Fitur dan Harga Kijang Innova TRD Sportivo Limited Saat Diluncurkan

Untuk pertama kalinya MPV Toyota hadir dalam varian TRD Sportivo. Berapa harganya? Ini ulasan Kijang Innova TRD Sportivo Limited.

Kijang Innova TRD Sportivo

Bila menyebut mobil Multi Purpose Vehicle (MPV), maka mobil Toyota Kijang mungkin ada di benak orang Indonesia. MPV ini sudah menjadi legenda hidup otomotif Indonesia selama lebih dari 40 tahun.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1977, Toyota Kijang sudah banyak bertransformasi hingga menjadi Kijang Innova yang dikenal saat ini untuk dapat terus memenuhi kebutuhan masyarakat yang juga terus berubah. Kini, Toyota Kijang telah terjual lebih dari 1,9 juta unit.

“Kijang adalah bagian yang tidak terpisahkan dari potret perkembangan sosial ekonomi bangsa Indonesia,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

“Metamorfosa Kijang dari bentuk yang sangat sederhana di tahun 70-an menjadi kendaraan berkualitas global seperti sekarang ini menjadi cerminan bahwa kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta ini meningkat pesat selama lebih dari 40 tahun terakhir,” lanjutnya.

Baca juga: Toyota Kijang, dari Mobil Rakyat hingga Mobil Resmi Asian Games

Khusus di perayaan kemerdekaan Indonesia, Toyota menghadirkan Kijang Innova yang berbahan bakar Diesel dengan tampilan yang sporty serta menjadi MPV pertama dari Toyota yang memiliki versi TRD Sportivo.

Lantas apa istimewanya Kijang Innova TRD Sportivo Limited? Ini harga dan fitur Kijang Innova TRD Sportivo Limited.

Innova TRD Sportivo

Harga dan ketersediaan

Varian Kijang Innova TRD Sportivo Limited sendiri dibagi lagi menjadi G dan V.  Kedua varian tersebut dibekali masing-masing dengan transmisi manual lima percepatan dan otomatis lima percepatan.

Baca juga: Ini Perbedaan Fitur, Harga, dan Varian Toyota Corolla Cross

Mesin Kijang Innova TRD Sportivo Limited berkapasitas 2.400 cc berbahan bakar diesel yang bertenaga 149 ps. Selain VVT-i, mesin berkode 2GD-FTV ini juga dilengkapi dengan variable nozzle turbocharger (VNT) dan intercooler. Mesin ini pun digunakan pada Toyota Fortuner dan Toyota Hilux.

Embel-embel Limited yang disematkan pada Kijang Innova TRD Sportivo bukan hanya sekedar penamaan. Secara unit, TAM memang memproduksi mobil ini secara terbatas.

Jumlahnya hanya sekitar 2.633 unit. Tentu akan jadi collector item di masa yang akan datang, mengingat mobil ini pun menjadi MPV pertama dari Toyota yang memiliki versi TRD Sportivo.

Kijang Innova TRD Sportivo tersedia dalam empat warna pilihan, yakni Attitude Black, Dark Gray Mica Metallic, Silver Metallic, dan Super White.

Baca juga: Ada Embel-embel TRD di Mobil Toyota? Ini Artinya

Berikut detail harga Kijang Innova TRD Sportivo:

Kijang Innova TRD Sportivo G M/T Rp 359.150.000.

Kijang Innova TRD Sportivo G A/T Rp 380.650.000.

Kijang Innova TRD Sportivo V M/T Rp 411.950.000.

Kijang Innova TRD Sportivo V A/T Rp 431.950.000.

Innova TRD Sportivo

Eksterior sporty

Tampilan bold dan sporty di mobil ini tergambar dari TRD Sportivo Front Bumper Spoiler, TRD Sportivo Rear Bumper Spoiler, hingga TRD Sportivo Side Skirt dan Side Sticker.

Kehadiran Front Grille Ornament, dan velg alloy berukuran 17 inci dilabur warna hitamd pun membuat kesan sporty mobil ini kian kuat.

“Varian Kijang Innova TRD Sportivo Limited ini memang ditujukan untuk pelanggan yang menyukai fungsionalitas MPV namun juga ingin tampil sporty,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Baca juga: SevaMagz Vol. 5: Toyota di Hati Kita

Sejak Kijang Innova diluncurkan pertama kali pada 2004, mobil ini langsung mendapat respon yang positif dari pelanggan dan tampil sebagai market leader medium MPV sampai sekarang dengan pangsa pasar selalu di atas 90%.

Dengan diluncurkannya varian limited terbaru ini, Kijang Innova kini mempunyai 5 varian yaitu G, V, Q, Venturer, dan yang terbaru TRD Sportivo Limited.

Innova TRD Sportivo

Fitur pembersih udara

Beralih ke bagian dalam, secara keseluruhan interior Kijang Innova TRD Sportivo Limited ini mirip dengan yang digunakan pada varian V sebagai basisnya.

Perbedaan terletak pada fitur Integrated Air Purifier (Car Ionizer) yang berfungsi untuk membersihkan udara di dalam kabin yang menghasilkan ion negatif sehingga kualitas udara di dalam kabin meningkat.

Fitur ini juga dilengkapi dengan intelligence air quality control untuk menunjukkan kondisi kualitas udara di dalam kabin.

Baca juga: Mobil untuk Keluarga Mending MPV atau SUV?

Integrated Air Purifier (Car Ionizer) ini terintegrasi dengan AC yang dapat bekerja secara otomatis maupun manual.

Jika menggunakan mode otomatis, Integrated Air Purifier akan langsung bekerja ketika indikator menunjukkan terjadinya penurunan kualitas udara dalam kabin.

Selain itu, Kijang Innova TRD Sportivo Limited juga dilengkapi dengan filter udara yang dapat membantu melindungi udara di dalam kabin dalam kondisi baik, dengan ukuran removable particle PM 2.5 or less.

Dengan adanya filter ini, maka udara di dalam kabin dapat terhindar dari partikel kecil yang bisa mengganggu kualitas udara.

Bagaimana, tertarik memiliki Kijang Innova TRD Sportivo?