Hasil Uji Tabrak Toyota Corolla Cross, Bintang 5 ASEAN NCAP

Dilengkapi segudang fitur keselamatan, ini hasil uji tabrak Toyota Corolla Cross dari ASEAN NCAP yang memuaskan.

uji tabrak Toyota Corolla Cross

Faktor keamanan dan keselamatan tentu menjadi faktor terpenting ketika berkendara dengan mobil. Apalagi bagi kamu yang gemar bepergian dengan keluarga.

Faktanya, produsen otomotif telah menyematkan berbagai teknologi yang lulus uji untuk menjaga pengemudi dan penumpang jika mobil mengalami benturan atau kecelakaan.

New Car Assessment Program (NCAP) adalah lembaga yang bertugas untuk menguji kelayakan atas mobil baru yang dipasarkan. Kelayakan itu tentunya mencakup keselamatan pengemudi dan penumpang ketika berkendara.

Baca juga: Mengenal NCAP, Standar Keselamatan Mobil Masa Kini

NCAP biasanya menilai aspek keselamatan sebuah mobil baru berdasarkan dua pertimbangan, yaitu sistem keamanan aktif dan sistem keamanan pasif.

uji tabrak Toyota Corolla Cross

Hasil uji tabrak Toyota Corolla Cross

Pada 9 Oktober 2020 lalu, melalui channel YouTube ASEAN NCAP mengumumkan hasil uji tabrak Toyota Corolla Cross.

Hasil uji tabrak Toyota Corolla Cross tersebut mendapatkan nilai bintang lima alias memuaskan. Dalam pengujiannya, ASEAN NCAP menggunakan Toyota Corolla Cross varian tertinggi yang diproduksi di Thailand.

Nilai memuaskan tersebut didapat dari uji Adult Occupant Protection (AOP) dengan catatan poin 33,01 dari 36.

Baca juga: Ini Perbedaan Fitur, Harga, dan Varian Toyota Corolla Cross

Lalu, Child Occupant Protection (COP) yang merupakan pengujian atas perlindungan child seat di Toyota Corolla Cross dengan poin 40,74 dari 49.

Selanjutnya dalam uji Safety Assist Technology (SAT), mobil ini meraih poin 14,5 dari 18.

Hasil uji tabrak Toyota Corolla Cross didapat berkat adanya fitur keselamatan seperti Toyota Safety Sense yang meliputi pre-collision system, lane departure alert with steering assist, dynamic radar cruise control with lane tracing assist, dan automatic high beams.

Ada juga keselamatan aktif dengan blind spot monitor, rear cross traffic alert, panoramic view monitor, hill-start assist control, wheel disc brakes, emergency brake signal, Traction Control System (TRC), Vehicle Stability Control (VSC), serta Anti-lock Braking System (ABS).

Sedangkan untuk fitur keselamatan pasifnya yaitu Tire Pressure Monitoring System dan 7 SRS Airbags.

Baca juga: First Drive Toyota Corolla Cross Mesin Bensin, Nyaman Banget

spesifikasi Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross Indonesia

Lantas bagaimana dengan uji tabrak Toyota Corolla Cross di Indonesia?

Standar kelayakan dan keselamatan di Indonesia mengacu pada ASEAN NCAP, yang merepresentasikan standar kelayakan untuk kendaraan di negara-negara berkembang.

Ketika negara-negara ASEAN dituntut untuk mengikuti standar Eropa atau AS, maka tentu saja harga mobil yang masuk ke negara-negara ASEAN akan melambung tinggi.

Baca juga: Melirik Kapasitas Bagasi Toyota Corolla Cross yang Lapang

Safety memang menjadi salah satu concern utama Toyota di Indoensia saat ini, sehingga Toyota Corolla Cross dilengkapi dengan paket fitur keamanan pasif dan aktif terbaru yang siap memberikan rasa tenang pada pengemudi dan penumpang.

Toyota Corolla Cross

Fitur keamanan tersebut mulai dari rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm.

Tidak hanya itu, Toyota Corolla Cross menggunakan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C) dengan pengembangan pada body rigidity yang tinggi dan sistem suspensi yang didesain khusus untuk memberikan peredaman yang empuk dan nyaman.

Hal ini terasa cocok untuk mengajak seluruh anggota keluarga melewati jalan perkotaan, tol, dan pedesaan, termasuk dengan adanya ground clearance setinggi 165 milimeter.

Visibilitas yang tinggi membuat pengemudi Toyota Corolla Cross mempunyai kemudahan untuk memantau kondisi sekitar mobil.

Radius putarnya 5,2 meter, memastikan pengemudi dapat melakukan manuver di ruang terbatas, seperti balik arah atau parkir dengan mudah.

Jadi Toyota Corolla Cross Indonesia tetap aman, karena sudah mengikuti standar ASEAN NCAP.