suara knalpot

Mitos atau Fakta? Ggeber Mesin Bikin Aki Mobil Awet?

suara knalpot, Mitos atau Fakta?

Mitos atau Fakta? Pernah nggak, kamu melihat ada orang yang suka geber mesin mobilnya sesaat sebelum di matikan? Katanya, cara ini bisa membuat aki mobil lebih awet dan starter bisa lebih mudah saat mobil akan di hidupkan lagi. Beneran nggak, sih? Yuk, kita bongkar mitos dan fakta seputar kebiasaan geber mesin mobil ini!

Mitos: Ggeber Mesin Sebelum Matikan Bikin Aki Awet

Banyak yang percaya kalau menggeber mesin mobil sebelum di matikan bisa membantu pengisian daya listrik ke aki mobil. Logikanya, saat mesin di geber, alternator (komponen pembangkit listrik pada mobil) akan bekerja lebih keras dan menghasilkan listrik lebih banyak untuk men mengisi aki mobil hingga penuh lagi.

Fakta: Ggeber Mesin Tidak Signifikan

Faktanya, menggeber mesin mobil sesaat sebelum di matikan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keawetan aki mobil. Aki mobil memiliki batas usia pakai sendiri. Seiring pemakaian, pelat timah di dalam aki akan mengalami proses muai susut saat pengisian dan pengeluaran listrik. Lama-lama, pelat timah ini akan mengalami kerusakan dan kemampuan menyimpan listrik pun akan berkurang. Jadi, meskipun kamu rutin menggeber mesin sebelum mematikan mobil, aki tetap akan mengalami penurunan fungsi seiring berjalannya waktu.

Daripada Ggeber, Rawat Aki dengan Cara Ini!

Daripada membiasakan di ri geber mesin mobil sebelum di matikan, lebih baik lakukan perawatan aki secara rutin supaya awet dan berfungsi optimal. Berikut beberapa tips merawat aki mobil:

  • Cek Aki Secara Berkala: Periksalah kondisi aki mobil secara berkala, biasanya setiap 3-6 bulan sekali. Kamu bisa memeriksakan tegangan aki, level air aki (untuk aki basah), dan kondisi terminal aki (penghubung aki ke kabel listrik).
  • Gunakan Aki yang Sesuai: Saat kamu perlu mengganti aki, pastikan kamu memilih aki yang sesuai spesifikasi mobilmu. Jangan asal pilih merek atau tipe ya!
  • Hindari Kebiasaan Buruk: Biasakan mematikan lampu dan perangkat elektronik lainnya saat mobil tidak di gunakan untuk menghindari aki cepat tekor.
  • Bersihkan Terminal Aki: Terminal aki yang berkorosi dapat menganggu aliran listrik. bersihkan terminal aki secara perkala dengan air panas dan ampelas halus.
  • Jaga Suhu Aki: Hindari memarkirkan mobil terlalu lama di tempat yang panas karena bisa mempercepat kerusakan aki.

Aki mobil yang awat akan membuat mobilmu mudah di nyalakan kapan pun di butuhkan. Yuk, biasakan perawatan aki secara rutin dan hindari mitos geber mesin sebelum mematikan mobil!


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *