Bagaimana Cara Memperbaiki Spion Otomatis Mobil yang Rusak?

Keberadaanya mempermudah pengemudi mengatur pandangannya ke belakang. Lantas bagaimana bila rusak? Begini cara memperbaiki spion otomomatis mobil.

Toyota Corolla Cross

Cermin kecil ini wajib ada di tiap kendaraan, termasuk mobil. Yap, walaupun kecil, fungsi spion sangat krusial, sebab membantu pengemudi untuk melihat ke bagian belakang atau samping mobil.

Seiring perkembangan zaman, teknologi spion semakin canggih. Sekarang, pengaturannya dapat dilakukan secara elektris dari dalam kabin, sehingga pengemudi lebih leluasa mendapat pandangan yang sesuai kebutuhannya tanpa repot.

Kemudahan tersebut didukung dengan fitur pelipatan otomatis atau retractable mirror. Cukup tekan tombol, maka spion akan terlipat secara otomatis.

Namun, sistem elektronik pasti ada masa guna atau pakainya. Bila tidak berfungsi, ada beberapa cara memperbaiki spion otomomatis mobil yang rusak.

Selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Cek sekring

Jangan langsung panik bila mendapati spion otomatis tidak berfungsi. Langkah pertama yang mesti kamu lakukan adalah mengecek sekring.

Baca juga: Ternyata, Spion Mobil Memiliki Posisi Ideal

Sekring untuk mengamankan arus listrik ke spion bisa saja putus karena usia atau ketidakstabilan arus.

Tiap mobil memiliki boks penempatan sekring yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melihat buku petunjuk penggunaan atau buku manual mobil.

Jika memang sekring putus, segera ganti dengan daya atau nilai Ampere yang sesuai. Kalau terlalu besar, sekring bisa korslet, sementara bila nilainya terlalu kecil, sekring akan sering putus.

Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan mobil ya.

Motor dinamo

Cara memperbaiki spion otomomatis mobil yang rusak selanjutnya adalah mengecek motor dinamo. Dinamo spion otomatis berpotensi rusak karena kemasukan air atau termakan usia sehingga melemah dan tidak berfungsi.

Baca juga: Bisakah Pasang Defogger Sendiri di Kaca Belakang Mobil?

Jika benar kemasukan air dan tidak terjadi korsleting, biasanya dinamo bisa dikeringkan atau diservis sehingga dapat kembali bekerja dengan baik.

Namun, kalau memang sudah rusak, mau tidak mau kamu harus mengganti dinamo tersebut. Walau bisa diservis, tapi kinerjanya tidak akan optimal dan dalam beberapa waktu bisa rusak lagi.

Gerigi patah atau aus

Kasus gerigi patah atau aus juga banyak ditemui pada spion otomatis. Gerigi bisa patah karena spion dipaksa menutup secara manual dengan tangan atau tertabrak kendaraan lain dengan kencang, sedangkan bila aus lebih sering terjadi karena usia.

Baca juga: DIY, Pasang Sendiri Kamera Parkir di Spion Mobil Yuk

Bila menemukan kasus seperti ini, cara memperbaiki spion otomatis yaitu harus menggantinya, biasa dijual sepaket dengan motor dinamo. Harganya pun beragam, tergantung jenis mobil.

Untuk menghindari spion ditutup secara manual baik disengaja atau tidak, ada baiknya ketika parkir spion sudah ditutup sebelum kamu meninggalkan mobil atau ditutup ketika melewati jalan sempit untuk menghindari senggolan dari kendaraan lain.

Toyota New Calya

Tombol rusak

Seiring pemakaian, tombol-tombol spion otomatis juga berpotensi terganggu. Apalagi bila tombol spion ada di door trim, bisa saja rusak karena kemasukan air saat pintu dibuka di tengah hujan.

Tombol spion yang kemasukan air berpotensi korslet. Walau sudah kering, kadang di dalamnya meninggalkan kerak yang menghambat arus listrik.

Baca juga: Biaya Ganti Lampu Sein Standar dengan Lampu Sein Sequential

Kalau kerak tersebut bisa dibersihkan maka fungsinya akan kembali normal, namun jika sudah melekat erat, pasti harus diganti.

Tombol pengaturan dan pelipatan spion otomatis juga bisa rusak karena komponennya bermasalah, misalnya tidak bisa dipencet atau dipencet tapi tidak kembali seperti semula.

Lalu ada juga colokan yang menghubungkan tombol ke sistem kelistrikan spion terbakar atau korslet.

Jadi, ada banyak penyebab dan cara memperbaiki spion otomomatis yang rusak. Untuk memastikannya kamu bisa mengeceknya ke bengkel resmi.

Baca juga: Rekomendasi Ukuran Velg Sedan yang Bikin Tampilannya Kece

Sekarang tidak perlu pusing dan antre bila mau ke bengkel resmi, khusunya bengkel resmi yang terpercaya. Kamu bisa gunakan layanan Booking Service dan Home Service dari Seva.id.

Tidak hanya melakukan pengecekan dan perawatan, kamu juga bisa melakukan servis berkala, hingga ganti suku cadang mobilmu.

Selalu jaga keamanan dan kenyamanan berkendara ya. Pastikan kondisi spion prima selalu prima dan posisinya ideal.