Hotel Unik di Yogyakarta untuk Kamu Bermalam

By Arris Riehady - February 11, 2020

Selain keindahan panorama alam dan aktivitas menantang, Yogyakarta punya segudang penginapan. Berikut hotel unik di Yogyakarta untuk kamu bermalam.

hotel unik di Yogyakarta

Sebagai salah satu kota wisata di Indonesia, Yogyakarta memiliki berbagai pilihan tempat penginapan dan hotel untuk memanjakan siapapun yang datang.

 

Dari sekian banyak desain dan konsep, penginapan serta hotel berikut terlihat sederhana tetapi menarik dan memiliki keunikan dibandingkan dengan tempat penginapan lainnya.

 

Mau pengalaman yang beda untuk bermalam? Berikut hotel unik di Yogyakarta.

Lokal Hotel & Restaurant

Lobi dan tiap kamar hotel butik ini memiliki konsep ramah lingkungan dengan motif batik kawung di setiap sudutnya.

 

Sebagai hotel unik di Yogyakarta, lobinya dibiarkan terbuka terbuka tanpa AC sehingga udara dapat mengalir. Guna mengurangi konsumsi listrik, jendela besar juga diaplikasikan supaya cahaya alami dapat masuk secara maksimal. Hanya terdapat 12 kamar yang terdiri tiga tipe, yaitu A, B, dan C.

 

Semuanya memiliki standar kenyamanan dan fasilitas yang sama, meliputi iPhone 5 Speakers dan Charging Dock, Wi-Fi dan minibar gratis, serta LED HDTV 40 inci dengan saluran internasional, yang membedakan adalah luas kamarnya.

 

Baca juga: Menikmati Sensasi Makan Soto Tanpa Mangkuk di Soto Bathok Mbah Katro Yogyakarta

 

Kamar Tipe B merupakan kamar yang paling luas dengan dua lantai dan langsung menghadap ke kolam renang. Pada lantai pertama terdapat ruang tamu, meja kerja, dan kamar mandi, sedangkan lantai atas difungsikan sebagai kamar tidur dengan balkon.

 

Untuk yang menginginkan tempat tidur twin bisa memilih kamar Tipe A, sementara kamar Tipe C lebih dirancang untuk pasangan dengan tepat tidur king size.

 

Lokasi: Gg. Jemb. Merah No.104C, Soropadan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283.

View this post on Instagram

Like humans, plants also need their place to be cleaned up so they can grow better.⁣ ⁣ Every six months, we display this sign on our hydroponic pipes to let you know that it is time to clean up the pipes so that the mints have even more spacious room to grow. As the mints get bigger, their roots expand bigger too and as a result, they are blocking the water flow they need. ⁣ ⁣ During this cleaning period, we temporarily move the mints on the corridors to our Creative Farming on the rooftop level, where they will be taken care of intensively. Within 3-4 months, they will be ready to be moved back, and welcome you with their lush leaves and minty fresh scent. • #greenhost #greenhosthotel

A post shared by Greenhost Boutique Hotel (@greenhosthotel) on

Greenhost Boutique Hotel

Hotel unik di Yogyakarta yang kedua merupakan hotel butik pertama di Indonesia yang ramah lingkungan serta menawarkan fasilitas modern dengan sentuhan budaya lokal di lingkungan yang tenang dan ramah.

 

Menggabungkan konsep perhotelan kasual dengan pengalaman kreatif dalam bidang desain, seni, kerajinan, dan konsep pertanian kota. Gaya bangunan industrialis dikombinasi dengan tema back to nature yang ramah lingkungan termasuk betonnya, terbuat dari fly ash material daur ulang dan penggunaan kembali (re-use) kayu, baja, dan besi.

 

Dari sudut bangunan hingga rooftop yang menjadi rumah kaca dipenuhi dengan tanaman yang ditanam dengan teknik hidroponik, membuat suasana menjadi segar.

 

Baca juga: Hangatnya Wedang Ronde Mbah Payem yang Legendaris di Yogyakarta

 

Tiap koridor dan kamarnya memiliki desain interior yang menarik, serta dilengkapi lemari pakaian yang unik, dengan fasilitas TV layar datar bersaluran internasional dan jaringan Wi-Fi.

