Bagaimana Cara Menguras Radiator Mobil Sendiri?

Merawat radiator mobil harus dilakukan secara berkala. Ini cara menguras radiator sendiri di rumah.

menguras radiator

Selain sistem pendingin oli, perangkat lain yang berperan penting untuk menjaga suhu mesin tetap pada kondisi yang normal adalah radiator. Fungsi utamanya adalah untuk meredam udara panas yang ada pada komponen mesin ketika terjadi proses pembakaran.

Untuk itu, radiator membutuhkan elemen lain, yaitu cairan pendingin. Lalu, radiator akan memerintahkan cairan pendingin tersebut untuk berputar mengelilingi mesin sekaligus meredakan panas yang terjadi di dinding silinder.

Jadi, cairan pendingin yang digunakan harus tahan terhadap suhu panas. Suhu ideal yang aman untuk mesin adalah sekitar 85-95 derajat celcius. Suhu ideal itu membuat mesin bekerja lebih maksimal.

Jika suhu mesin terlalu dingin, maka pembakaran tidak sempurna dan mengakibatkan konsumsi bahan bakar lebih boros. Sebaliknya, jika suhu mesin terlalu panas, mesin berpotensi overheat. Kalau sudah parah, kamu harus siap turun mesin, tentu dengan biaya yang tidak sedikit.

Baca juga: Cara Merawat Radiator Mobil Agar Suhu Mesin Tetap Ideal

Untuk itu, sangat penting untuk merawat radiator mobil secara berkala. Ini cara menguras radiator sendiri yang bisa kamu lakukan di rumah.

menguras radiator

Panaskan mesin

Langkah pertama cara menguras radiator sendiri adalah dengan memanaskan mesin mobil sekitar 5-10 menit.

Tujuannya agar sistem pendingin mobil mulai bekerja dan menghindari endapan yang ada di dalam radiator, sehingga saat dikuras kotorannya ikut terbuang.

Jangan lupa untuk parkirkan mobil di tempat yang datar dan aman.

cara menangani mobil overheat

Buka penutup radiator

Setelah mesin dirasa mulai dingin, cara menguras radiator sendiri selanjutnya adalah membuka tutup radiator bagian atas.

Bila dalam mesin kondisi panas, air di dalam radiator akan menghasilkan uap yang memberikan tekanan udar tinggi, sehingga memungkinkan tutup radiator akan mental atau mencuat ke atas. Akibatnya, akan beresiko jika mengenai bagian tubuhmu.

Baca juga: Kenapa Mobil Baru Wajib Servis 1.000 Kilometer Pertama?

Buka juga baut pembuangan cairan radiator yang ada di bagian bawah radiator. Pastikan seluruh cairan radiator terbuang dalam proses tersebut. Jika sudah, tutup kembali baut lubang pembuangan, lalu isi radiator dengan air bersih.

Selain air bersih, kamu bisa menggunakan cairan radiator flush yang memang dikhususkan untuk membersihkan bagian dalam radiator.

Baca juga: Ganti Oli Mesin Mobil Sendiri di Rumah, Mudah dan Tidak Repot

Jika sudah penuh, nyalakan mesin mobil kembali dengan durasi 5-10 menit. Kemudian kosongkan kembali radiator hingga bersih.

menguras radiator

Isi ulang radiator

Usai memastikan tidak ada lagi air yang menetes dari lubang pembuangan radiator, kamu bisa menutupnya kembali hingga rapat.

Lalu isi radiator dengan cairan pendingin atau radiator coolant sesuai dengan kebutuhan mobil hingga radiator terisi penuh.

Isi juga tabung resevoir atau tabung cairan pendingin cadangan hingga batas yang ditentukan.

menguras radiator

Pasang kembali tutup radiator

Apabila semua proses cara menguras radiator sudah selesai dilakukan, pasang kembali tutup radiator. Pastikan radiator tertutup rapat dan kencang. Proses selesai dan mobil siap digunakan.

Baca juga: Kenali Jenis dan Cara Kerja Cairan Pendingin Radiator

Selain itu, beberapa hal penting juga harus dilakukan pengecekan untuk memastikan sistem radiator mobil kamu telah terjaga dengan baik, seperti memeriksa saluran air radiator. Kadang, hal-hal kecil seperti itu sering dilupakan oleh sebagian orang.

Radiator coolant memiliki titik beku lebih rendah dan titik didih lebih tinggi dibandingkan dengan air biasa. Penggunannya dapat bertahan sekitar enam bulan atau 10 ribu kilometer. Namun, jika mesin sudah mulai gampang panas, lebih baik lakukan penggantian sesuai kebutuhan.

Karenanya kamu dianjurkan untuk menguras radiator tiap enam bulan sekali,  atau minimalnya setahun sekali agar suhu mesin tetap ideal. Jadi, selalu rawat radiator mobil kamu ya, agar #BikinKamuSiap beraktivitas setiap hari.