Cara Pasang APAR di Mobil Sendiri, Gampang Banget!

By Reka Harnis - Maret 2, 2021

APAR menjadi komponen wajib yang harus ada di setiap mobil. Namun, bagaimana cara pasangnya? Yuk, simak cara pasang APAR di mobil berikut ini.

cara pasang apar

Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan resmi mewajibkan penyediaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di dalam mobil baru.

Adapun regulasi mengenai APAR di mobil tertuang dalam Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor 972/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor.

Dalam Pasal 2 Ayat 2 dijelaskan, setiap kendaraan bermotor berupa mobil penumpang maupun mobil barang wajib dilengkapi fasilitas tanggap darurat berupa APAR.

Kebijakan tersebut tentu tidak dibuat tanpa alasan, pasalnya kendaraan seperti mobil sangat rentan mengalami kebakaran yang bisa disebabkan oleh kecelakaan maupun kerusakan pada mesinnya.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memasang APAR di mobil sebagai upaya proteksi akan kebakaran.

Baca juga: Ukuran Ban Bisa Mempengaruhi Kecepatan, Mitos atau Fakta?

Lantas bagaimana cara pasang APAR di mobil?

Sebelum mengenal cara pasang APAR di dalam mobil, sebaiknya ketahui jenis APAR terlebih dahulu supaya kamu bisa memilih jenis mana yang paling cocok digunakan mobil.

APAR air
APAR air menggunakan media air bertekanan tinggi. APAR jenis ini merupakan APAR yang paling ekonomis dan cocok untuk memadamkan api yang disebabkan oleh bahan-bahan padat non-logam. 

Baca juga: Beresiko Fatal, Hindari Menggunakan 5 Aksesoris Mobil Ini

APAR foam
APAR foam adalah APAR yang menggunakan busa atau foam sebagai medianya. Foam yang keluar akan menutupi titik api, sehingga oksigen tidak dapat masuk dan reaksi segitiga api terputus dan api dapat padam.

Berita Terkait

Author