 

Selain kolam renang terdapat juga Art Kitchen yang meghidangkan menu Indonesia dan Barat, serta Attic Bar & Wine Lounge untuk menikmati makanan ringan, segelas vino, atau pilihan menu yang beraneka ragam seperti keju atau charcuterie.

 

Lokasi: Jl. Prawirotaman 2 No.629, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153.

Adhisthana Hotel

Suasana Jawa tempo dulu berpadu gaya interior China dan Eropa sudah terasa sejak berada di lobi. Hotel ini nemilih warna-warna bumi seperti biru tua, putih, abu-abu, dan cokelat hangat, sehingga terkesan lebih elegan.

 

Selain menyediakan kamar deluxe dan superior untuk lebih privat, terdapat pula kamar dorm terdiri dari dua jenis, yaitu kamar pria berisi delapan bunkbed, dan kamar khusus wanita berisi enam bunkbed.

 

Dengan fasilitas berupa sharing bathroom, tempat penyimpanan untuk tiap orang, dan lampu baca di masing-masing tempat tidur. Adhisthana Hotel juga memiliki Kafe Lawas 613, kafe ini memiliki dinding berupa susunan jendela tua.

 

Baca juga: Jaminan Enak dan Kenyang jika Makan Ini di Yogyakarta

 

Kafe dua lantai ini memang terlihat unik, di lantai pertama terdapat beberapa tempat duduk dari kayu yang terkesan lawas, tanpa cat pelitur. Di lantai kedua yang berkonsep semi outdoor biasanya menjadi favorit pengunjung yang ingin berkumpul sambil makan.

 

Pilihan furnitur kayu tanpa pelitur dipadukan dengan sofa berwarna abu-abu menambah kesan lapang dan nyaman.

 

Lokasi: Jl. Prawirotaman 2 No.613, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153.

View this post on Instagram

❤️?❤️

A post shared by Christy Isabelli (@parisbruschetta) on

Pondok Kampoeng Djawa Guest House

Menawarkan nuansa Jawa yang sangat kental, tak hanya dari desain eisterior dan interior tapi juga hingga pernak-perniknya. Seperti saat sesudah check in, tamu akan disuguhi welcome drink yang dituangkan dari dalam kendi ke gelas yang terbuat dari tanah liat.

 

Setelah melewati lobi, langsung berhadapan dengan taman yang asri yang bersebelahan dengan dapur berdinding anyaman bambu. Kampoeng Djawa hanya memiliki sembilan buah kamar yang dinamai dari nama karakter pewayangan dengan pilihan kipas angin atau AC. Beberapa kamarnya memiliki balkon pribadi yang menghadap taman dan kolam ikan.

 

Dengan fasilitas tadi, kamar mandi dalam lengkap dengan handuk dan sabun mandi, AC, TV, meja rias, tempat tidur, juga satu buah lemari pakaian, ditambah dengan fasilitas internet, sarapan, dan afternoon tea.

 

Baca juga: 5 Pantai Hits di Gunungkidul yang Jadi Favorit Wisatawan

 

Selain itu, Jalan Prawirotaman I tidak begitu padat dan ramai, cukup bersahabat bagi yang suka jalan kaki karena di sepanjang jalan juga terdapat restoran tempat penjualan batik, tempat penjualan benda-benda antik, juga terdapat tempat rental sepeda ataupun sepeda motor.

 

Lokasi: Lokasi: Jalan Prawirotaman 1 No.40, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153.

hotel unik di Yogyakarta

Nah, itu tadi deretan hotel unik di Yogyakarta untuk kamu bermalam. Bingung mau keliling ke tempat-tempat wisata di Yogyakarta naik apa? Sewa mobil saja!

 

Sewa mobil di Movic saja. Movic merupakan aplikasi yang menghubungkan pemilik dan penyewa mobil. Tentunya jika berlibur dan menyewa mobil sekaligus dengan sopirnya, kamu akan lebih hemat tenaga.

 

Selain bertugas mengantar kamu berlibur, sopir juga dapat memberikan informasi tempat wisata yang sesuai dengan kebutuhan atau yang sedang ‘hitz’ di kalangan pelancong. Dengan menyewa mobil berikut sopirnya bisa jadi kamu dapat menekan budget saat liburan.

 

Mau menikmati panorama pantai di Gunungkidul? Tunggu apalagi, yuk segera download Movic sekarang.

 

   

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!