Etika dan Aturan Lampu Jauh, Jangan Bikin Orang Lain Silau

Pernah dibuat jengkel oleh pengendara lain dari arah lain yang menggunakan lampu jauh? Begini etika dan aturan lampu jauh.

aturan lampu jauh

Lampu adalah salah satu bagian yang sangat penting bagi keselamatan berkendara khususnya saat malam hari dan kondisi kurang cahaya.

Umumnya, pada sebuah mobil terdapat dua buah jenis setting lampu yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan, yaitu low beam atau lampu dekat, dan high beam atau lampu jauh.

Tetapi, beberapa pengendara mungkin masih kebingungan kapan harus menggunakan lampu dekat atau lampu jauh. Tidak sedikit para pengendara yang menggunakan dua jenis lampu tersebut sesuka hati.

Baca juga: Cara Mengubah Mika Lampu Mobil yang Kusam Menjadi Baru

Lalu, saat berkendara pada malam hari, seringkali pengendara dibuat jengkel oleh pengendara lain dari arah berlawanan yang menggunakan lampu jauh.

Kadang, pengendara lain dari belakang juga kerap bikin silau saat cahaya lampu dim mereka menyorot kaca spion dan memantul ke mata. Hal tersebut tentunya berbahaya, sebab dapat mengganggu penglihatan.

Nah, biar tidak salah dan melanggar etika di jalan raya, yuk simak aturan lampu jauh di bawah ini saat ingin menggunakannya.

aturan lampu jauh

Sebagai informasi, persyaratan utama lampu dekat dan lampu utama jauh telah ditetapkan pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2012 pasal 24 poin 1 yang berisi sebagai berikut.

  1. Berjumlah 2 (dua) buah atau kelipatannya;
  2. Dipasang pada bagian depan Kendaraan Bermotor;
  3. Dipasang pada ketinggian tidak melebihi 1.500 (seribu lima ratus) milimeter dari permukaan jalan dan tidak melebihi 400 (empat ratus) milimeter dari sisi bagian terluar Kendaraan; dan
  4. Dapat memancarkan cahaya paling sedikit 40 (empat puluh) meter ke arah depan untuk lampu utama dekat dan 100 (seratus) meter ke arah depan untuk lampu utama jauh.

Selain itu, penggunaan lampu jauh sebenarnya juga diperlukan saat kondisi kendaraan melaju cukup kencang. Ini untuk memastikan kondisi jalan di depan apakah ada halangan atau tidak.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED serta Regulasinya

Intinya, semua bentuk alat komunikasi yang keluar dari kendaraan tidak boleh sampai mengganggu pengguna jalan lain.

Jadi, jangan lupa perhatikan etika dan aturan lampu jauh ya, supaya kamu dan pengemudi lain bisa berkendara dengan aman dan nyaman, serta minim resiko kecelakaan.

Ditulis oleh: Shatya Agung Wicaksana