Search Cars

Tips & Rekomendasi

Apa Saja Komponen Mobil yang Harus Diperiksa Jika Jarang Dipakai?

Komponen mobil tetap perlu diperiksa walaupun mobil jarang dipakai, agar performa tetap maksimal. Apa saja yang perlu diperhatikan?

infografis komponen

Komponen mobil perlu kamu periksa dan perbaiki jika kendaraan jarang dipakai, hal tersebut penting dilakukan agar komponennya tidak rusak. Namun nyatanya hal ini masih sering disepelekan oleh para pemilik kendaraan. 

Sementara itu, mobil yang jarang dipakai bisa menyebabkan berbagai kerugian dan sebaiknya harus tetap dirawat. Entah itu digunakan atau tidak, komponen mobil dan perintilannya akan kehilangan fungsinya meskipun mobil tersebut jarang dipakai.

Bagi pemilik mobil, bisa mencari tahu apa saja yang perlu diperhatikan jika jarang digunakan. Cek langsung infografis berikut ini ya. 

infografis komponen

Setelah mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan, pemilik mobil juga perlu mengetahui cara merawat mobil dengan tepat. Apa saja yang bisa dilakukan?

1. Bersihkan Komponen Mobil

Kamu harus tetap membersihkan mobil yang jarang dipakai, baik bagian dalam maupun luarnya. Hal tersebut berguna untuk menjaga mobil dari serangga yang bisa merusak spare-part atau komponen dalam mobil. 

Baca juga: Pemerintah Kucurkan Triliunan untuk Perbaiki Jembatan dan Jalan Rusak di Indonesia

Selain itu, jika tidak dibersihkan, debu-debu juga mampu membuat mobil berkarat, sehingga komponen mesin mobil bisa terkena kerusakan akibat mobil jarang dibersihkan.

2. Panaskan Mobil

Memanaskan mobil jarang dipakai secara berkala memiliki manfaat yang baik bagi kendaraan. Hal ini dapat membuat sirkulasi di dalam mesin mobil sehingga menjaga cairan-cairan menggumpal di dalam mesin. 

Selain itu, hal ini juga bertujuan agar alternator bekerja optimal dalam pengisian aki sehingga komponen kelistrikan tidak tekor.

3. Cabut Aki untuk Menghindari Korosi

aki mobil

Untuk menghindari korosi pada aki, kamu bisa mencabut Aki pada mobil jarang dipakai untuk menjaga komponen kelistrikan tetap normal. Agar tetap terawat, sebaiknya sambungannya dilepas dulu dan disambungkan kembali ketika kamu akan menggunakan mobil tersebut.

4. Lakukan Servis Komponen Mobil 

Saat kamu melakukan servis rutin pada mobil yang jarang dipakai, sebaiknya meminta pihak bengkel yang terpercaya. Hal ini dilakukan untuk mengecek tekanan pada ban dan bagian bawah mobil dari kerusakan yang terjadi akibat jarang dipakai.

5. Periksa Bagian Komponen Mesin

Ketika mobil jarang dipakai dan akan digunakan kembali, sebaiknya sebelum dipakai kamu memeriksa bagian mesin mobil. Mulai dari oli, air radiator, ruang mesin, dan kondisi aki. Ini adalah komponen-komponen penting yang perlu dicek secara berkala dan rutin.

6. Tambahkan Carbon Eliminator Pada Tangki Bensin

tangki bensin berkarat

Untuk mengurangi kandungan karbon yang terdapat pada tangki bensin, kamu bisa menambahkan Carbon Eliminator. 

Karbon yang terbakar secara alami terbakar di dalam tangki bensin bisa mengganggu performa mobil nantinya karena cukup mempengaruhi komponen mobil yang lain.

Untuk itu, tetap lakukan perawatan mobil secara rutin ya walaupun mobil kamu jarang dipakai.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.