Rekomendasi Mobil Toyota dengan Fitur Toyota Safety Sense

Fitur Toyota Safety Sense adalah jawaban Toyota yang concern pada keselamatan berkendara. Apa saja sih mobil yang dijejali fitur tersebut?

fitur toyota safety sense

Fitur Toyota Safety Sense (TSS) yang dikeluarkan Toyota ini dirancang untuk memberikan peringatan dini kepada pengemudi ketika mobil berada dalam keadaan tidak aman atau bahaya.

Dalam sejarahnya, Toyota Safety Sense sudah dikembangkan sejak tahun 1960. Toyota saat itu menciptakan sebuah inovasi fitur keselamatan Analogically Controlled ABS yang disematkan pada Toyota Crown.

Sementara di era modern, TSS merupakan kesatuan dari beberapa fitur keselamatan keselamatan seperti,  Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), Automatic High Beam (AHB), Blind Spot Monitor (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan yang lainnya.

Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik dengan Harga di Bawah 300 Juta

Dengan fitur TSS, potensi bahaya dalam berkendara baik untuk pengemudi maupun penumpang bisa berkurang. Tertarik memiliki mobil dengan fitur tersebut? Berikut rekomendasi mobil Toyota dengan fitur Toyota Safety Sense.

fitur toyota safety sense

Toyota Corolla Altis 

Mobil Toyota pertama yang sudah memiliki fitur Toyota Safety Sense adalah Toyota Corolla Altis. Beberapa fitur keselamatan yang ada di Toyota Corolla Altis adalah Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Automatic High Beam (AHB), dan fitur Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).  

Dari 4 sistem yang tersemat pada mobil ini, semuanya mampu memberikan peringatan dini kepada pengemudi.Untuk harga Toyota Corolla Altis berada di kisaran Rp 460-524 juta.

toyota raize

Toyota Raize

Pada Toyota Raize 1.0 T GR Sport TSS terdapat 6 airbags dan tentu saja memiliki fitur Toyota Safety Sense. Harga yang ditawarkan Toyota Raize adalah Rp 230-302 juta. 

Baca juga: Standar Emisi Euro 4 Mulai Berlaku, Apa Bedanya?

Sistem TSS pada Toyota Raize meliputi fitur Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, Rear Cross Traffic Alert & Blind Spot Monitor, serta Pedal Misoperation Control.

mobil terbaik untuk mudik

Toyota Avanza dan Toyota Veloz

Toyota Avanza dan Toyota Veloz generasi terbaru juga sudah dibekali TSS, khususnya pada varian Toyota Avanza G CVT TSS dan Toyota Veloz Q CVT TSS

Fitur TSS yang ada di Toyota Avanza dan Toyota Veloz terdiri dari 4 komponen,di antaranya adalah Pre-Collision Warning and Braking, Pedal Misoperation Control,  Lane Departure Warning and Prevention, serta Front Departure Alert. 

fitur toyota safety sense

Toyota Alphard dan Toyota Vellfire

Toyota juga menyematkan TSS pada mobil Toyota Alphard dan Toyota Vellfire. TSS terdiri dari fitur safety dalam bentuk Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Automatic High Beam (AHB).

Selain itu Alphard dan Vellfire juga sudah dilengkapi dengan fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan Intelligent Clearance Sonar (ICS).

Baca juga: Cara Menentukan dan Menghitung DP Mobil Sesuai Budget

Lebih lanjut, fitur Adaptive Cruise Control (ACC) pada keduanya juga mengalami penyempurnaan yang dapat diaktifkan sejak kecepatan 0 kilometer per jam. ACC sendiri merupakan bagian dari fitur Toyota Safety Sense yang sudah diaplikasikan pada Alphard dan Vellfire sejak awal tahun 2020 lalu.

toyota camry

Toyota Camry Hybrid 

Sebagai salah satu sedan premium dari Toyota, Toyota Camry Hybrid dibekali fitur safety paling canggih yaitu Toyota Safety Sense 2.

Fitur TSS yang terdapat di Toyota Camry Hybrid terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) with Curve Speed Reduction, dan Lane Tracing Assist (LTA). 

Baca juga: Perbedaan SUV Ladder Frame dan Monocoque

Termasuk juga Automatic High Beam (AHB) guna memberi kenyamanan serta keamanan kepada pengemudi dalam berkendara. 

toyota voxy

Toyota Voxy

Dengan Mengandalkan sensor dan radar, MPV premium yang sering disebut baby Alphard atau baby Vellfire ini menggunakan TSS 3.0 dengan sistem sensor dan radar.

TSS 3.0 pada Toyota Voxy terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Automatic High Beam (AHB).

Baca juga: Mengecek Mobil Baru, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Selain itu ada juga beberapa fitur safety baru seperti New Electric Parking Brake (EPB) and Auto Brake Hold Button, New Convenient Panoramic View Monitor, dan Complete SRS Airbag. 

Tertarik memilikinya sebagai kendaraan keluarga? Harga Toyota Voxy ini mulai di angka Rp 558.200.000 untuk on the road Jakarta dan hanya tersedia satu varian saja.

fitur toyota safety sense

Toyota Land Cruiser

Mobil SUV gagah dan tangguh yang diluncurkan di Indonesia pada Januari 2022 ini juga menggendong fitur Toyota Safety Sense.

Fitur TSS pada Toyota Land Cruiser seperti Pre Collision System (PCS, Lane Departure Alert (LDA), Rear Camera Detection (RCD), Adaptive High Beam System (AHS), serta Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).

Baca juga: Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Ada Saat Ini

Sekarang kamu bisa beli mobil Toyota online yang sudah dilengkapi dengan fitur TSS dan varian lainnya sesuai kebutuhan di SEVA.

Kalau beli mobil online di SEVA, kamu bisa memanfaatkan fitur SEVA Instant Approval. Dengan fitur ini, kamu akan mendapatkan rekomendasi perhitungan kredit mobil baru impian yang menyesuaikan dengan kemampuan finansialmu. 

Yuk bawa pulang mobil impian yang Jelas Dari Awal, sudah pasti belinya di SEVA!