Penyebab Mobil Overheat Saat Digunakan Perjalanan Jauh

Kira-kira apa saja sih penyebab mobil overheat? Supaya tidak overthinking, yuk simak penjelasannya berikut ini!

mobil overheat

Ada banyak penyebab mobil overheat yang bisa saja terjadi ketika kamu sedang melakukan perjalanan jauh. Kondisi ini seringkali membuat panik karena terkadang diiringi dengan asap yang keluar dari bagian mesin. 

Overheat sendiri merupakan situasi yang terjadi ketika mesin mobil mencapai titik temperatur yang tinggi sehingga menyebabkan berbagai masalah, misalnya adalah mesin yang mati secara tiba-tiba. 

Jadi untuk para pemilik mobil, usahakan untuk selalu melakukan perawatan mobil agar tidak sampai mengalami overheat. Berbagai faktor bisa menjadi penyebab mobil overheat. Apa saja?

radiator

Radiator yang rusak

Penyebab mobil overheat adalah karena kerusakan pada bagian radiator. Padahal, radiator berfungsi untuk menjaga suhu mobil agar tetap stabil.

Baca juga: Kelebihan Penggerak Roda Depan pada MPV Masa Kini

Radiator yang mengalami masalah, akan menyebabkan mesin mobil jadi ikut bermasalah. Permasalahan yang sering terjadi ketika radiator rusak diantaranya selang air radiator mobil yang bocor, penggunaan cairan radiator yang tidak tepat dan sirkulasi air radiator yang tidak lancar.

Mobil yang overheat karena selang radiator yang bocor, sebaiknya langsung membawa ke bengkel yang resmi dan terpercaya. Agar mesin tidak cepat panas, bisa menggunakan cairan khusus radiator seperti cooler. 

Jangan lupa juga untuk mengganti cairan khusus radiator setiap mobil mencapai 20.000 kilometer. 

oli tidak sesuai

Oli yang tidak sesuai standar

Penggunaan oli yang tidak sesuai dengan standar bisa menjadi penyebab mobil overheat. Oli mobil dengan kualitas buruk biasanya tidak tahan panas sehingga akan cepat menguap. 

Baca juga: Efek Sering Ganti BBM Bagi Mesin Mobil

Oli yang tidak sesuai standar itu akan menyebabkan mesin mobil mengalami gesekan yang kuat dan membuat mesin mobil menjadi terlalu panas. Jika dibiarkan saja, mobil akan mengalami kerusakan. 

Agar hal ini tidak terjadi, selalu waspada jika membeli oli dengan harga yang murah dan tidak sesuai standar. Disarankan untuk membeli jenis oli yang memang sudah sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil dan spesifikasi mobil.

mobil overheat

Thermostat yang tidak berfungsi

Thermostat berfungsi untuk mengatur cairan pendingin yang ada pada mesin mobil. Komponen ini memiliki fungsi yang sangat penting, bahkan sering disebut sebagai otak radiator. 

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Test Drive Mobil Baru

Saat suhu rendah, thermostat akan mengatur agar air tidak meninggalkan radiator. Sedangkan saat suhu tinggi, thermostat mengatur agar air masuk ke dalam mesin. 

Jika thermostat mengalami kerusakan atau tidak berfungsi, maka tidak ada yang mengatur proses keluar masuk air dari radiator ke mesin. Hal ini akan berdampak pada mesin mobil yang akan cepat panas. 

kipas pendingin

Tidak berfungsinya kipas pendingin

Penyebab lainnya mobil overheat adalah kipas pendingin yang tidak berfungsi. Kipas pendingin berfungsi untuk menyedot udara dingin dari luar.

Baca juga: All New Toyota Voxy Lebih Bertenaga, Nyaman, dan Aman

Kipas pendingin yang rusak akan menyebabkan udara luar yang dingin tidak bisa memasuki mesin mobil. Hal ini tentunya membuat mesin mobil akan menjadi lebih cepat panas. 

Rusaknya kipas ini bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari masalah pada dinamo yang menggerakkan kipas hingga pemasangan kipas yang terbalik, sehingga menyedot udara panas. 

Jadi, jika mobil kamu mengalami overheat sebaiknya langsung segera periksa apa penyebabnya, dan jangan lupa juga untuk membawanya ke bengkel yang terpercaya ya.