All New BMW X6, Si Buas yang Tampil Unik dan Elegan

Apa jadinya jika coupé digabungkan dengan SUV? Jawabannya ada pada All New BMW X6.

All New BMW X6

BMW Indonesia resmi meluncurkan All New BMW X6 secara virtual melalui aplikasi Zoom pada Jumat 15 Mei 2020. Hadirnya All New BMW X6 menjadi pelengkap dari lini BMW Seri X di Indonesia, yakni BMW X1. BMW X2, BMW X4, BMW X4, BMW X5, dan BMW X7 yang terbaru.

“Sekitar satu dekade yang lalu, BMW mengambil langkah inovatif untuk memadukan atribut ciri khas dari Sports Activity Vehicle dengan DNA dari coupé klasik, sehingga melahirkan segmen kendaraan Sports Activity Coupé (SAC),” kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Ditambahkannya, BMW X6 adalah anggota pertama dalam segmen baru tersebut dan hingga hari ini dan lebih dari 443.000 unit BMW X6 telah terjual di seluruh dunia dalam dua generasi model.

Baca juga: Impresi Pertama Mobil SAV BMW Termegah, BMW X7

Kini, All New BMW X6 sebagai SAC dengan julukan The Beast, dipasarkan di Indonesia dalam satu varian yaitu, BMW X6 xDrive40i.

Lalu apa yang istimewa dari The Beast ini dibanding BMW Seri X lainnya? Simak ulasan dari Seva.id.

All New BMW X6

Grille ikonik

Lahir sebagai SAC, meski berbasis sama dengan BMW X5, All New BMW X6 menawarkan eksterior yang menawan.

Seluruh lekuk bodi yang ada merupakan ciri khas dari mobil ini. Sudah tentu, atap yang melandai dari pilar B ke belakang adalah yang paling menonjol sebagai sebuah coupé.

Hadir untuk pertama kalinya di All New BMW X6 adalah inovasi canggih seperti lampu Iconic Glow di BMW kidney grille.

Selain dapat membuka tutup otomatis sesuai dengan kebutuhan udara yang dibutuhkan mesin, saat lampu dinyalakan, grille akan menyala putih. Menjadikannya ciri khas pada All New BMW X6.

Baca juga: Spesifikasi BMW X6, Mobil yang Pernah Ditunggangi Jimin BTS

Sementara, BMW M Sport package yang disematkan di sekucur interiornya berikan tampilan berbeda dan mencolok.

All New BMW X6

Eksterior menawan

Pada bagian lampu utama, SAC menggunakan teknologi BMW Laserlight sebagai standar, dipadukan dengan Selective Beam yang mengoptimalkan fungsi lampu jauh agar tidak menyilaukan pengendara lain, meskipun jangkauannya cukup jauh, yaitu sekitar 530 meter.

Bagian samping All New BMW X6 hadir dengan proporsi khas BMW, dengan karakter siluet tajam dan garis atap yang mengalir dinamis.

BMW X6 xDrive40i M Sport baru dilengkapi dengan roda 21 inci M light-alloy Y-spoke style 741 M Bicolour sebagai standar.

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan rem BMW M Sport dengan kaliper empat piston di depan dan kaliper satu piston di bagian belakang. Sedangkan kaliper dicat biru dan diembos dengan logo BMW M, memberikan tampilan sporty.

Baca juga: BMW 320i Touring M Sport, Station Wagon untuk Dikoleksi

Bagian belakangnya menonjolkan siluet yang gagah dengan bahu yang maskulin, makin diperkuat oleh lampu belakang LED berbentuk L yang lebar. Untuk tailgate, terintegrasi dengan mulus dan hampir tak terlihat di garis-garis horizontal pada kendaraan.

All New BMW X6

Interior ekskusif

Sebagai mobil yang mampu melibas medan on road maupun off road, interior All New BMW X6 dijejali berbagai fitur sehingga selalu membuat baik pengemudi hingga penumpang selalu merasa nyaman ketika berada di dalamnya.

Bahan-bahan berkualitas dengan leather Vernasca sebagai standar membalut dari mulai jok, dashboard, hingga door trim. Tidak lupa, karena bagian dari varian M, ada beberapa aksesoris khas seperti pada lingkar kemudi sampai sabuk pengaman.

