Tips Beli Mobil Baru dengan Gaji UMR Rp 4 Jutaan

Memiliki gaji UMR tapi ingin punya mobil? Ternyata itu bukan hal yang sulit, inilah yang bisa dilakukan

gaji umr

Berpenghasilan dengan gaji UMR bukan halangan loh untuk bisa beli mobil pribadi. Walau tentunya kamu harus lebih bersabar dan membeli mobil sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Secara resmi, istilah UMR (Upah Minimum Regional) sudah diganti dengan UMP (Upah Minimum Provinsi). Meski begitu penggunaan UMR lebih populer di kalangan masyarakat.

Tiap daerah juga memiliki UMR yang berbeda-beda. Sebagai contoh, gaji UMR DKI Jakarta berada di nilai Rp 4.641.854. Dari 34 provinsi, DKI Jakarta sendiri menduduki menjadi provinsi dengan nilai UMR terbesar di Indonesia.

Baca juga: Menentukan Tenor dan Cicilan Kredit Mobil Baru yang Ideal

Bisa tidak sih sebenarnya jika ingin beli mobil tapi gaji masih sesuai standar UMR? Jawabannya bisa! Bagaimana caranya? Yuk simak dulu tipsnya.

gaji umr

Menabung 

Cara yang paling memungkinkan untuk bisa membeli mobil sendiri meskipun hanya memiliki gaji UMR adalah dengan menabung. Cobalah untuk menyisihkan penghasilan bulanan dan mengalokasikannya pada tabungan. 

Menabung ini tujuannya bukan untuk membeli mobil secara tunai, tetapi digunakan untuk membayar uang muka. Dengan begitu, angsuran bulanan mobil akan lebih ringan dan tidak memberatkan. 

Baca juga: Kredit Mobil Baru Cicilan 3 Jutaan, Apa Pilihannya?

Agar tabungan cepat terkumpul, usahakan setiap kali habis gajian langsung alokasikan sejumlah dana untuk tabungan. Selain itu, lakukan kebiasaan menabung ini secara konsisten misalnya menyisihkan 25% dari pendapatan bulanan.

Sebagai contoh, kamu memiliki gaji Rp 4.000.00 per bulan, maka Rp 4.000.000 x 25% = 1.000.000. Dalam setahun saja, kamu sudah mendapatkan Rp 12 juta jika melakukannya secara rutin. Lumayan, bukan?

gaji umr

Menentukan budget beli mobil

Jika ingin membeli mobil dalam kondisi yang masih baru, cobalah untuk melakukan riset terlebih dahulu. Kemudian tentukan jenis mobil yang sesuai dengan gaji UMR agar tidak memberatkan. 

Pilih dealer yang menawarkan harga terbaik, cicilan, dan uang muka sesuai dengan dana yang dimiliki. Beberapa dealer terkadang juga memberikan promo seperti cashback

freelance photography

Mencari pekerjaan sampingan

Agar tetap bisa membeli mobil sendiri dengan gaji UMR, cobalah untuk mulai mencari pekerjaan dengan pendapatan sampingan. Dengan adanya dana tambahan, mobil impian pun akan cepat dimiliki. 

Baca juga: Perhatikan Hal-Hal Ini Saat Memilih Kredit Mobil Terbaik

Dalam mencari pekerjaan sampingan, bisa memilih yang sesuai dengan hobi. Misalnya saja dengan jualan online, membuat kue, atau menjadi fotografer saat ada momen-momen tertentu. 

Saat ini ada banyak sekali peluang untuk bisa mendapatkan pekerjaan sampingan. Tak hanya industri kreatif, beberapa industri seperti pendidikan juga memiliki peluang pekerjaan lepas. 

Pastikan agar penghasilan yang didapatkan dari pekerjaan sampingan ini tidak dipakai untuk keperluan lain. Dengan begitu memiliki mobil bukan hanya menjadi impian. 

investasi anak muda

Melakukan investasi

Selain menabung, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memulai investasi. Dengan memiliki gaji UMR ternyata investasi juga bisa dilakukan. 

Baca juga: Tips Investasi Untuk Pasangan Muda

Mulailah dengan melakukan investasi dalam jumlah yang kecil terlebih dulu. Hal paling utama yang harus dilakukan jika ingin melakukan investasi adalah dengan melakukannya secara konsisten. 

Beberapa jenis investasi yang bisa dipilih ada berbagai macam dan tentunya dengan risikonya masing-masing. Mulai dari reksadana pasar uang, emas, ataupun tabungan berjangka. 

Jangan lupa, sebelum membeli mobil impian kamu bisa mengecek langsung di SEVA. Ada berbagai pilihan mobil yang bisa disesuaikan dengan budget untuk membeli mobil. 

Baca juga: Asuransi Prioritas yang Harus Diutamakan dan Dimiliki Segera

Kalau beli mobil online di SEVA, kamu bisa memanfaatkan fitur SEVA Instant Approval. Dengan fitur ini, kamu akan mendapatkan rekomendasi perhitungan kredit mobil baru impian yang menyesuaikan dengan kemampuan finansialmu. 

Yuk bawa pulang mobil impian yang Jelas Dari Awal, sudah pasti belinya di SEVA!