Deretan Pantai di Flores Timur untuk Asupan Vitamin Sea

Disebut-sebut sebagai surganya pantai cantik di Indonesia. Ada apa saja di sana? Ini deretan pantai di Flores Timur.

pantai di Flores Timur

Sudah bukan rahasia umum kalau pantai-pantai di Indonesia bagian Timur terkenal akan kecantikannya.

 

Bayangkan saja, pantai dengan pasir putih yang lembut, ombak tenang dengan air yang jernih, lalu pemandangan matahari terbit atau terbenam di cakrawala. Benar-benar asupan “vitamin sea” yag sempurna.

 

Buat kamu yang butuh asupan “vitamin sea” semacam itu dan bosan dengan Bali, coba deh bergeser sedikit ke Pulau Flores, tepatnya Flores Timur.

 

Baca juga: 10 Tempat Wisata Sleman yang Tidak Kalah Dengan Daerah Di Sekitarnya

 

Flores Timur merupakan sebuah kabupaten dengan Larantuka sebagai ibu kotanya. Lokasinya sendiri berada di ujung Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

 

Ada banyak cara untuk masuk ke Flores Timur, tapi sebagaimana surga, caranya gampang-gampang susah.

 

Ada Bandara Gewayantana yang jaraknya 10 kilometer dari Larantuka. Lainnya, kamu bisa menempuh perjalanan darat dari Ende ke Larantuka sekitar enam jam perjalanan. Cara terakhir lebih banyak ditempuh oleh turis.

 

Yang jelas, bagaimana pun caranya, dijamin worth it kalau kamu liburan ke Flores Timur untuk mencari asupan “vitamin sea”. Ini deretan pantai di Flores Timur.

pantai di Flores Timur

Pantai Oa

Jika dicapai melalui Larantuka, pantai ini jaraknya sekitar 50 kilometer. Seperti yang sudah dibilang, butuh perjuangan menuju surga.

 

Awalnya pantai ini sangat terkenal melalui sosial media, dan dari situ, turis mulai berbondong-bondong datang untuk mengaggumi keindahannya.

 

Udara sejuk, hamparan pasir putih dengan deburan ombak tipis yang jernih seketika langsung berada di pelupuk mata ketika kamu pertama kali menjejakan kaki di Pantai Oa.

 

Belum lagi, tegur sapa ramah masyarakat sekitar, tentu membuat siapa saja yang datang merasa betah berlama-lama mengaggumi pantai ini.

 

Baca juga: 4 Tempat di Tulungagung Ini Punya Kisah Mistis yang Unik

 

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Oa adalah saat matahari terbit dan terbenam.

 

Jika sedang cerah, saat sunrise, kamu dapat menyaksikan dengan mata telanjang Pulau Solor dan Pulau Adorama. Sementara saat sunset, kamu dimanjakan dengan terbenamnya matahari di balik Gunung Lewetobi.

 

Benar-benar asupan “vitamin sea” yang sempurna!

pantai di Flores Timur

Pantai Kawaliwu

Lokasinya cukup dekat dengan Larantuka. Sekitar satu jam perjalanan saja dengan menggunakan mobil atau motor menyusuri garis pantai timur, kamu sudah sampai di Pantai Kawaliwu.

 

Tidak ada pantai dengan pasir putih di sini, tapi kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang epik.

 

Keunikan lain, jika kamu menggali di pantainya yang berupa bebatuan hasil sedimentasi yang berwarna coklat kehitaman, maka akan menyemburkan air hangat alami.

 

Jika kamu gali lebih dalam bebatuan tersebut maka air pun suhunya akan semakin panas. Lebih uniknya lagi, air yang keluar pun tidak asin, seakan tidak bercampur dengan air laut.

 

Banyak turis yang menggali dan memanfaatkan air hangat ini untuk merendam telapak kaki yang berkhasiat untuk menghilangkan pegal.

 

Seru ya merendam kaki di air hangat, di tepi pantai, sambil menikmati detik-detik tenggelamnya matahari.

 

Konon air hangat di Pantai Kawaliwu ini muncul akibat gempa dahsyat yang melanda kawasan ini pada tahun 1992.

 

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata untuk Melepas Penat di Banten

pantai di Flores Timur

Pantai Ika Kote

Seretan pantai di Flores Timur selanjutnya adalah Pantai Ika Kote.

 

Dalam Bahasa Lamaholot, Ika Kote berarti Kepala Ikan, hal tesebut merujuk pada bentuk pantai ini sendiri.

 

Untuk sampai di Pantai Ika Kote, turis harus menempuh perjalanan sepanjang 12 kilometer dari Larantuka. Lokasinya tidak jauh dari jalan umum Trans Waiklibang, Tanjung Bunga.

 

Garis pantainya sepanjang satu kilometer dihiasi pasir putih yang belum terjamah. Terdapat pula tanaman bakau yang membuatnya semakin adem dan asri.

 

Dengan mata telanjang, kamu bisa melihat karang dan ikan berenang dengan santai di perairannya.

 

Untuk basah-basahan atau main air, di Pantai Ika Kote sudah tersedia kamar mandi. Bahkan di sekitar pantai juga sudah ada homestay buat kamu yang susah move on dari indahnya pantai ini.

 

Sekitar empat kilometer dari Pantai Ika Kote ada Pulau Mas, pulau tidak berpenghuni yang bisa dicapai dengan ketingting, kapal kayu tradisional.

pantai di Flores Timur

Pantai Watotena

Pantai ini terletak di Desa Nelerereng, Pulau Adonara. Untuk mencapainya kamu bisa menggunakan perahu motor dari Larantuka dan bersandar di Pelabuhan Waiwerang.

 

Nah, pantai ini masih sekitar enam kilometer lagi dari pelabuhan tersebut. Kamu bisa menyewa ojek untuk perjalanan pulang pergi.

 

Selagi menikmati panorama pantai dengan pasir putih dan bebatuan hitam, kamu perlu ingat, masyarakat di sekitar Pantai Watotena melarang turis untuk membuang sampah sembarangan bahkan merokok.

 

Jika kamu ingin makan, minum, atau merokok terdapat tempat yang sudah disediakan. Tidak heran bila keindahan pantai ini tetap terjaga.

 

Dari pantai ini, kamu pun dapat melihat Pulau Lembata di sebelah timur, Pulau Solor di sebelah barat daya, dan Gunung Ile Boleng yang menjulang tinggi di sebelah utara.

pantai di Flores Timur

Transportasi

Layaknya harta karun, masih banyak pantai di Flores Timur yang bisa kamu temukan sendiri.

 

Tidak perlu khawatir soal transportasi, di Larantuka sendiri ada angkutan umum dan ojek. Sementara kalau mau lebih nyaman, kamu bisa sewa mobil dari Ende.

 

Baca juga: Movic Luncurkan Airport Rent, Begini Cara Menggunakannya

 

Tidak perlu repot mencari tempat penyewaan mobil, kamu tinggal buka aplikasi Movic saja. Mau liburan puas dan nyaman? Download Movic sekarang!