Semua kebutuhan mengemudi seperti entertainment, informasi berkendara, hingga navigasi dapat diatur dan dipantau melalui Control Display layar sentuh 12,3 inci atau iDrive dengan BMW Operating System 7.0.

Layar ini juga dapat membaca gestur, seperti jari berputar untuk menaik-turunkan volume atau menggerakan jempol ke kanan dan ke kiri untuk memilih lagu.

Baca juga: Review All New BMW X5: Si Bos yang Makin Gagah

Mood di dalam kabin juga bisa diatur berdasarkan ambient light yang tersedia dalam warna hijau, orange, merah, biru, putih, bronze, dan lain sebagainya.

All New BMW X6

Tetap lega

Fitur lain di interior adalah kontrol AC otomatis 2,5 zona, cup holder dengan pendingin dan penghangat, Apple CarPlay nirkabel, Parking Assitant termasuk Reversing Assistant, atap kaca Panorama yang lebih besar 83% dibandingkan pendahulunya, serta Harman/Kardon Surround System 16 speakers, 464 Watt.

Sementara, meski atapnya landai, duduk di jok belakang tidak terasa sempit. Masih cukup nyaman bila di tempati dua orang dengan tinggi 175 cm dan 165 cm. Kepala tidak mentok plafon, dengkul pun tidak bersinggungan dengan jok depan.

Terdapat arm rest di bagian jok belakang yang dilengkapi dengan cup holder. Jok ini juga sudah dilengkapi ISOFIX untuk mengaitkan kursi balita.

Baca juga: Keistimewaan Edisi Terbatas BMW M5 Edition 35 Years

Setelah itu, interiornya menawarkan tingkat variabilitas tinggi, berkat sandaran kursi belakang terpisah 40:20:40 yang dapat dilipat untuk tingkatkan kapasitas ruang bagasi dari 580 liter menjadi 1.530 liter.

All New BMW X6

Bertenaga dan kencang

Meski bertambah panjang dan lebar, impresi tenaga serta kecepatan pada All New BMW X6 tetap mengesankan. Klaim pihak BMW, mobil ini dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dengan 5,5 detik saja. Cukup kencang bukan?

Mesin All New BMW X6 memang menawarkan kemampuan akselerasi dengan response khas mesin bensin enam silinder segaris BMW. Mobil ini menggendong mesin berkapasitas 3.0 liter BMW TwinPower Turbo  yang dipadu dengan twin-scroll turbocharger, Valvetronic, dan double VANOS.

Mesin tersebut menyalurkan daya melalui Steptronic Sport Transmision 8 percepatan lengkap dengan paddle shift. Hasilnya adalah torsi maksimal mencapai 450 Nm dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 11,1 kilometer per liter.

Baca juga: Keunggulan Teknologi dan Fitur BMW di X Series

Sementara teknologi terbaru BMW xDrive dengan full time all wheel drive menunjukkan kelebihannya dengan memastikan traksi terbaik untuk All New BMW X6 di semua permukaan jalan sehingga meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

All New BMW X6

Ketersediaan dan harga

Selama tahun 2020, All New BMW X6 hanya tersedia 10 unit saja. Untuk varian BMW X6 xDrive40i M Sport akan tersedia di semua diler resmi BMW mulai 15 Mei 2020 dengan harga off the road Rp. 1.899.000.000.

Harga tersebut termasuk BMW Service Inclusive, yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 kilometer (mana yang lebih dulu), serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh.

Ban juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun dan mencakup penggantian hingga 4 ban selama periode garansi, termasuk biaya ban dan tenaga kerja.

Perlindungannya meliputi kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, letusan, dan robek atau dari kendaraan yang terus berjalan pada ban kempis. Ban akan diganti dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Baca juga: Mengenal Mobil BMW Seri M dan Sejarahnya di Dunia

Secara keseluruhan, All New BMW X6 adalah mobil yang unik. Dalam satu mobil kamu bisa mendapatkan kemewahan ala mobil coupé dan ketangguhan pada mobil SUV.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk memilikinya?