5 Cairan Penting yang Dibutuhkan Mobil Selain Oli dan Bensin

Selain oli dan bensin, masih ada beberapa cairan lain yang dibutuhkan oleh mobil. Malahan, keberadaaan cairan-cairan tersebut sangat penting bagi mobil.

Oli merupakan salah satu cairan yang dibutuhkan mobil untuk menunjang dan melumasi kinerja mesin saat digunakan. Bukan hanya oli mesin, namun ada beberapa oli lainnya, seperti oli gardan, oli transmisi, dan lain-lain.

 

Sedangkan bensinatau solar merupakan bahan bakar yang diperlukan untuk proses pembakaran energi mobil.

 

Selain oli dan bensin (atau solar), ada juga cairan-cairan lain yang memiliki peranan penting untuk membantu mobil agar bekerja dengan baik, seperti air aki, minyak rem, air radiator, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, dapat Anda simak di bawah ini.

 

Air radiator

Cairan pertama yang dibutuhkan oleh mobil selain oli mesin adalah air radiator atau cairan pendingin, yang berfungsi membantu radiator untuk meredam udara panas yang ada pada silinder mesin ketika terjadi proses pembakaran.

 

Cara kerjanya, radiator akan memerintahkan cairan pendingin tersebut untuk meredakan panas yang terjadi di dinding silinder. Jadi, cairan pendingin yang digunakan harus tahan terhadap suhu panas.

 

Oleh karena itu, memilih cairan pendingin radiator tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Jangan hanya terpengaruh oleh warna air radiator karena itu tidak berpengaruh pada kualitasnya.

 

Pada dasarnya, ada 3 jenis radiator coolant yang sering digunakan oleh pabrikan, yaitu Inorganic Additive Technology (IAT), Organic Acid Technology (OAT), dan Hybrid Organic Acid Technology (HOAT). Ketiga jenis cairan pendingin tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

 

Air aki

Selain air radiator, cairan lain yang dibutuhkan mobil adalah air aki. Terdapat 2 jenis air aki yang beredar di pasaran, yaitu yang berwarna merah dan biru. Kedua air aki tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

 

Air aki berwarna merah biasa dikenal dengan sebutan Accu Zuur yang berisi H2SO4 (asam sulfat). Air aki ini digunakan saat pertama kali mengisi tank aki. Sedangkan yang berwarna biru, digunakan untuk menambah volume tank jika air aki sudah berkurang.

 

Air wiper

washer reservoirLalu, ada air wiper yang akan membantu pengendara membersihkan kaca saat ada debu atau kotoran yang menempel di kaca depan. Sekarang, sudah ada cairan khusus wiper (washer fluid) yang dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp 25 ribu sampai Rp 70 ribu.

 

Usahakan, ketika membeli, pilih cairan khusus wiper yang tidak mengandung banyak deterjen dan alkohol. Efek deterjen yang terlalu banyak akan menghasilkan busa yang banyak pula. Bila dibiarkan mengering, busa tersebut dapat menjadi kerak.

 

Bukan hanya pada kaca, busa yang mengering tersebut juga dapat menyumbat bahkan menutup lubang nosel sehingga semprotan air yang keluar dari washer reservoir tidak maksimal. Sedangkan alkohol, dapat menurunkan kualitas kaca dan merusaknya jika dipakai rutin.

 

Minyak rem

Cairan yang satu ini memiliki peran penting sebagai pendukung kinerja rem. Minyak rem bertugas untuk melumasi komponen cakram dan kampas rem. Kedua komponen tersebut akan bergesekan saat menghentikan laju mobil.

 

Gesekan itu akan menimbulkan panas pada cakram dan kampas rem. Pada saat itulah minyak rem bekerja, yaitu dengan meredakan panas akibat gesekan antara cakram dan kampas rem.

 

Minyak power steering

Terakhir adalah minyak power steering. Cairan ini bertugas untuk menjaga seluruh komponen di dalam power steering agar tidak mudah mengalami kerusakan, seperti setir terasa berat saat dibelokkan, setir susah dikendalikan, dan lain-lain.

 

Minyak power steering harus diganti secara periodik. Biasanya, minyak power steering diganti setiap 30 ribu kilometer. Namun, itu bukan angka pasti, karena setiap pabrikan pasti punya standarisasinya masing-masing.

 

Beberapa cairan di atas harus ditambah atau diganti secara berkala agar kualitasnya tetap terjaga. Jika tidak memiliki waktu untuk menambah atau menggantinya, Anda dapat melakukannya di bengkel resmi.

 

Jangan lupa untuk selalu merawat mobil Anda, termasuk mengganti cairan yang ada di dalamnya supaya dapat meminimalisir resiko kerusakan saat di perjalanan. Jika waktu Anda sangat terbatas, silakan mencoba Booking Service di Seva.id..