Perbandingan Kecepatan BMW M3, BMW M4, dan BMW M1000RR

25 September 2020

BMW M 1000RR

Lewat akun Instagram @bmwm dan @bmwmotorrad, BMW Group mengumumkan kehadiran Seri M terbarunya. Tidak hanya mobil, namun ada juga motor yang digadang sebagai yang pertama di dunia dengan embel-embel M.

Mobil tersebut adalah BMW M3 dan BMW M4, sementara untuk motor adalah BMW M1000RR. Semua kendaraan tersebut di-tuning oleh M atau divisi M GmbH pada BMW yang sudah berdiri pada tahun 1972.

BMW dengan emblem M biasanya mesin, transmisi, suspensi, interior, aerodinamika, dan eksteriornya sudah dimodifikasi, sehingga performanya meningkat drastis.

Baca juga: Mengenal Mobil BMW Seri M dan Sejarahnya di Dunia

Tidak hanya itu, semua BMW Seri M sudah melewati serangkaian tes, salah satunya adalah tes kecepatan dan ketahanan di fasilitas milik BMW di Nürburgring, Jerman

Lantas bagaimana dengan performa maksimalnya? Ini perbandingan kecepatan BMW M3, BMW M4, dan BMW M1000RR?

BMW M3 dan BMW M4

BMW M3 dan BMW M4

Bisa dibilang BMW M3 dan BMW M4 merupakan saudara kembar namun berbeda jenis. BMW M3 berjenis sedan empat pintu, sementara BMW M4 lebih sporty dengan jenis coupé dua pintu.

Dapur pacu keduanya sama-sama menggunakan BMW M TwinPower Turbo inline 6 cylinder yang dipadu dengan Manual 6-speed M transmission.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 480 daya kuda dengan torsi maksimal 550 Nm yang disalurkan ke roda belakang.

Baca juga: Jadi Mobil Terkencang, Ini Spesifikasi BMW M8 di Indonesia

BMW M3 dan BMW M4 dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dengan 4,2 detik dengan kecepatan maksimal 250 kilometer per jam.

Sementara pada BMW M3 Competition sedan dan BMW M4 Competition coupé, mesin yang digunakan masih sama hanya saja menggunakan 8-speed M Steptronic transmission with Drivelogic dan penggerak BMW M xDrive with Active M Differential.

Tenaganya melonjak hingga 510 daya kuda dengan tenaga maksimal hingga 650 Nm.

Kecepatan 0 hingga 100 kilometer per dilahap hanya dengan 3,9 detik. Kemudiah, ditambah dengan M Driver’s Package, mobil ini memiliki kecepatan maksimal hingga 290 kilometer per jam.

Sebagai mobil spesial, keduanya diberikan warna khusus, yakni Isle of Man Green Metallic untuk BMW M3 dan Sao Paulo Yellow untuk BMW M4.

Baca juga: BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition Meluncur di Indonesia

Jika ingin nyaman pilih BMW M3, dan untuk yang ingin tampil lebih sporty pilih BMW M4. Kamu pilih yang mana?

BMW M 1000RR

BMW M1000RR

BMW M1000RR menggendong mesin yang sama dengan BMW S1000RR, hanya saja di-tuning ulang oleh divisi M.

Tipe mesin BMW M1000RR adalah 4 silinder segaris berpendingin cairan dengan BMW ShiftCam berkapasitas 999 cc. Setelah di-tuning, tenaganya meningkat pesat, menjadi 212 daya kuda pada BMW M1000RR.

Mesin tersebut mampu melontarkan motor ini hingga kecepatan maksimal 305 kilometer per jam. Kecepatan 0 hingga 100 kilometer per jam mampu dilahap hanya dengan 3,1 detik saja.

Baca juga: Jajaran Mobil BMW yang Mengawal MotoGP, Apa Saja Serinya?

Tuning yang dilakukan pada mesin tersebut meliputi teknologi BMW Shift Cam, rocker arm dibuat lebih ringan, port intake memiliki desain geometri baru, serta camshaft dan area intake lebih dimaksimalkan.

Sebagai pelengkap, sistem pembuangan melalui knalpot Akrapovic berbahan titanium juga lebih ringan 3.657 gram bila dibandingkan dengan BMW S1000RR.

Sementara sistem pengeremannya menggunakan kaliper yang di-tuning ulang oleh M, dengan dua cakram di depan dan satu di belakang yang lebih tebal daripada BMW S1000RR berteknologi BMW Motorrad Race ABS and ABS Pro.

Lalu, BMW M1000RR dijejali beragam fitur yang akan memudahkan penggunaannya untuk sehari-hari dan juga track day. Motor ini disematkan fitur Hill Start Control yang biasanya terdapat di mobil BMW.

Baca juga: Keistimewaan Edisi Terbatas BMW M5 Edition 35 Years

Menurut kamu, bagaimana performa maksimal BMW M3, BMW M4, dan BMW M1000RR? Sudah cukup cepat bukan?

Arris Riehady

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!