Segini Modal yang Dibutuhkan untuk Membuat Aquascape Cantik

Ingin membuat rumah baru buat ikan hias dengan aquascape? Kira-kira modalnya perlu berapa ya?

aquascape

Memelihara ikan hias adalah hobi yang sudah digemari sejak lama. Namun, sejak pandemi, semakin banyak orang yang memelihara ikan hias.

Untuk itu, tentu dibutuhkan akuarium yang memadai. Kemudian, tampilan akuarium juga ditata sedemikian rupa agar menarik sekaligus menjadi dekorasi yang cantik di rumah.

Hal tersebut dinamakan dengan aquascape, yaitu seni mengatur tanaman, air, batu, karang, dan kayu dalam media berupa akuarium.

Bisa dikatakan, karya ini menjadikan akuarium menyerupai habitat asli dari hewan air yang kamu pelihara.

Baca juga: 8 Cara Mendapatkan Passive Income yang Cocok untuk Anak Muda

Tidak jarang, aquascape dijadikan sebagai bisnis dengan hasil yang menguntungkan, lho. Namun, kira-kira berapa ya modal yang dibutuhkan untuk membuat aquascape?

Bagi kamu yang tertarik, berikut perkiraan modal yang diperlukan serta cara membuat aquascape.

Bahan yang diperlukan untuk membuat aquascape

Ada sejumlah komponen yang perlu dipersiapkan dalam membuat aquascape. Bahan-bahan yang dibutuhkan di antaranya akuarium, pasir, bebatuan, pupuk, saringan, pompa, dan lampu.

Modal yang dibutuhkan sekitar Rp500 ribu hingga Rp 700 ribu bagi pemula atau budget-nya terbatas. Harga akuarium berukuran 60x40x40 bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp200 ribu.

Baca juga: Tips Mengambil Gambar Mobil dengan Smartphone, Dijamin Kece

Bahkan, ada yang menjualnya dengan harga Rp100 ribu, kalau kamu jeli dalam mencarinya. Bisa juga pakai akuarium bekas sebagai wadahnya.

Atau, kamu bisa memanfaatkan akuarium kecil untuk memangkas budget.

Bagian dasar akuarium

Sebelum mengatur bagian dasar akuarium, bersihkan terlebih dahulu menggunakan lap basah.

Setelah itu, letakkan pasir silika dengan ketebalan pasir sekitar 2-3 sentimeter. Pasir silika bisa diperoleh dengan harga sekitar Rp10 ribu-Rp15 ribu per kilogram.

Baca juga: 6 Daftar Smartphone 5G dengan Harga Terjangkau di Indonesia

Bagian pinggir akuarium sebaiknya diberi dasar pasir yang lebih tebal. Lalu, bagian tengah dibuat cekungan untuk tempat pupuk dan karbon aktif.

Tapi jangan lupa, pasirnya dicuci sampai bersih dulu ya.

Letakkan pupuk

Selanjutnya, taburkan pupuk ke dalam cekungan di bagian tengah. Tujuannya agar tanaman yang akan ditaruh di dalam akuarium dapat tumbuh dengan subur.

Satu kantong pupuk dapat diperoleh dengan harga sekitar Rp100 ribuan.

Begitu pupuk sudah ditaburkan, jangan lupa tutup dengan pasir agar tumpukan pupuk tak terlihat dari luar akuarium.

Hias akuarium

Masuk ke tahap paling seru, yaitu menghias akuarium. Kamu bisa menatanya dengan kayu dan bebatuan sesuai dengan preferensi.

Batu hias bisa didapatkan dengan harga yang beragam, sekitar Rp10 ribu sampai Rp50 ribu.

Baca juga: Cara Menyulap Botol Plastik Bekas Jadi Berguna, Bisa untuk Smartphone

Apabila ingin menambah hiasan tanaman, masukkan sedikit air sekitar seperempat akuarium, kemudian tanam tumbuhan secara perlahan. Tanaman hias untuk aquascape harganya sekitar Rp 15 ribu.

Tanaman dan bebatuan sudah tertata rapi, maka akuarium bisa diisi penuh dengan air bersih. Sisakan bagian atas kurang lebih 5 sentimeter.

Pasang peralatan

Terakhir, pasanglah peralatan pendukung, seperti lampu, diffuser CO2, filter dan pompa untuk menjaga keberlangsungan hidup ikan serta tanaman-tanaman di dalamnya. 

Filter bisa didapat dengan harga Rp80 ribuan, diffuser CO2 Rp40 ribu, dan pompa Rp50 ribu-Rp200 ribu, tergantung kekuatan pompa.

Kemudian, tambahkan lampu untuk pencahayaan dan mempercantik tampilan aquascape.

Begitu aquascape sudah jadi, tinggal isi dengan berbagai macam ikan hias. Kalau ditotal secara keseluruhan, modal yang dibutuhkan untuk aquascape sekitar Rp545 ribu.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba seni aquascape? Bagi yang mau mencoba, jangan lupa dirawat secara rutin ya!