Search Cars

Berita Utama Otomotif

Busi Mobil Slek? Jangan Panik, Kenali Penyebabnya Dulu! 

membersihkan busi iridium

Busi mobil memegang peranan penting dalam proses pembakaran mesin. Nah, komponen mungil ini terpasang pada kepala silinder dengan menggunakan drat atau ulir. Kalau drat busi ini sampai slek alias dol, bisa-bisa busi tidak bisa terpasang dengan kuat dan malah bikin mesin mobil mogok. Waduh, kenapa bisa begitu?

Penyebab Drat Busi Mobil Slek

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan drat busi mobil kamu jadi slek. Yuk, simak baik-baik biar kamu bisa lebih hati-hati dalam merawat mobil kesayangan:

  • Membuka Busi Saat Mesin Panas – Komponen mesin mobil akan memuai saat panas. Kalau kamu nekat membuka busi dalam kondisi mesin masih panas, drat busi bisa menjadi slek karena perbedaan ukuran saat panas dan di ngin. Sebaiknya tunggu mesin di ngin terlebih dahulu sebelum membuka busi.
  • Pengencangan Busi Terlalu Kuat – Memasang busi memang perlu kekencangan yang pas. Tapi kalau kamu terlalu kuat mengencangkannya, drat busi bisa slek dan malah rusak. gunakan kunci momen saat memasang busi untuk memastikan kekencangan yang tepat.
  • Material Busi atau Kepala Silinder Lemah – Kualitas material busi dan kepala silinder juga bisa mempengaruhi. Busi atau kepala silinder yang terbuat dari material kurang kuat lebih rentan mengalami slek pada dratnya.
  • Salah Ukuran Busi – Setiap mobil memiliki spesifikasi busi yang berbeda. Kalau kamu salah memilih ukuran busi yang lebih besar atau lebih kecil dari seharusnya, bisa membuat drat busi slek karena tidak pas dengan drat di kepala silinder.

Akibat Drat Busi Slek dan Cara Mencegahnya

Drat busi yang slek akan membuat busi tidak bisa terpasang dengan kuat. Akibatnya, kompresi ruang bakar bisa bocor. Ini bisa membuat mesin mobil menjadi tidak bertenaga dan bahkan bisa mogok.

Untuk mencegah drat busi slek, pastikan kamu selalu menggunakan busi sesuai rekomendasi pabrikan mobilmu. Gunakan kunci momen saat memasang busi dan jangan terlalu kuat mengencangkannya. Selain itu, biasakan untuk membuka busi saat mesin sudah dalam kondisi di ngin.

Pergi ke Bengkel Jika Drat Busi Terlanjur Slek

Kalau kamu terlanjur mendapati drat busi mobilmu slek, jangan nekat memperbaikinya sendiri. Segera bawa mobil kamu ke bengkel untuk di periksakan lebih lanjut. Teknisi bengkel biasanya akan melakukan perbaikan dengan cara di -bushing atau di ganti dengan kepala silinder baru tergantung tingkat kerusakannya.

Dengan mengetahui penyebab dan cara mencegah drat busi slek, kamu bisa menjaga performa mesin mobil tetap optimal. Jangan lupa untuk selalu melakukan servis berkala agar kondisi mobilmu selalu terawat dengan baik. Dengan perawatan yang tepat, kendaraan kesayanganmu pasti akan menemani perjalananmu dengan aman dan nyaman.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.