008 memiliki dimensi panjang 4.641 milimeter, lebar 1.844 milimeter, dan tinggi 1.626 milimeter. Meski di atas kertas perbedaan dimensi tersebut tidak terpaut jauh dengan New Peugeot 3008, namun New Peugeot 5008 dapat menampung hingga tujuh orang penumpang.

 

Tampak depan, kesan SUV gahar terpancar sempurna oleh desain bumper, headlamp, grille, serta foglamp trim.

 

Lampu utamanya sudah disematkan sensor otomatis yang akan menyala saat berkendara dalam kondisi cahaya yang kurang, serta sudah mengadopsi teknologi full LED yang berpadu dengan fitur Follow Me Home.

 

Fog lamp atau lampu kabut bagian depan pun sudah LED dengan fitur yang akan menyala otomatis mengikuti kemana arah beloknya mobil.

 

Bagian belakang tak kalah istimewa, karena dirancang dengan sempurna. Selain pintu bagasi yang sudah otomatis terbuka dengan sensor di bawah bumper, berhubung CBU dari Prancis, mobil ini masih dibekali dengan foglamp lampu rem.

 

Sedangkan lampu rem utamanya juga sudah mengadopsi teknologi LED tiga baris yang melambangkan cakar singa.

 

New Peugeot 5008 interior

Interior pesawat

Dashbord pada New Peugeot 5008 ini tidak berbeda dengan New Peugeot 3008. Keduanya menggunakan teknologi i-Cockpit.

 

i-Cockpit ini sudah terbukti memudahkan akses pengemudi, terdapat sebidang layar sentuh delapan inci di tengah dashboard. Untuk pengaturan AC, audio, parameter kendaraan, telepon, dan aplikasi mobil.

 

Layar ini juga dapat digunakan untuk mengatur ambience sesuai kebutuhan pengemudi. Secara deafult ada dua ambience yakni Relax dan Boost. Jika mengaktifkan ambience Boost secara otomatis layar ini dan head-up display akan berganti warna jadi merah. Mode Sport pun akan otomatis hidup sehingga membuat sensasi mengemudi yang penuh tenaga.

 

Di bawahnya terdapat tujuh buah piano key toggle switch yang bentuknya mirip kokpit pesawat terbang. Fitur ini memberikan rasa berkendara yang lebih intuitif dan intens.

 

i-Cockpit pada New Peugeot 5008 sudah mendukung koneksi antar smartphone dengan Apple CarPlay atau androidauto, USB, hingga Bluetooth. Saat dihubungkan maka untuk navigasi akan masuk ke Google Maps atau Waze.

 

New Peugeot 5008 Display

Untuk informasi berkendara, di hadapan pengemudi terbentang panel instrumen seluas 12,3 inci. Tampilannya bisa disesuaikan dengan pilihan Personal, Minimum, dan Dials.

 

Desain jok bagian depan untuk pengemudi dan penumpang sudah semi bucket yang empuk dan memeluk tubuh dengan sempurna, memberikan rasa nyaman saat diduduki.

 

Sementara di bagian kemudi, meski berkonsep SUV tujuh penumpang, New Peugeot 5008 menggunakan setir yang bentuknya biasa diaplikasikan di mobil sport. Setir ini sudah dilapis kulit kualitas premium yang nyaman digenggam dengan steering switch serta pengaturan tilt dan teleskopik, sehingga menambah kenyamanan berkendara.

 

Kemudian, di sektor pendingin udara, New Peugeot 5008 sudah dibekali dengan AC digital dual zone. Ini membuat pengemudi dan penumpang bebas menentukan kesejukan masing-masing.

 

Bagian bagasi mobil ini pun kapasitasnya bertambah.  Dengan kondisi jok baris ketiga terlipat, kapasitas bagasinya mencapai 952 liter. Sedangkan jika jok baris kedua dilipat, yang pelipatannya rata lantai, maka kapasitas bagasinya mencapai 20.142 liter.

 

Barang yang panjang seperti papan selancar pun dapat dimuat masuk ke dalam kabin New Peugeot 5008 tanpa masalah dan mengganggu pengemudi serta penumpang di depan.

Duduk di jok baris kedua juga terasa nyaman. Apalagi tersedia pengaturan slide dan reclining. Jadi untuk perjalanan jauh tidak diragukan lagi kenyamanannya.

 

Jok baris kedua ini dapat dilipat rata lantai dengan komposisi 40:20:40. Sementara jok baris ketiga untuk reviewer kami yang tingginya 165 centimeter apabila jok baris kedua dimundurkan habis, tidak bisa masuk.

 

Kalaupun jok baris kedua dimajukan, orang dewasa akan sangat kesempitan karena dengkul mentok. Posisi duduk jok baris ketiga ini lebih tinggi. Dengan ruang yang terbatas, kami rasa di baris ini lebih cocok untuk anak-anak atau dengan tinggi di bawah 165 centimeter.

