Fungsi Tie Rod Mobil dan Mengenal Ciri Kerusakannya

Penting bagi pengendara mobil untuk memahami fungsi tie rod mobil, sebab komponen tersebut membuat mobil dapat berjalan stabil. Berikut selengkapnya.

fungsi tie rod mobil

Fungsi tie rod adalah untuk menjaga kestabilan mobil saat berkendara. Perangkat ini bekerja sama dengan ban dan kaki-kaki mobil lainnya demi keamanan dan kenyamanan pengemudi. 

Komponen yang terletak di antara steering gearbox dan cakram roda depan ini berhubungan langsung dengan sistem kemudi mobil.

Tanpa adanya tie rod, mobil mustahil berjalan stabil, bahkan sulit dikendalikan. Melihat perannya yang sangat penting, yuk kenalan dengan fungsi tie rod mobil lainnya di bawah ini.

Fungsi tie rod mobil

1. Menyambungkan gerak kemudi ke roda depan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tie rod merupakan komponen yang menggerakkan putaran kemudi ke roda depan.

Artinya, saat kamu memutar kemudi maka secara otomatis roda depan mobil akan ikut berbelok atau bergerak sesuai dengan arah lingkar kemudinya.

Baca juga: Bagaimana Cara Deteksi Kerusakan Kaki-kaki Mobil Sejak Dini?

Namun, gerakan mekanis pada kemudi nantinya akan melewati gearbox terlebih dahulu, sebelum diteruskan dan dikonversikan tie rod menjadi gerakan menarik atau mendorong sisi roda.

Dengan begitu, roda depan dapat bergeser dan berbelok sesuai arah gerak roda kemudi.

Pengatur jarak roda depan

Selanjutnya, fungsi tie rod mobil adalah mengatur jarak pada roda depan mobil. Sistem tie rod mobil terbagi menjadi dua, yakni Toe-in dan Toe-out.

Baca juga: Perawatan Mobil Bekas yang Harus Dilakukan Pemiliknya

Dengan adanya selisih toe, maka roda dapat berjalan dengan stabil.  Selain itu, toe berfungsi meminimalisir keausan ban yang tidak merata.

Selisih toe dapat diatur dengan menyesuaikan sambungan antara long tie rod dan tie rod end.

Caranya adalah mengatur panjang-pendek uliran di antara kedua komponen tersebut hingga mendapatkan selisih toe yang sesuai kebutuhan mobil.

Fitur peredam getaran

Tidak hanya suspensi, fungsi tie rod juga sebagai fitur peredam getaran mobil. 

Namun, berbeda dengan suspensi, fungsi tie rod sebagai peredam adalah untuk meminimalisir getaran dari roda agar tidak sampai ke setir (roda kemudi).

Baca juga: Sebelum Membeli, Kenali Dulu Ciri Mobil Bekas Banjir

Saat mobil sedang melaju, roda akan bergerak. Gerakan roda tersebut akan menghasilkan getaran yang mungkin terasa hingga kemudi.

Pada kondisi itu, tie rod berperan seperti ball joint  yang dapat memutus gerakan naik-turun maupun ke arah kanan dan kiri dari roda.

Tepatnya, long tie rod yang memutus gerakan naik-turun, sedangkan tie rod end memutus gerakan ke kanan dan kiri.

Dengan begitu, getaran tidak akan naik ke kemudi maupun kabin penumpang.

Oleh karena itu, getaran kuat pada kemudi bisa jadi indikasi terjadinya kerusakan tie rod mobil, khususnya ketika akan berbelok.

Jika kamu mendapati kondisi tersebut, sebaiknya segera lakukan perbaikan.

Pasalnya, jika dibiarkan dapat mengganggu kenyamanan saat menyetir, bahkan dapat membuat pengemudian mobil menjadi kurang aman.

Ciri-ciri kerusakan tie rod

Selain getaran pada kemudi, ada beberapa ciri lain dari kerusakan tie rod.

Muncul bunyi pada kaki-kaki mobil

Bunyi yang berasal dari kerangka kaki-kaki mobil merupakan salah satu ciri terjadinya kerusakan pada fungsi tie rod mobil.

Bunyi tersebut disebabkan oleh tie rod mobil yang sudah mulai aus sehingga menimbulkan efek bunyi berdecit pada bagian kaki-kakinya.

Meskipun begitu, kondisi itu sebenarnya tidak melulu ditimbulkan oleh fungsi tie rod yang bermasalah.

Namun, jika bunyi tersebut sering terjadi, terutama saat berbelok, besar kemungkinan disebabkan oleh tie rod yang bermasalah.

Untuk itu, disarankan agar segera cek ke bengkel agar tidak berdampak buruk ke komponen lainnya.

Baca juga: Alasan Performa Mobil Menurun Setelah 5 Tahun Pemakaian

Posisi kemudi tidak presisi

Ciri kerusakan tie rod mobil selanjutnya dapat dideteksi dari setir atau sistem kemudi mobil.

Apabila kemudi mobil kamu cenderung condong ke salah satu arah atau tidak presisi dan tidak berada pada posisi center, maka patut dicurigai kalau tie rod bermasalah.

Kondisi ini dipicu karena ban mobil berotasi ke kanan-kiri dengan sudut yang lumayan besar.

Dengan begitu, maka ada potensi yang cukup besar bahwa pada ban mobil belok sendiri ke salah satu arah meski tidak terasa.

Jika mendapati kondisi tersebut, segera cek mobil kamu ke bengkel resmi agar kerusakan tidak bertambah parah.

Jangan khawatir soal waktu, ada layanan Booking Service dan Home Service Seva.id. Jadi, bila fungsi tie rod kamu bermasalah, segera lakukan pengecekan.

Layanan Booking Service dan Home Service Seva.id sangat praktis dan bisa menghemat waktu kamu saat melakukan perawatan mobil.