Cara Cek Masa Berlaku dan Biaya Pajak Kendaraan Bermotor

By Reka Harnis - August 11, 2020

Tak perlu ke Samsat untuk cek masa berlaku dan biaya pajak kendaraan. Ada 5 cara lain yang bisa kamu coba. Yuk simak ulasannya berikut ini.

masa berlaku dan biaya pajak kendaraan

Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) merupakan kewajiban setiap pemiliknya, seperti yang tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pajak Kendaraan Bermotor, semua orang atau badan yang memiliki kendaraan bermotor dikenakan pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor tersebut.

Oleh karenanya, agar tak terkena denda, penting bagi pemilik kendaraan bermotor untuk mengetahui tanggal jatuh tempo. Sedangkan besaran biayanya, setiap kendaraan memiliki biaya pajak yang berbeda-beda.

Baca juga: Prosedur dan Syarat Perpanjangan Pajak Kendaraan 5 Tahunan

Saat ingin mengetahui dua hal tersebut, kamu tidak perlu repot-repot mendatangi Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). Saat ini, terdapat beberapa cara untuk mengecek berapa besar pajak kendaraan dan kapan jatuh temponya. 

Mengutip akun instagram Humas Bapenda Jakarta, setidaknya ada lima cara dalam mengecek status pajak sekaligus tanggal jatuh tempo pajak kendaraan bermotor. 

View this post on Instagram

Hallo Sobat Pajak. Masih belum tau info pajak kendaraan bermotor Sobat Pajak? Yuk bisa Sobat Pajak bisa lakukan pengecekan info pajak kendaraann bermotor melalui 4 cara: 1. Website Cara cek pajak kendaraan online atau cek ranmor DKI Jakarta bisa melalui situs http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/ 2. Apps Pajak Online Aplikasi dapat diunduh melalui handphone berbasis Android dan IOS melalui PlayStore dan App Store Pajak Online DKI Jakarta 3. Apps Cek Ranmor Polda Aplikasi dapat diunduh melalui handphone berbasis Android melalui PlayStore Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta 4. USSD *368*1# Layanan Unstructured Supplementary Service Data (USSD) 5. Kirim SMS ke 8893 Ketik info(spasi)ranmor(spasi)nomorkendaraantanpspasi Pengecekan pajak kendaraan bermotor melalui 5 cara ini bisa dilakukan dalam pajak kendaraan bermotor tahunan berjalan atau maksimal memiliki tunggakan sampai 1 tahun. #Pajak #PajakJakarta #PajakKendaraanBermotor #SWDKLLJ #SamsatJakarta #BapendaJakarta #NTMCPolri #JasaRaharja #JktInfo #DKIJakarta @ntmc_polri @pt_jasaraharja @jktinfo @dkijakarta

A post shared by Humas Bapenda Jakarta (@humaspajakjakarta) on

Website

Pemilik kendaraan bermotor DKI Jakarta bisa cek pajak kendaraan online atau cek ranmor melalui situs  https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/.

Setelah membuka website tersebut, masukan nomor kendaraan dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Nantinya akan muncul besaran pajak kendaraan bermotor yang harus dibayarkan dan juga pilihan pembayaran yang tersedia dalam websiter tersebut.

Berita Terkait

Author