Bagaimana Cara Mudah Cek Keaslian BPKB Mobil Bekas?

Ada rencana beli mobil bekas? Yuk, cek keaslian BPKB dengan cara berikut ini.

keaslian BPKB

Mobil bekas memang seringkali menjadi pilihan banyak orang ketika mencari alternatif kendaraan sehari-hari. Namun, sebelum membeli ada baiknya kamu memeriksa kembali mobil tersebut dengan teliti, mulai dari bodi, mesin, hingga dokumen seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB.

BPKB merupakan salah satu dokumen penting ketika kamu membeli kendaraan. 

Buku yang diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri ini merupakan bukti kepemilikan kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai tanda pengenal kendaraan bermotor, baik yang dalam kendaraan aktif atau pun juga dalam keadaan rusak sekalipun. 

Selain sebagai tanda pengenal, BPKB juga dapat dikatakan sebagai salah satu surat berharga yang memiliki jaminan hukum yang kuat.

Baca juga: Cara Mengurus STNK dan BPKB yang Hilang atau Rusak Karena Banjir

Maka dari itu, jangan sampai BPKB dari mobil yang kamu beli ternyata diragukan keasliannya atau palsu.

Sebab, jika ternyata pemilik sebelumnya memberikan BPKB palsu, maka kamu telah dirugikan. Dampaknya akan membuat kamu tidak bisa membayar pajak saat waktu jatuh tempo tiba.

Selain itu, pengecekan keaslian BPKB juga penting agar kamu tahu apakah mobil bekas yang hendak kamu pinang merupakan hasil curian atau bukan.

Pasalnya, sindikat pencuri kendaraan seringkali menjual kendaraannya dengan membuat dokumen palsu termasuk BPKB.

Oleh karenanya, pengecekan keaslian BPKB wajib dilakukan sebelum kamu membeli dan membawa pulang mobil bekas incaranmu.Yuk simak caranya berikut ini.

Halaman Sampul BPKB

Normalnya, pada bagian halaman sampul BPKB asli menggunakan bahan yang lebih mengkilap. Sedangkan BPKB palsu memiliki warna yang lebih buram dan kusam.

Hologram

Cara selanjutnya untuk mengecek keaslian BPKB adalah periksa hologram yang ada di halaman pertama BPKB. Jika diterawang warnanya abu-abu dan tidak berubah warna, maka kamu dapat bernapas lega, karena itu berarti BPKB tersebut asli.

Namun jika diterawang dan warna yang muncul berupa kekuningan, maka BPKB tersebut hampir bisa dipastikan palsu.

Baca juga: Biaya dan Cara Mengurus BPKB yang Hilang

Nomor Seri

Memeriksa nomor seri yang ada di bawah hologram juga penting untuk memastikan keaslian BPKB. Sampaikan nomor tersebut kepada pihak berwajib untuk diperiksa keasliannya. Nomor seri tersebut berfungsi untuk membedakan domisili alamat pemilik BPKB tersebut.

Perlu diingat, detail nomor seri tak bisa dipublikasikan kepada umum.

Identitas Pemilik Kendaraan

Teliti kembali di bagian identitas pemilik kendaraan. Pada BPKB palsu umumnya yang berubah hanya data kendaraan saja sedangkan data pemilik kendaraan tidak berubah. 

Hal itu karena oknum-oknum nakal yang memalsukan BPKB hanya menghapus bagian identitas kendaraannya saja, lalu kemudian dicetak ulang kembali.

Baca juga: Cara Mengurus Pajak Kendaraan yang Telat Bayar Beserta Dendanya

Lambang Korlantas

Cara terakhir untuk mengidentifikasi keaslian BPKB yakni dengan memeriksa halaman ke-14 pada BPKB, kemudian perhatikan lambang Korlantas yang tertera pada halaman tersebut.

Pada BPKB asli, lambang Korlantas akan terlihat jika diterangi dengan sinar ultraviolet. Begitupun saat diraba, tekstur kertas agak kasar karena logo tersebut dibuat timbul.

Sebaliknya, BPKB palsu tidak akan terasa kasar saat diraba karena logo yang tertera biasa tidak bersifat timbul

Nah itu dia cara mudah untuk mengidentifikasi keaslian BPKB mobil bekas. Dengan mengetahui 5 cara tersebut, setidaknya kamu bisa menjadi lebih hati-hati ketika membeli sebuah mobil bekas.

Mau yang lebih pasti dan aman? Beli mobil bekasnya di Pilihan Expert Seva.id aja, yuk.