Search Cars

Berita Utama Otomotif

Bayar Pajak Kendaraan Lebih Mudah dan Cepat dengan Samsat Keliling

Bayar Pajak – Pernahkah kamu lupa membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) dan terancam denda? Jangan khawatir, sekarang ini kamu bisa memanfaatkan layanan Samsat Keliling untuk membayar pajak dengan lebih mudah dan cepat. Apa itu Samsat Keliling dan bagaimana cara memanfaatkannya? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Bayar Pajak

Apa itu Samsat Keliling?

Samsat Keliling adalah layanan pembayaran PKB yang di sediakan oleh kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) secara mobile. Dengan layanan ini, petugas Samsat mendatangi berbagai lokasi strategis di wilayah operasinya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menyetorkan kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor.

Keuntungan Menggunakan Samsat Keliling

Dibandingkan dengan mendatangi kantor Samsat pusat, Samsat Keliling menawarkan beberapa keuntungan, di antaranya:

  • Lebih Cepat: Umumnya, antrean di Samsat Keliling tidak sepanjang di kantor Samsat pusat. Sehingga kamu bisa menghemat waktu dan menghindari lama menunggu.
  • Lebih Mudah: Lokasi Samsat Keliling biasanya berada di tempat yang mudah di jangkau masyarakat, seperti pasar, lapangan parkir, atau depan kantor pemerintahan.
  • Praktis: Kamu tidak perlu mengambil cuti kerja atau meninggalkan aktivitas lain untuk membayar pajak kendaraan.

Persyaratan Menggunakan Samsat Keliling

Untuk dapat memanfaatkan layanan Samsat Keliling, kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen penting, yaitu:

  • STNK Asli: Seluruh halaman STNK harus di bawa dan tidak dalam kondisi rusak.
  • BPKB Asli (untuk wilayah tertentu): Beberapa daerah mensyaratkan fotokopi BPKB atau BPKB asli untuk pengurusan tertentu. Sebaiknya kamu mengecek kebijakan di wilayahmu terlebih dahulu.
  • Bukti Pelunasan PKB Tahun Sebelumnya: Sebagai tanda bahwa tidak ada tunggakan pajak pada tahun sebelumnya.
  • ** KTP Asli Pemilik Kendaraan:** Sesuai dengan data yang tertera di STNK.

Jadwal dan Lokasi Samsat Keliling

Jadwal dan lokasi operasional Samsat Keliling biasanya di informasikan melalui website resmi atau media sosial instansi terkait, seperti Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) provinsi atau di nas pendapatan daerah kabupaten/kota. Kamu juga bisa menghubungi call center atau datang langsung ke kantor Samsat pusat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Jenis Pelayanan Samsat Keliling

Selain untuk membayar PKB tahunan, beberapa daerah juga menyediakan pelayanan lain melalui Samsat Keliling, seperti:

  • Pengesahan STNK: Setelah kamu membayar PKB, biasanya petugas Samsat Keliling bisa langsung melakukan pengesahan STNK.
  • Pembayaran SWDKLLJ: Sekaligus membayar Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ) yang terintegrasi dengan PKB.
  • Pembayaran Pajak Kendaraan Online: Petugas dapat membantu proses pembayaran pajak kendaraan secara online melalui aplikasi resmi yang bekerjasama dengan Samsat.

Hal yang Perlu di perhatikan Saat Menggunakan Samsat Keliling

Meskipun mudah dan cepat, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan Samsat Keliling:

  • Perhatikan Jadwal dan Lokasi: Pastikan kamu mengetahui jadwal dan lokasi operasional Samsat Keliling di daerahmu. Informasi ini dapat kamu temukan di website resmi atau media sosial Samsat daerahmu.
  • Datang Tepat Waktu: Sebaiknya datanglah lebih awal untuk menghindari antrean panjang.
  • Siapkan Persyaratan Lengkap: Pastikan kamu membawa semua dokumen yang di perlukan, seperti STNK asli, BPKB asli (jika di perlukan), bukti pelunasan PKB tahun sebelumnya, dan KTP asli pemilik kendaraan.
  • Cek Kondisi Kendaraan: Pastikan kendaraanmu dalam kondisi baik dan layak jalan sebelum mendatangi Samsat Keliling. Hal ini untuk menghindari penundaan proses pengesahan STNK.
  • Siapkan Uang Tunai: Pada umumnya, pembayaran di Samsat Keliling hanya dapat di lakukan dengan uang tunai. Persiapkan uang yang cukup untuk membayar PKB, SWDKLLJ, dan biaya administrasi lainnya (jika ada).
  • Patuhi Protokol Kesehatan: Selalu patuhi protokol kesehatan saat berada di lokasi Samsat Keliling, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Samsat Keliling merupakan solusi praktis dan mudah bagi kamu yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor. Dengan memanfaatkan layanan ini, kamu dapat menghemat waktu dan menghindari antrean panjang di kantor Samsat pusat. Namun, pastikan kamu memperhatikan beberapa hal penting yang telah di jelaskan di atas agar proses pembayaran pajak kendaraanmu berjalan lancar.

Sebaiknya kamu juga mengunjungi website resmi atau media sosial Samsat daerahmu untuk mendapatkan informasi terbaru dan terpercaya mengenai Samsat Keliling, termasuk jadwal operasional, lokasi, dan jenis pelayanan yang tersedia.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.