 

Untuk pelipatan, joknya menggunakan konsep dive in 50:50. Selain dilipat, jok ini juga mudah untuk dibuka pasang, sehingga menciptakan ruang tambahan untuk menaruh barang.

 

Seatbelt atau sabuk pengaman tiga titik tersedia untuk seluruh penumpang di New Peugeot 5008.

Mesin dan keamanan

Dari sisi jantung pacu atau mesin, New Peugeot 5008 menggunakan mesin berkapasitas 1.598 cc dengan Twin Scroll Turbo High Pressure (THP) yang menyalurkan tenaga melalui enam percepatan otomatis dengan Quickshift Technology dan Paddle Shift.

 

Mesin ini mengutamakan efisiensi tenaga dan torsi. Tenaga yang dihasilkan mencapai 165 daya kuda, sehingga membuatnya siap menerjang jalanan.

 

Sementara, di sektor keamanan, New Peugeot 5008 sangat inovatif dan lengkap di seluruh bagiannya.

 

Pengaman aktif SUV Premium untuk melindungi keselamatan pengemudi dan penumpang di mobil ini mulai dari sistem pengereman dengan menyematkan teknologi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Bistribution (EBD), dan Emergency Break Assist (EBA).

 

Ada juga Electronic Stability Program (ESP) yang mampu menjaga kestabilan kendaraan dari under/over steer berpadu teknologi Advanced Grip Control yang merupakan optimisasi dari traction control dengan pilihan 5 Grip Level, yaitu Normal, Snow, Mud, Sand, dan ESP OFF. Grip level ini dapat dipilih sesuai kebutuhan mengemudi dengan switch yang ada di tengah console dashboard.

 

Sedangkan Hill Assist Descent Control (HADC) memiliki fungsi untuk membantu mobil agar tidak meluncur saat sedang melintasi jalan yang menurun. Secara otomatis mesin dan rem akan bekerja membatasi kecepatan kendaraan hanya tiga kilometer per jam jika pengemudi tidak sengaja melepas pedal gas.

 

Keamanan maksimum juga ditunjang oleh Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang meliputi driver attention alert, lane departure warning, hingga 360 degree reverse camera with park assist.

 

Dengan semua perangkat sistem keamanan yang ada, tak heran apabila New Peugeot 5008 ini memperoleh bintang lima – peringkat tertinggi – dari Euro NCAP (European New Car Assessment Programme).

New Peugeot 5008 Steer

Fitur baru

New Peugeot 5008 pun memboyong sejumlah fitur baru. Karena dimensi yang lebih besar sedikit, New Peugeot 5008 diberi upgrade pada sektor kamera untuk memudahkan pengemudi ketika parkir dan mundur.

 

Ketika mundur, kamera pada New Peugeot 5008 akan memberikan pandangan 360 derajat pada pengemudi.

 

Selain itu, ada juga Park Assist. Dengan mengaktifkan fitur ini pengemudi dapat memarkirkan mobilnya secara otomatis, baik parkir semi maupun pararel.

 

Cara mengaktifkannya pun mudah. Pengemudi tinggal memilih menu Park Assist pada layar pada i-Cockpit lalu pilih cara parkir yang diinginkan, parkir seri atau parkir pararel.

 

Jika sudah aktif, pengemudi diminta untuk menyalakan sein di sisi mana mobil akan diparkir, maka secara otomatis sensor pada New Peugeot 5008 akan memindai tempat parkir yang sesuai serta memadai untuk mobil tersebut.

 

Setelah mobil mendapatkan tempat parkir, maka pengemudi diminta untuk melepaskan tangan dari kemudi dan kaki dari pedal gas. Perlu diingat, untuk keamanan, maka pengereman saat menggunakan Park Assist ini tetap dikontrol penuh oleh pengemudi. Pengemudi pun harus tetap terus waspada akan lingkungan di sekitar mobil akan diparkir.

New Peugeot 5008

Harga dan warna

New Peugeot 5008 hadir dengan warna Emerald Crytal sebagai hero-nya. Ditambah dengan Nimbus Grey, Pearl White, dan Nera Black sebagai pilihan warna lainnya.

 

Hanya ada satu varian, yaitu New Peugeot 5008 GT Line yang ditawarkan di Indonesia. Varian ini dijual dengan harga Rp 820.000.000 untuk on the road (OTR) Jakarta.

 

Jika tertarik, Anda sudah dapat memesan dan membeli New Peugeot 5008 di dealer Peugeot seperti Astra Peugeot BSD Astra Biz Center, Astra Peugeot Cilandak, Astra Peugeot Solo, dan Astra Peugeot Surabaya.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!