Tips Mengambil Gambar Mobil dengan Smartphone, Dijamin Kece

Mau diunggah ke sosial media, mengambil gambar mobil dengan smartphone diperlukan teknik agar hasilnya kece badai. Begini tipsnya!

gambar mobil

Mengambil gambar mobil kesayangan kamu memang tidak melulu menggunakan kamera DSLR mahal agar hasilnya optimal.

Sekarang, hanya dengan bermodalkan smartphone, kamu bisa menggambil gambar mobil yang hasilnya tidak kalah kece dengan kamera DSLR.

Malah, menggambil gambar mobil dengan smartphone tidak repot. Kamu bisa langsung mengunggahnya ke sosial media, seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan sebagainya.

Apalagi, teknologi kamera smartphone juga semakin berkembang. Selain besarnya resolusi megapixel, beberapa kamera smartphone juga sudah dibekali dengan stabilizer.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir gambar mobil yang diambil akan goyang atau blur, kecuali hal tersebut disengaja dan sudah menjadi konsepmu.

Baca juga: Motret Dengan Kamera Smartphone, Lakukan 6 Hal Ini Dulu

Bahkan, supaya makin ciamik, tersedia fitur dan aplikasi yang memudahkan kamu dalam mengolah atau mengedit gambar mobil yang sudah diambil menggunakan kamera smartphone.

Tapi jangan asal jepret saja, diperlukan teknik agar hasilnya optimal dan ketika diunggah ke sosial media mendapatkan engagement yang banyak.

Daripada bingung, begini tips mengambil gambar mobil dengan smartphone.

gambar mobil

Pencahayaan tepat

Perlu diketahui, meski sudah dibekali dengan resolusi megapixel yang besar, sensor kamera smartphone ukurannya lebih kecil dari kamera DSLR.

Baca juga: Trik Fotografi Ini Akan Membuat Foto Mobil Semakin Keren

Hal ini berpengaruh dalam kemampuannya dalam menangkap cahaya, terutama dalam cahaya yang kurang hasilnya akan kurang maksimal.

Memang, ada kamera smartphone yang mampu mengambil gambar dalam keadaan gelap sekalipun, namun hasilnya sudah melewati beberapa proses olah digital yang dilakukan oleh sistem.

Ingat, foto atau gambar yang berkualitas pasti didukung oleh cahaya yang cukup. Maka dari itu, cahaya menjadi faktor utama dalam pengambilan gambar mobil dan lain sebagainya.

Meski terlihat terang, namun tetap saja gambar yang dihasilkan tidak tajam dan cenderung kasar atau memiliki noise yang tinggi.

Oleh karena itu, untuk mengambil gambar mobil yang optimal diperlukan cahaya yang cukup. Tujuannya untuk menghindari terlalu banyaknya olah digital di dalam smartphone.

Baca juga: Tips Menghasilkan Foto Bagus dengan Kamera Smartphone dalam Keadaan Low Light

Dengan cahaya yang cukup gambar juga akan makin tajam, detail yang ada pada mobil pun terlihat lebih jelas.

gambar mobil

Komposisi ideal

Umumnya, kamera smartphone akan menghasilkan distorsi saat kamu melakukan zooming atau memperbesar tampilan gambar tanpa harus mengubah jarak. Jadi, akan berpengaruh terhadap hasil akhir.

Untuk ini, kamu bisa mengakalinya menggunakan fitur distortion correction yang terdapat di beberapa smartphone. Namun jika tidak tersedia, banyak aplikasi editing foto yang menyediakan fitur tersebut.

Baca juga: 6 Daftar Smartphone 5G dengan Harga Terjangkau di Indonesia

Selain itu, untuk mengambil gambar mobil yang optimal kamu juga perlu memperhatikan komposisi yang ideal. Komposisi yang umum adalah rule of third.

Rule of third adalah aturan sepertiga, di mana bidang foto dibagi menjadi tiga bagian sama besar baik secara vertikal maupun horizontal sehingga foto memiliki 9 area yang sama besar.

Tidak perlu repot mengira-ngira, hampir semua kamera smartphone memiliki fitur grid yang bisa kamu aktifkan di pengaturan kamera.

Baca juga: Apa itu Layanan 5G dan Bagaimana Perbedaannya dengan 4G?

Jika ingin mengambil gambar mobil secara keseluruhan pastikan tidak ada bagian yang terpotong, misalnya bumper depan atau bumper belakang.

Toyota All New Camry Hybrid

Jangan gunakan fitur zoom

Setiap smartphone saat inipasti memiliki fitur zoom di kameranya. Namun, usahakan jangan menggunakan fitur tersebut saat mengambil gambar mobil sport, gambar mobil mewah, dan sebagainya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur zoom memang membuat objek semakin dekat, namun kualitas foto yang dihasilkan kadang menurun.

Kualitas gambar mobil yang baik akan mempermudah kamu saat mengeditnya nanti.

Untuk menghindari hal itu, lebih baik tentukan spot yang tepat untuk mengambil gambar terlebih dulu.

Perhatikan jarak, angle, framing, dan lain-lain supaya hasil jepretan smartphone sesuai dengan selera kamu.

gambar mobil

Manfaatkan lokasi, background, dan foreground

Jika ingin mengambil gambar mobil dengan kesan eksklusif, ada baiknya kamu mencari lokasi yang sepi sehingga tidak banyak gangguan baik di latar belakang atau depannya.

Baca juga: Alat dan Aplikasi untuk Touring Biar Komunikasi Lancar Terus

Manfaatkan juga benda di sekitar lokasi untuk menjadi background dan foreground agar gambar mobil semakin estetik.

Apabila tidak ada, kamu bisa memanfaatkan fitur blur background atau portrait di kamera smartphone.

Dengan begini, background gambar yang kamu ambil akan bokeh, namun karena hasil olah digital, hasilnya tidak serapih oleh blur yang dihasilkan lensa kamera DSLR.

Jadi, dengan hanya bermodal kamera smartphone kamu bisa kok mengambil gambar mobil kesayangan untuk diunggah di sosial media.

Setelah itu, jangan lupa mention @Sevaid_Official ya, gambar mobil yang bagus akan kami repost di story!