Biaya dan Cara Mengurus BPKB yang Hilang

By alexanderardian1 - September 12, 2019

Kadang, pemilik kendaraan lupa meletakkan BPKB dan akhirnya hilang begitu saja. Tapi jangan panik, begini cara mengurusnya.

mengurus bpkbBPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor dibuat oleh Satuan Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai sebuah dokumen kepemilikan atas kendaraan bermotor. Selain SIM dan STNK, BPKB merupakan surat penting yang harus dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan bermotor.

BPKB berisi tentang semua data dari kendaraan bermotor seperti nomor rangka, nomor mesin, nomor polisi, nama pemilik kendaraan, nama penjual atau dealer, tipe dan tahun kendaraan.

Nah, jika BPKB hilang, lebih baik Anda segera mengurusnya, karena peran pentingnya sebagai data administrasi kendaraan Anda.  Apalagi jika Anda ingin menjual kendaraan, dokumen ini pasti mempengaruhi nilai jualnya.

Baca juga: Biaya dan Cara Mengurus SIM yang Hilang

Banyak yang bilang kalau mengurus BPKB itu ribet dan merepotkan, tapi tenang saja, ternyata tidak seribet yang dipikirkan. Untuk itu, berikut adalah tahapan dan hal-hal yang perlu disiapkan untuk mengurus BPKB yang hilang.

  1. Mengurus laporan kehilangan

Pertama-tama yang perlu Anda lakukan adalah datang ke kantor polisi untuk meminta surat keterangan kehilangan BPKB. Saat mengajukan permintaan, Anda hanya perlu memberikan pernyataan berupa kronologis kehilangan yang Anda alami.

Lalu, kalau bisa, bawa beberapa dokumen seperti fotokopi KTP, STNK, dan BPKB untuk memperkuat dokumen kehilangan Anda.

Berita Terkait

Author