BMW 320i Touring M Sport, Station Wagon untuk Dikoleksi

Ini dia BMW 320i Touring M Sport, mobil yang harus dimiliki pecinta station wagon dan masuk wishlist koleksi. Berapa harganya?

BMW 320i Touring M Sport

BMW Group Indonesia kembali meluncurkan mobil terbarunya dalam jajaran Seri 3 yang masuk kategori touring atau station wagon, yakni BMW 320i Touring M Sport atau The 3 Touring.

BMW 320i Touring M Sport diluncurkan virtual melalui Zoom, aplikasi video conference, pada Jumat 17 April 2020, sebagai inisiatif dan juga dari komitmen BMW Group Indonesia untuk dukung gerakan #dirumahaja.

“Peluncuran kendaraan terbaru ini merupakan momen bersejarah untuk rangkaian BMW Seri 3 yang legendaris karena akan menjadi tipe bodi touring atau station wagon yang pertama kali diluncurkan secara resmi di Indonesia,” kata Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia.

Lantas, apa saja yang ditawarkan dan berapa harga dari BMW 320i Touring M Sport ini? Simak ulasan berikut.

BMW 320i Touring M Sport

Eksterior sporty touring

Bukan tanpa alasan ada penyematan M pada BMW 320i Touring M Sport, meski berjenis station wagon mobil ini nampak begitu sexy dan sporty.

BMW kidney grille yang besar diapit dua buah lampu yang menyipit dengan teknologi BMW LaserLight terbaru yang tawarkan glare-free hi-beam dan konsumsi energi yang efisien.

Di bagian samping, mobil ini ditopang velg aloi-ringan 19 inci BMW Individual Double-spoke style 793 I Bi-colour orbit grey matt  dengan ban jenis run flat tyre ukuran 225/40 R19 dan 255/35 R19.

Untuk sistem pengereman, mobil ini dibekali rem M Sport dengan kaliper empat piston di depan dan kaliper dua piston di bagian belakang, sementara kaliper yang dicat biru ini diembos dengan logo BMW M, semakin memperkuat kesan sporty.

Baca juga: Mengenal BMW Seri 3 dari Masa ke Masa

Sisi kendaraan ini pun mengalir ke belakang, di mana spoiler, lampu belakang LED, dan knalpot kembar membuatnya lebih dinamis.

BMW 320i Touring M Sport

Interior yang lapang

BMW 320i Touring M Sport hadirkan bahasa desain baru BMW. Kesan lapang langsung terasa begitu melihat kabinnya, baik di jok pengemudi mau pun jok penumpang belakang.

Desain kokpit yang berfokus pada pengemudi, Control Display dan instrument cluster dengan tampilan baru, membawa aura sporty. Lingkar kemudi pun dibalut leather BMW M Sport yang baru dengan tombol multifungsi.

Desain jok terbaru dengan dengan balutan Alcantara leather dan jahitan biru khas M pun diklaim dapat tingkatkan kenyamanan selama perjalanan jarak jauh menggunakan BMW 320i Touring M Sport.

Selain itu, jok baris kedua berikan penumpang ruang kaki ekstra dan kemudahan masuk dan keluar yang lebih optimal, serta privasi dengan roller-sunblind.

Baca juga: Keunggulan Teknologi dan Fitur BMW di X Series

Jok baris kedua ini juga ISOFIX serta untuk kenyamanan dilengkapi dengan sistem pendingin udara 3-zona otomatis.  Untuk menambah kesan lapang, pada bagian atap terpasang panoramic glass-roof.

Lanjut ke bagian belakang, pintunya sudah mengadopsi Comfort Access 2.0 yang memungkinkan pembukaan dan penutupan pintu tanpa sentuhan saat pengemudi meninggalkan atau mendekati kendaraan.

Jendela pun dapat dibuka terpisah untuk akses lebih mudah menaikan atau menurunkan barang. Bagasinya sendiri berkapasitas 500 liter. Kapasitasnya dapat ditambah hingga 1.510 liter dengan melipat jok baris kedua yang konfigurasinya 40:20:40.

