Fungsi dan Cara Kerja Thermostat Mobil

By alexanderardian1 - September 19, 2019

Thermostat merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Tetapi, apa fungsi thermostat dan bagaimana cara kerjanya?

thermostat mobilMesin mobil terdiri dari berbagai komponen yang saling berhubungan dengan tingkat kompleksitas tinggi. Komponen itu melakukan tugasnya dalam waktu yang relatif cepat dan akurat. Tingginya tingkat perputaran pada mesin mengakibatkan peningkatan suhu pada bagian mesin. Untuk itu, dibutuhkan komponen pendingin yang berperan untuk menjaga suhu mesin, salah satunya adalah thermostat mobil.

Thermostat merupakan salah satu komponen di dalam sistem pendingin mobil yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi cairan pendingin mesin yang berasal dari radiator, sehingga mencegah mesin overheat.

Baca juga: Lima Tips Merawat Radiator Coolant Mobil

Sistem pendingin sendiri berfungsi untuk menjaga temperatur mesin dalam kondisi yang ideal. Thermostat terletak pada saluran air atau cairan pendingin, tepatnya saluran air dari mesin yang mengarah ke radiator.

Cara kerja thermostat mobil

Fungsi thermostat adalah membantu radiator untuk menjaga suhu mesin tetap ideal. Cara kerjanya akan mengikuti komponen pendingin lainnya.

Awalnya, air akan dipompa oleh water pump menuju ke mesin. Kemudian air akan mengalir melewati water jacket, yaitu jalur air yang mengitari mesin. Sambil mengalir, air pendingin tersebut akan menangkap suhu panas yang ada di mesin, dan akan keluar dari melewati selang, lalu masuk ke bagian atas radiator.

Baca juga: Kenali Jenis dan Cara Kerja Cairan Pendingin Radiator

Setelah itu, akan terjadi pengurangan suhu yang dibawa oleh air pendingin di dalam radiator. Suhu panas akan dibuang melalui kisi-kisi kecil yang ada di dalam radiator. Panas dari kisi-kisi akan pindah ke udara karena dibantu oleh kipas yang terpasang dibalik radiator untuk mendinginkannya.

Berita Terkait

Author