Cara Pasang Segitiga Pengaman Saat Mobil Mogok di Jalan

Yuk, simak aturan memasang segitiga pengaman mobil yang benar saat harus berhenti dalam keadaan darurat.

segitiga pengaman

Pernah lihat segitiga berwarna merah yang biasa diletakkan di depan atau belakang mobil saat sedang terparkir dalam keadaan darurat?

Alat tersebut adalah segitiga pengaman mobil, fungsinya adalah sebagai rambu atau tanda peringatan kepada pengendara lain yang akan melintasi jalan agar lebih hati-hati dan waspada karena ada mobil yang mogok di depan.

Dengan kata lain, segitiga pengaman mobil berperan untuk memberi tanda pada pengemudi lain bahwa ada mobil yang berhenti.

Namun, untuk menggunakan alat ini saat keadaan darurat, ada jarak khusus yang perlu diperhatikan supaya pengemudi di belakang bisa melihat jelas.

Baca juga: Tutorial Ganti Ban Mobil Sendiri dengan Aman dan Mudah

Jaraknya bisa kamu sesuaikan dengan kondisi jalan dan rata-rata kecepatan kendaraan yang melintas di sekitar tempat mobilmu berhenti.

Hal ini bertujuan agar pengemudi lain punya kesempatan untuk menganalisa keberadaan mobil kamu yang terparkir dan untuk bereaksi.

Pada jalan tol misalnya, kamu tidak bisa meletakkan segitiga pengaman dengan jarak 30 meter, melainkan 50 meter.

Sebab, kendaraan yang melintas di jalan tol melaju cukup kencang dengan kecepatan sekitar 80km/jam, sehingga memerlukan waktu berhenti sejauh 44-45 meter sejak mereka melihat menyadari ada segitiga pengaman.

Kemudian untuk pemasangan segitiga pengaman di jalan raya minimal 30 meter di belakang kendaraan. Jarak ini dinilai cukup untuk mengantisipasi kendaraan dengan rata-rata kecepatan 60km/jam.

Baca juga: Cara Mudah Mendeteksi Usia Pakai Ban dan Kampas Rem Mobil

Sebab, kendaraan yang bergerak dengan kecepatan 60km/jam diasumsikan memerlukan jarak 32-34 meter untuk bereaksi setelah mengidentifikasi segitiga pengaman.

Untuk jalan lurus, pemasangan segitiga pengaman ini paling dekat adalah 3 meter sedangkan jarak ideal adalah 10-20 meter.

Sedangkan pada jalan berliku, usahakan pemasangan segitiga pengaman ini berada paling tidak sebelum tikungan. Jarak maksimal yang digunakan bisa sampai 100 meter dari mobil yang berada dalam kondisi darurat (perbaikan/ kecelakaan) tersebut.

Seberapa pentingkah segitiga pengaman mobil? 

Mengganti segitiga pengaman dengan benda lain seperti batu bata yang disusun menyerupai segitiga sangatlah tidak disarankan.  Sebab, selain bentuknya yang kecil, warnanya yang tidak mencolok akan membuat pengemudi lain kesulitan melihatnya. 

Oleh karenanya, sebaiknya gunakan segitiga pengaman mobil yang berkualitas, dan hindari menggunakan benda lain yang disusun menyerupai segitiga. 

Baca juga: Jangan Panik, Lakukan Hal Berikut Jika Mobil Mogok di Jalan

Segitiga pengaman mobil biasanya terbuat dari plastik berbentuk segitiga, berwarna merah kombinasi putih (cenderung merah) dengan ukuran sisi-sisinya kurang lebih 30 sampai 40 cm.

Kamu bisa membelinya  di bengkel-bengkel mobil, toko aksesoris mobil atau sparepart mobil, dan e-commerce. Harganya cukup terjangkau, yakni antara Rp 20.000 hingga Rp. 50.000

Agar dapat berfungsi secara maksimal, ada beberapa kriteria segitiga pengaman mobil yang perlu kamu perhatikan, yakni:

  1. Biasanya memiliki warna yang cukup nyaman dipandang dengan kualitas cat yang bagus (tidak terlalu kontras)
  2. Mampu menyala saat terkena sinar lampu mobil (terutama malam hari), ini sangat penting
  3. Memiliki ukuran yang relatif besar sehingga mudah terlihat
  4. Material yang digunakan cukup baik (dari besi) atau plastik yang kokoh

Saat ini ada banyak segitiga pengaman yang sudah dilengkapi dengan lampu LED yang menyala di malam hari, sehingga tidak membutuhkan sorot lampu dari kendaraan lain untuk menyala dan terlihat dari jauh, menggunakan segitiga dengan LED sangat baik untuk keselamatan kita saat harus berhenti di kondisi darurat seperti mogok.

Jadi, demi keselamatan jangan lupa untuk selalu membawa segitiga pengaman dalam perjalanan, ya. Tempatkan bersama toolkit lain agar tidak ribet dalam membawanya.

Jangan lupa pula untuk memperhatikan performa mobil dengan merawatnya secara rutin di bengkel resmi, jadi kamu tak perlu mengalami mogok saat perjalanan. 

Bila kamu tidak memiliki waktu untuk datang ke bengkel resmi, cukup gunakan fitur Home Service yang terdapat di dalam fitur Booking Service di Seva.id. Mekanik profesional siap datang dan mengecek mobil kesayanganmu di rumah.

Jadi, jangan lupa kunjungi Seva.id ya.