Cara Pasang APAR di Mobil Sendiri, Gampang Banget!

APAR menjadi komponen wajib yang harus ada di setiap mobil. Namun, bagaimana cara pasangnya? Yuk, simak cara pasang APAR di mobil berikut ini.

cara pasang apar

Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan resmi mewajibkan penyediaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di dalam mobil baru.

Adapun regulasi mengenai APAR di mobil tertuang dalam Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor 972/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor.

Dalam Pasal 2 Ayat 2 dijelaskan, setiap kendaraan bermotor berupa mobil penumpang maupun mobil barang wajib dilengkapi fasilitas tanggap darurat berupa APAR.

Kebijakan tersebut tentu tidak dibuat tanpa alasan, pasalnya kendaraan seperti mobil sangat rentan mengalami kebakaran yang bisa disebabkan oleh kecelakaan maupun kerusakan pada mesinnya.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memasang APAR di mobil sebagai upaya proteksi akan kebakaran.

Baca juga: Ukuran Ban Bisa Mempengaruhi Kecepatan, Mitos atau Fakta?

Lantas bagaimana cara pasang APAR di mobil?

Sebelum mengenal cara pasang APAR di dalam mobil, sebaiknya ketahui jenis APAR terlebih dahulu supaya kamu bisa memilih jenis mana yang paling cocok digunakan mobil.

APAR air
APAR air menggunakan media air bertekanan tinggi. APAR jenis ini merupakan APAR yang paling ekonomis dan cocok untuk memadamkan api yang disebabkan oleh bahan-bahan padat non-logam. 

Baca juga: Beresiko Fatal, Hindari Menggunakan 5 Aksesoris Mobil Ini

APAR foam
APAR foam adalah APAR yang menggunakan busa atau foam sebagai medianya. Foam yang keluar akan menutupi titik api, sehingga oksigen tidak dapat masuk dan reaksi segitiga api terputus dan api dapat padam.

APAR powder
APAR jenis serbuk kimia atau dry chemical powder adalah APAR yang terbuat dari kombinasi mono amonium dan ammonium sulphate

Serbuk kimia yang dihasilkan dari kombinasi tersebut akan menyelimuti bahan yang terbakar sehingga oksigen yang merupakan unsur penting terjadinya kebakaran akan terpisah.

APAR CO2
APAR jenis ini merupakan APAR yang menggunakan bahan karbon dioksida atau CO2 sebagai media pemadam api. APAR CO2 sangat cocok digunakan pada kelas kebakaran B dan C.

Dari keempat jenis APAR tersebut, yang paling sering digunakan pada mobil ialah jenis powder atau dry chemical powder., karena terbukti efektif untuk memadamkan api yang terjadi akibat malfungsi atau kerusakan mesin mobil. 

Setelah kamu mengetahui jenis APAR yang cocok untuk mobil, langkah selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah cara pasang APAR di mobil.

Pilih tempat yang sesuai untuk meletakkan APAR

Cara pasang APAR di mobil tidak boleh sembarangan. Biasanya, APAR diletakkan di dalam kabin mobil, dan pastikan untuk meletakkannya di tempat yang mudah dijangkau serta tidak mengganggu kenyamanan serta konsentrasi saat menyetir.

Di bawah jok pengemudi adalah tempat yang tepat untuk meletakkan APAR, sebab mudah dijangkau ketika dibutuhkan di situasi darurat.

Baca juga: Modifikasi yang Berbahaya Bila Diterapkan Pada Mobil Harian

Selain itu, pastikan penempatan APAR terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Cara pasang APAR di mobil: Pastikan terikat dengan kuat pada dudukannya

Setelah memilih tempat yang tepat untuk menyimpan APAR, penting bagi kamu untuk memastikan bahwa tabung APAR terikat dengan kuat pada dudukannya (bracket).

Lalu, seperti komponen lainnya, APAR juga memiliki waktu kadaluarsa. Meski begitu, APAR termasuk ke dalam komponen slow moving.

Artinya, komponen ini tidak perlu selalu diperhatikan setiap saat. Kamu cukup melakukan pengecekkan setiap 6 bulan atau 10.000 kilometer sekali saat servis rutin.

Saat melakukan servis, bengkel akan mengecek terkait pressure gauge. Sebab, bila APAR jarang digunakan, ada kemungkinan terjadi kebocoran yang bisa terlihat dengan menurunnya jarum indikator tekanan udara atau pressure gauge.

Oleh karena itu, melakukan servis secara rutin merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pemilik mobil untuk memastikan semua komponen dalam keadaan prima, tak terkecuali APAR.

Namun, keterbatasan waktu seringkali menjadi kendala untuk membawa mobil kesayangan ke bengkel. Bersama Seva.id, tak perlu lagi khawatir soal perkara waktu.

Ada layanan Booking Service dan Home Service yang tak hanya aman, namun juga praktis.

Booking Service