Hal yang Menyebabkan Setir Mobil Berbunyi Saat Belok

By Reka Harnis - Maret 29, 2021

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan setir mobil berbunyi saat belok. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Agar kinerja mobil selalu prima, penting untuk melakukan perawatan secara berkala. Sebab, mobil yang minim perawatan akan menimbulkan masalah dan mengurangi aspek keamanan dan kenyamanan saat mobil dikendarai.

Salah satu masalah pada mobil yang sering timbul adalah munculnya bunyi-bunyi asing. Bunyi tersebut bisa menjadi pertanda adanya kerusakan pada komponen mobil.

Misalnya adalah setir mobil berbunyi saat belok atau berputar. Hal ini pastinya akan mengganggu kenyamanan pengemudi dan penumpang saat berkendara.

Lantas, apa yang menyebabkan setir mobil berbunyi saat belok?

Bearing mulai kendor

Bearing merupakan salah satu komponen yang wajib ada, terutama pada barang yang memerlukan rotasi karena berfungsi sebagai pelapis antara komponen yang bergerak dengan komponen yang diam agar tidak terjadi gesekan yang berlebih, sehingga bunyi bisa diredam.

Bila bearing setir mobil mulai kendor atau mengalami kerusakan, bisa membuat setir mobil berbunyi saat belok karena tidak adanya lapisan yang mengganjal pergesekan besi.

Baca juga: Ini Penyebab Mobil Susah Distarter Saat Pagi Hari

Solusinya, lebih baik bawa mobil kamu ke bengkel untuk mendapatkan penanganan. Namun, bila masih berbunyi, komponen yang bermasalah diwajibkan untuk diganti demi keamanan dan kenyamanan berkendara.

Berita Terkait

Author