Awas! Jika Muncul Gejala Ini, Mobil Anda Akan Mogok

By Ferdi Julias - April 26, 2019

Sebelum mobil mogok, yuk kenali tanda-tandanya terlebih dulu. Jangan lupa segera dicek dan diperbaiki sebelum mogok di jalan.

mobil mogok
Mobil sudah seharusnya mendapatkan perawatan maksimal dari pemiliknya agar hal-hal yang tidak diinginkan dapat diminimalisir, misalnya adalah mogok di jalan. Mobil mogok pastinya akan sangat menganggu Anda, apalagi sedang buru-buru mengejar waktu.

 

Sebenarnya, mobil yang akan mogok dapat diketahui oleh pengendara. Ada beberapa tanda yang diberikan mobil sebelum mogok.

 

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini yang mungkin bisa membantu Anda untuk mengetahui tanda-tanda mobil akan mogok sehingga Anda dapat menanganinya sebelum terjadi.

 

Tarikan mesin melemah

tarikan mobil lemah
Tanda mobil akan mogok yang pertama adalah melemahnya tarikan mesin. Hal ini biasanya ditandai dengan suara mobil yang tertahan. Sebagian pemilik mobil kadang sudah paham dengan suara mesin mobilnya karena dipakai setiap hari. Jadi saat tarikan mesin melemah, mobil terasa tidak seperti biasanya.

 

Injakan pada pedal gas juga akan ikut terasa berbeda dari sebelumnya. Begitu juga dengan kopling (jika Anda menggunakan mobil manual). Ada beberapa faktor yang membuat tarikan mobil melemah, seperti bahan bakar mau habis. Filter bahan bakar bermasalah, dan lain-lain.

 

Laju mobil tersendat

laju mobil tersendat
Tarikan mesin melemah tadi akan berdampak pada laju mobil yang tersendat. Ini adalah tanda yang paling sering dialami oleh pengendara ketika mobil akan mogok. Salah satu masalahnya adalah karena mobil tidak mendapatkan tekanan bahan bakar yang stabil sehingga suplainya terputus-putus.

 

Namun, ada penyebab lainnya, seperti mobil kekurangan bahan bakar, pompa bensin tersumbat, overheat, dan lain-lain. Semua hal tersebut dapat membuat laju mobil tersendat dan akhirnya berpotensi mogok secara tiba-tiba.

 

AC kurang dingin

AC kurang dingin
Tanda selanjutnya adalah kekuatan AC mobil yang berkurang. Bila mobil akan mogok, AC kadang menjadi kurang dingin karena melemahnya daya pada sistem kelistrikan mobil, terutama pada aki. Komponen ini sangat berpengaruh terhadap AC, karena merupakan pusat energi dari sistem kelistrikan.

 

Kualitas aki juga menjadi salah satu penyebab mobil menjadi mogok. Oleh karena itu, lakukan pengecekan bagian secara berkala terhadap aki mobil Anda, seperti pada bagian kabel dan intensitas air aki. Lalu, bersihkan bagian terminal aki agar aliran listrik dapat disalurkan dengan lancar.

 

Pengapian kosong

busi
Berikutnya adalah pengapian mobil terasa kosong. Kadang, mobil akan sulit dinyalakan saat pertama kali jika pengapian bermasalah. Hal ini juga merupakan salah satu penyebab mobil berjalan tersendat dan knalpot menembak. Pengapian yang kosong juga menyebabkan kompresi mobil bermasalah.

 

Apalagi jika central elektroda pada busi bermasalah, maka mesin mobil Anda pasti tidak akan menyala. Central elektroda adalah komponen terhubung dengan terminal kepala busi melalui konektor internal, yang terbungkus oleh keramik insulator. Ujungnya rata-rata terbuat dari campuran tembaga besi, nikel, chromium dan lainnya.

 

Lampu-lampu redup

lampu mobil
Tanda terakhir adalah lampu-lampu mobil redup. Ini merupakan salah satu dampak dari sistem kelistrikan mobil yang terganggu dan pengapian mobil yang kosong. Dua sistem yang terkait tersebut sangat berpengaruh terhadap terang atau tidaknya lampu mobil.

 

Aki yang sudah mulai soak juga akan menunjukkan gejala seperti ini. Baiknya Anda cek kondisi aki jika menemui gejala ini dancek voltasenya.

 

Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal di atas, ada baiknya untuk selalu melakukan pengecekan secara berkala di bengkel resmi, agar mobil Anda selalu siap dipakai kapanpun dibutuhkan, dan resiko mobil mogok dapat diminimalisir.

 

Anda dapat melakukan booking service melalui Seva.id jika tidak memiliki waktu lama untuk menunggu antrian ketika melakukan service berkala. Mobil Anda akan langsung ditangani oleh mekanik di bengkel resmi tempat Anda melakukan booking service.

Berita Terkait

Author