Kenapa Mobil Bisa Mengambang Saat Terseret Banjir?

09 January 2020

Mobil bisa mengambang dan terseret banjir, kenapa hal itu bisa terjadi? Bagaimana penjelasannya? Simak ulasannya di bawah ini.

mobil bisa mengambang dan terseret banjir

Saat banjir melanda kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) di awal tahun, beredar di media sosial sebuah video viral yang menggambarkan mobil mengambang terseret banjir.

 

Dari video yang diunggah oleh akun Instagram @ridwanhr itu tampak sebuah mobil berwarna putih dengan merek BMW mengambang dan hanyut terseret banjir di kawasan BSD, Tangerang.

 

Diketahui varian BMW yang ada hanyut itu adalah 320i. Lantas kenapa mobil bisa mengambang dan terseret banjir?

 

Baca juga: BMW Astra Siapkan Layanan untuk Mobil BMW Kebanjiran

BMW kebanjiran

Hukum Archimedes

“Itu hukum Hukum Archimedes, ada kemungkinan bagian dalam mobilnya tidak terendam dan tidak ada air. Jadi tekanan air makin besar sehingga membuat mobil tersebut terbawa air,” kata Fitra Eri, Vloger dan Reviewer Otomotif Indonesia saat ditemui di kantor Astra Digital.

 

Ditambahkannya, walaupun bagian dalam mobil terendam sekalipun dan arusnya kuat, mobil juga bisa hanyut.

 

Seperti diketahui, dari studiobelajar.com, Hukum Archimedes adalah hukum yang menyatakan bahwa setiap benda yang tercelup baik keseluruhan maupun sebagian dalam fluida, maka benda tersebut akan menerima dorongan gaya ke atas (gaya apung).

 

Baca juga: Sebelum Membeli, Kenali Dulu Ciri Mobil Bekas Banjir

 

Besarnya gaya apung yang diterima, nilainya sama dengan berat air yang dipindahkan oleh benda tersebut (berat = massa benda x percepatan gravitasi) dan memiliki arah gaya yang bertolak belakang (arah gaya berat kebawah, arah gaya apung ke atas).

mobil bisa mengambang dan terseret banjir

Tidak sepenuhnya kedap

Dikutip dari akun Instagram @dtech.egineering, penyebab mobil bisa mengambang dan terseret banjir lantaran fitur yang dimiliki mobil tersebut.

 

Mobil yang diproduksi untuk pasar internasional seperti BMW, pada umumnya memiliki sistem isolasi yang sangat baik sehingga kabinnya kedap udara dan air.

 

Baca juga: Cara Mengurus STNK dan BPKB yang Hilang atau Rusak Karena Banjir

 

“Tidak ada mobil yang 100 persen kedap. Kalau kedap 100 persen orang yang ada di dalam mobil bisa saja kehabisan oksigen. Hanya saja kecepatan air untuk masuk ke dalam kabin berbeda-beda,” ujar Fitra Eri.

mobil bisa mengambang dan terseret banjir

Mitos pecahkan kaca

Ada juga mitos jika mobil terendam banjir harus dibuka atau dipecahkan kacanya agar mobil tidak hanyut.

 

“Memang jika air masuk ke dalam kabin, mobil lebih susah hanyut karena volume air yang dipindahkan jadi lebih sedikit. Tapi kalau arus lebih kuat dan banjir lebih dalam lagi mobil tetap bisa hanyut,” jelas Fitra Eri.

 

Bila Anda berdomisili di daerah yang rawan banjir, ada baiknya untuk memindahkan mobil ke tempat yang lebih tinggi atau bebas banjir bila daerah rumah Anda sudah diguyur hujan lebat cukup lama dan berpotensi menaikkan debit air.

Baca juga: Lakukan Hal Berikut Ini Bila Mobil Terendam Banjir

mobil bisa mengambang dan terseret banjir

“Jika memang mobil terjebak banjir di garasi, paling aman adalah membuka jendela untuk mencegah mobil hanyut, kemudian sambungan aki dicabut untuk mengurangi kemungkinan rusaknya elektronik,” tutup Fitra Eri.

 

Cuaca memang sedang tidak menentu, untuk itu bagi pemilik mobil harap selalu berhati-hati dalam berkendara dan selalu parkir di tempat yang aman ya.

View this post on Instagram

Kok bisa mobil BMW 320i ini mengambang dan hanyut? Mobil yang diproduksi untuk pasar internasional (seperti BMW) pada umumnya memiliki sistem isolasi yang sangat baik sehingga kabinnya kedap udara dan kedap air. Air banjir tidak bisa masuk ke kabin, dan udara di dalam kabin pun mendorong mobil naik ke permukaan air. Hal ini berbeda dengan kebanyakan mobil lain di Indonesia, di mana banyak air yang tetap bisa masuk kabin dan hanya sebagian udara terjebak di atap yang mendorong ke atas. Itu sebabnya mobil lain cenderung tenggelam dalam dulu baru bisa mengambang. Ada yang punya penjelasan lain? Silahkan sampaikan di komentar ya Stay safe untuk teman-teman yang sedang mengalami musibah banjir di Jakarta dan sekitarnya. Semoga banjirnya segera surut. Amin 🙏 Mention teman kamu dan bagikan informasi ini. Follow @dtech.engineering untuk mendapatkan konten menarik tentang inovasi dan teknologi terbaru. #banjir #mobil #bmw #banjir2020 #banjirjakarata #jalantol #hujanderas #petir #bahaya #angin #faktaindonesia #wowrame #wowfaktavideo #faktaviral #uptodaateinfo #faktamenarik #faktadunia #faktaterbaru #beritadunia #dunia24jam #mobilkeren #otomotifmobil #bmwm #infojakarta #infobogor #jktinfo #infobekasi

A post shared by DTECH-ENGINEERING (Company) (@dtech.engineering) on

Author

Sing with me, sing for the year. Sing for the laughter and sing for the tear. Sing with me, it's just for today. Maybe tomorrow the good Lord will take you away. - Dream On, Aerosmith -

SHARE