Step by Step Cara Beli Mobil Online

Seperti apa sih cara beli mobil online di platform yang aman dan terpercaya? Baca lebih lanjut langkah-langkahnya berikut ini.

cara beli mobil online

Adanya kemajuan teknologi membuat informasi cara beli mobil online mulai banyak dicari orang. Sekarang semua kebutuhan sudah bisa dipenuhi melalui internet, termasuk kebutuhan mobil.

Biasanya ketika ingin membeli mobil, kita harus mendatangi dealer atau pameran otomotif untuk bernegosiasi dan bertanya langsung dengan sales, sekaligus melihat kondisi mobil.

Namun karena padatnya aktivitas sehari-hari membuat waktu jadi terbatas sehingga mungkin tidak sempat untuk pergi ke dealer. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi yang mana aktivitas di luar rumah dibatasi.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Baru 2022 Untuk Dimiliki Pasangan Muda

Kini, membeli mobil bisa dilakukan di mana saja. Hanya bermodalkan koneksi internet serta gadget tinggal klik mobil yang diinginkan, bahkan bisa sambil rebahan.

Nah, bagaimana sih cara beli mobil online? Simak penjelasan step by step berikut ini.

cara beli mobil online

Cek kondisi finansial

Sebelum melakukan pembelian mobil, tentunya kamu harus cek terlebih dahulu bagaimana kondisi finansial saat ini hingga lima tahun ke depan. 

Baca juga: Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Hal itu untuk mengetahui perkiraan kemampuan finansial dalam melunasi pembayaran mobil nantinya. Apakah harus mengambil tenor panjang, atau mungkin sanggup membayar DP hingga 50 persen, dan sebagainya.

Sediakan beberapa opsi mobil

Mungkin kamu sudah memiliki mobil incaran atau yang sudah diidam-idamkan. Tetapi, ada baiknya tetap menyediakan beberapa pilihan lain yang kira-kira sesuai dengan budget yang dimiliki.

cara beli mobil online

Pilih situs terpercaya

Cara beli mobil online terpenting yang harus dilakukan ketika mengunjungi situs penjualan mobil adalah memastikan situs tersebut terpercaya.

Kamu bisa cek apakah situs tersebut milik perusahaan atau perorangan. Lalu, perhatikan pula apakah situs tersebut memiliki kerja sama dengan dealer resmi.

Baca juga: Jenis-jenis Asuransi Mobil dan Cara Mudah untuk Klaimnya

Bila perlu, cek juga review dari pengguna yang sudah pernah melakukan pembelian mobil di situs tersebut.

Beli mobil online di situs terpercaya bisa kamu lakukan di Seva.id yang berada di bawah naungan Astra Financial dan sudah bekerja sama dengan dealer resmi dari Astra Group.

cara beli mobil online

Lakukan simulasi kredit

Setelah itu, lakukan simulasi kredit dengan cara memasukkan merek, model, serta tipe mobil. Jika diperlukan, masukkan juga informasi lainnya seperti pendapatan per bulan, kemudian hitung simulasi.

Simulasi kredit ini wajib dilakukan untuk mengetahui berapa besaran DP, cicilan yang akan dibayarkan setiap bulannya serta lama tenor yang akan diambil. 

Semua hal tersebut dapat disesuaikan dengan kemampuan kredit dari calon pembeli.

Baca juga: Resmi Diluncurkan, BMW 218i Gran Coupé Sport Harganya Menarik!

Di Seva.id, kamu tidak hanya bisa mengetahui besaran dan lama kredit mobil, tetapi juga seberapa besar peluang pengajuan kredit kamu disetujui melalui fitur Instant Approval.

Tentunya, hal tersebut sangat penting untuk diketahui agar proses pengajuan kredit mobil nantinya dapat berjalan lancar.

Kamu hanya perlu memasukkan merek dan tipe mobil yang diinginkan di halaman utama Seva.id, masukkan informasi pendapatan serta usia dan klik “Hitung Simulasi”. 

Setelah itu akan muncul keterangan apakah pengajuan kredit mudah atau sulit. Jika keterangan menunjukkan bahwa pengajuan kredit sulit, Seva.id akan memberikan rekomendasi pilihan mobil yang pengajuan kreditnya lebih mudah.

cara beli mobil online

Cari penawaran terbaik

Meski membeli mobil secara online, jangan lupa untuk melakukan negosiasi supaya mendapatkan penawaran terbaik. 

Baca juga: All New Toyota Voxy Lebih Bertenaga, Nyaman, dan Aman

Bisa jadi ada potongan harga, promo spesial lainnya seperti cicilan bunga rendah, atau bisa juga mendapatkan aksesoris mobil gratis.

Test drive

Bagi yang ingin merasakan langsung pengalaman berkendara dari mobil yang akan dibeli, wajib jadwalkan test drive bersama dengan dealer.

Melakukan test drive bertujuan agar kamu bisa lebih memahami cara kerja fitur-fitur yang ada pada mobil sehingga ketika sudah memiliki dapat digunakan dengan optimal.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Test Drive Mobil Baru

Selain itu, kamu juga bisa bertanya lebih detail mengenai perawatan serta kapan harus melakukan servis berkala.

Dengan melakukan beberapa cara beli mobil online ini, mendapatkan mobil impian jadi lebih mudah dan tidak perlu ribet lagi. Apalagi kalau belinya di Seva.id, dijamin lebih aman.

Yuk, temukan mobil impian dengan penawaran terbaik di Seva.id!