Tips Agar Pengajuan Kredit Mobil Cepat Disetujui

Berencana untuk kredit mobil baru? Ketahui dulu tips agar pengajuan kredit mobilmu bisa cepat disetujui dan sesuai dengan budget!

pengajuan kredit mobil

Pengajuan kredit mobil bisa ditolak loh. Ya, Dalam membeli mobil, ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu secara tunai atau kredit.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon pembeli mobil. Syarat kredit mobil salah satunya adalah melengkapi dokumen yang dibutuhkan, seperti:

  • Kartu identitas (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • NPWP
  • Slip gaji
  • Bukti bayar PBB
  • Rekening listrik, dan air
  • Rekening koran atau tabungan selama 3 bulan terakhir
  • Tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir (bila memiliki)
  • Keterangan izin praktik untuk profesional
  • Akta Pendirian Perusahaan dan SIUP bagi pengusaha.
kredit mobil

Cara agar pengajuan kredit mobil cepat disetujui

Harga mobil yang tidak murah membuat beberapa orang mungkin memilih metode kredit untuk bisa membelinya. Metode ini ternyata bisa sangat menguntungkan, apalagi jika ada promo khusus yang diberikan baik oleh pihak dealer ataupun leasing. 

Baca juga: Bonus Kredit Mobil Baru yang Sering Ditawarkan Dealer

Untuk bisa mendapatkan persetujuan, ada beberapa tahapan yang harus dilalui calon pembeli mobil. Agar pengajuan kredit bisa langsung berhasil ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti berikut ini, lho!

kredit mobil

Sesuaikan harga mobil dengan penghasilan

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan mengetahui harga mobil yang akan dibeli. Pihak leasing biasanya akan menyesuaikan harga dan kemampuan bayar dari calon pembeli dilihat dari slip gaji yang dimiliki. 

Sebaiknya tidak memilih mobil yang terlalu mahal, jika memang penghasilan yang dimiliki tidak terlalu besar. Selain itu, usahakan untuk bersikap realistis dalam mengajukan kredit agar menghindari terjadinya kredit macet. 

Baca juga: Rekomendasi Mobil Toyota dengan Fitur Toyota Safety Sense

Kredit macet biasanya terjadi karena kemampuan bayar debitur yang terlalu rendah dibandingkan harga mobil. Untuk itu, lakukan survei kecil-kecilan mengenai harga mobil sebelum memutuskan ingin membeli mobil yang mana. 

rekening bank

Pastikan rekening dalam keadaan aman

Saat ingin melakukan kredit mobil, pastikan terlebih dulu kondisi rekening dalam keadaan aman. Agar pengajuan kredit mobil bisa disetujui, biasanya calon debitur harus lolos Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK atau yang dahulu lebih dikenal dengan BI checking.  

Jika tidak memiliki tunggakan cicilan, biasanya SLIK OJK akan aman-aman saja. Rekening yang dicek juga bukan hanya dari satu bank saja, tetapi dari semua rekening yang dimiliki oleh calon debitur tersebut. 

down payment

Pembayaran down payment (DP)

DP atau uang muka menjadi salah satu faktor penentu yang cukup besar ketika ingin melakukan pengajuan kredit mobil. Biasanya besarnya DP yang akan dibayarkan berpengaruh terhadap persetujuan kredit yang akan diajukan tersebut. 

Baca juga: Keuntungan Beli Kredit Mobil Varian Tertinggi

Pihak leasing biasanya memiliki ketentuan jumlah uang muka yaitu 20 hingga 30%. Semakin tinggi uang muka yang disanggupi maka akan lebih baik dimata pihak leasing.

Dengan membayar uang muka yang lebih besar maka resiko kredit macet pun akan berkurang. Selain itu pihak leasing setidaknya sudah mendapatkan jaminan dana yang lebih besar di awal sebelum meminjamkan uang.

gaji umr

Lengkapi semua syarat administrasi

Hal terakhir yang harus diperhatikan dalam melakukan pengajuan kredit mobil adalah dengan melengkapi semua syarat administrasi dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. 

Baca juga: Cara Menentukan dan Menghitung DP Mobil Sesuai Budget

Dokumen dan persyaratan yang dipenuhi secara lengkap akan lebih mudah disetujui oleh pihak leasing. Sebelum mengumpulkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, sebaiknya dicek kembali agar tidak ada yang tertinggal.

Sebelum membeli mobil, bisa melakukan survei terlebih dulu melalui SEVA. 

Selain itu, di SEVA ada juga fitur Instant Approval yang bisa membantu kamu lebih nyaman menemukan mobil baru sesuai kemampuan finansial. Beli mobil baru impian yang Jelas Dari Awal, ya di SEVA!