Tips Mengatur Uang THR untuk Kebutuhan Bulanan

Uang THR sudah cair tapi bingung mau diapain dan takut langsung habis begitu saja? Simak cara berikut untuk mengatur uang THR!

Mengatur uang THR itu nggak susah kok, asal digunakan dengan bijak. Uang THR bisa kamu jadikan uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan bulanan.

Uang THR juga bisa jadi dana darurat pas uang bulanan kamu sudah menipis setelah digunakan untuk memenuhi kebutuhan Lebaran yang membengkak. Nah, tips berikut bisa kamu coba biar uang THR kamu nggak lewat begitu saja.

Bikin anggaran keuangan

Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk mengatur uang THR sebagai pelengkap kebutuhan bulanan adalah dengan cara membuat anggaran keuangan. 

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Beli Mobil Pakai THR

Banyak yang masih menyepelekan betapa pentingnya membuat anggaran keuangan. Padahal dengan membuat anggaran keuangan kamu akan terhindar dari yang namanya boros, seperti membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Kamu bisa membuat daftar anggaran keuangan mulai dari kebutuhan pokok, tagihan listrik atau Wi-Fi rumah, tagihan kartu kredit atau pembayaran asuransi, dan jika memungkinkan untuk dana tabungan.

Kalau sudah ditentukan untuk apa saja uang THR itu nantinya, kamu bisa membuat list-nya di kertas atau tabel anggaran keuangan melalui laptop.

Buat catatan pengeluaran harian

Kalau tadi udah bikin anggaran keuangan untuk kebutuhan bulanan, nah sekarang kamu bisa bikin catatan untuk pengeluaran harian.

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil Terbaik untuk Perjalanan Jauh dan Mudik

Kamu bisa membuat daftar pengeluaran uang transportasi, belanja harian, atau sekedar jajan di pinggir jalan pada catatan harian tersebut. 

Tujuan membuat catatan ini adalah untuk mengevaluasi jumlah pengeluaran harian sehingga uang THR yang kamu dapatkan cukup untuk keperluan lainnya.

Menentukan budget kebutuhan

Setelah sudah membuat anggaran keuangan, kamu bisa menentukan budget yang akan digunakan untuk membeli kebutuhan selama sebulan. 

Baca juga: Cara Menentukan dan Menghitung DP Mobil Sesuai Budget

Cara ini akan efektif guna menghindari pengeluaran yang tidak diperlukan. Kamu juga bisa lebih hemat saat akan berbelanja, serta melatih agar terbiasa untuk menentukan budget terlebih dahulu ketika ingin membeli sesuatu.

Membayar tagihan yang ada

Jika kamu memiliki tagihan-tagihan yang belum terbayarkan. Kamu bisa menggunakan uang THR untuk membayar tagihan tersebut.

Pastikan juga untuk membayarnya tepat waktu agar tidak ada denda atau bunga yang bisa mengakibatkan pembengkakan pada anggaran keuangan.

Melakukan pembatasan pengeluaran

Nah, langkah selanjutnya untuk mengatur uang THR kamu bisa membuat pembatasan pengeluaran dengan mengurangi pembelian yang sekiranya tidak begitu penting dan mengutamakan kebutuhan pokok. 

Baca juga: Biaya Modifikasi Sedan dengan Konsep Mewah dan Elegan

Ini bertujuan agar kamu bisa mencapai target yang sudah direncanakan sejak awal dan kamu bisa terfokus pada pengeluaran yang ada.

Membuat dana darurat

Percaya nggak percaya, kamu bisa gunakan uang THR untuk dana darurat, lho. Yap, mungkin sudah banyak orang yang melakukan hal ini.

Dana darurat ini untuk mengantisipasi adanya pengeluaran-pengeluaran yang tidak terduga. Misalnya, kamu butuh biaya yang cukup banyak untuk berobat ke rumah sakit atau perlu beberapa uang untuk melunasi hutang yang belum terbayarkan.

Baca juga: Jadwal Rekayasa Lalu Lintas Arus Mudik dan Arus Balik Tol Trans Jawa

Nah, kamu bisa menggunakan dana darurat tersebut untuk membayarnya. Dana darurat juga bisa jadi tabungan untuk jangka waktu yang panjang.

Melakukan pengecekan ulang

Setelah semua sudah terencana dengan baik, hal terakhir yang perlu dilakukan untuk mengatur uang THR yaitu melakukan pengecekan ulang agar tidak ada budget yang kelebihan.

Bisa dilakukan dengan mencari kebutuhan mana yang masih perlu dikurangi atau dipangkas. Ingat, saat keuangan sedang menipis kamu perlu melakukan penghematan agar kebutuhan bulanan bisa tercukupi.

Baca juga: Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Liburan dan Mudik

Jika sudah membuat rincian dengan baik, kamu tinggal menjalaninya sesuai dengan yang sudah direncanakan. Manfaatkan uang THR sebaik mungkin, ya!