BMW 320i Touring M Sport

Fitur terbaru

Fitur BMW Operating System 7.0 memungkinkan pengoptimalan sistem kontrol dan display yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi.

BMW Live Cockpit Professional terdiri dari display yang dirancang secara konsisten, sesuai kebutuhan, dan dapat disesuaikan pada cluster instrumen 12.3 inci yang sepenuhnya digital dan Display Control 10.25 inci.

Untuk pengoperasian yang intuitif, pengemudi dapat memilih dari fungsionalitas layar sentuh Control Display, iDrive Controller, tombol roda kemudi, kontrol suara dan kontrol isyarat (Gesture Control).

Elemen lain dari BMW Live Cockpit Professional adalah BMW Intelligent Personal Assistant, karakter digital cerdas yang merespons ucapan suara “Hey BMW”.

Baca juga: Mengenal Mobil BMW Seri M dan Sejarahnya di Dunia

BMW 320i Touring M Sport ini juga dilengkapi dengan Apple CarPlay dan sistem suara surround Harman Kardon.

Selanjutnya ada juga Parking Assistant yang mampu melakukan akselerasi, pengereman, dan penggantian gigi saat masuk dan keluar dari tempat parkir, sehingga pengemudi hanya perlu siaga.

Fungsinya juga termasuk reverse assistant, yang dengan mudah mengatur kendaraan mundur hingga 50 meter mengikuti jalur yang sama pada saat bergerak maju.

BMW 320i Touring M Sport

Mesin dan performa

BMW 320i Touring M Sport menggendong mesin generasi terbaru dari BMW TwinPower Turbo empat-silinder, berkapasitas 2.000 cc yang menghasilkan tenaga 184 daya kuda dan torsi 300 Nm.

Dengan konfigurasi tersebut, mobil dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dalam 7,5 detik saja.

Konsumsi bahan bakarnya diklaim 14,9 kilometer per liter dan emisi CO2 152 g/km, kendaraan ini memberikan performa terbaik dengan efisiensi tinggi.

BMW 320i Touring M Sport

Harga dan ketersediaan

Untuk saat ini, BMW 320i Touring M Sport hanya tersedia sebanyak 25 unit saja di Indonesia dan hanya bisa dibeli melalui Official Store BMW di Tokopedia. Harganya sendiri Rp 1.289.000.000 off the road.

Harga tersebut termasuk BMW Service Inclusive, yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 kilometer, tergantung mana yang lebih dulu, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh.

Baca juga: Mengenal Sejarah BMW Seri 5 dari Masa ke Masa

Ban juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun dan mencakup penggantian hingga 4 ban selama periode garansi, yang mencakup biaya ban dan tenaga kerja, meliputi kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, letusan, dan robek atau dari kendaraan yang terus berjalan pada ban kempis.

Ban akan diganti dengan yang asli, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

BMW 320i Touring M Sport

Apa itu station wagon?

Belakangan mobil station wagon mulai ramai diburu oleh kolektor pecinta otomotif. Selain bentuknya yang unik, mobil jenis ini juga jarang terlihat di jalanan.

Station wagon atau touring dalam bahasa BMW adalah jenis mobil berbasis sedan, tetapi memiliki ukuran yang terlihat lebih panjang dan tidak memiliki ‘buntut’.

Bentuk bagian belakangnya menyerupai hatchback. Oleh karena itu, pintu bagasi station wagon umumnya terbuka ke atas.

Perbedaannya dengan hatchback adalah station wagon memiliki pilar yang lebih banyak dan overhang belakang yang lebih panjang daripada hatchback.

Baca juga: Keistimewaan Edisi Terbatas BMW M5 Edition 35 Years

Tidak heran bila station wagon dapat mengangkut lebih banyak barang karena ruang bagasinya yang luas.

Jadi, kalau kamu pecinta dan hobi mengoleksi mobil jenis station wagon, BMW 320i Touring M Sport wajib masuk wishlist bahkan garasi!