Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh, Begini Caranya!

Tidak perlu khawatir lagi karena ternyata mobil LCGC kuat nanjak juga lho. Bagaimana caranya, yuk simak tips berikut ini!

mobil lcgc

Banyak orang yang mungkin tidak yakin kalau mobil LCGC kuat nanjak. Padahal, sebenarnya mobil jenis ini bisa melewati tanjakan selama memang tahu cara-caranya. 

Mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC) ini biasanya memiliki mesin dengan kapasitas 1.000 cc dan 1.200 cc. Dengan mesin yang tidak terlalu besar tersebut, mobil LCGC seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Toyota Calya, maupun Daihatsu Sigra biasanya hanya dipakai pada medan jalan yang rata atau di perkotaan saja. 

Adanya aturan terbaru mengenai mobil LCGC yang dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 3 persen dikhawatirkan membuat penjualannya menurun. Namun nyatanya aturan tersebut tidak berdampak terlalu besar pada penjualan mobil-mobil LCGC. 

Pemerintah memberikan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) untuk menjaga pertumbuhan industri otomotif nasional akibat adanya pandemi covid-19. 

Aturan PPnBM DTP tersebut dianggap berhasil membangun gairah pasar dan meningkatkan permintaan pasar akan mobil-mobil jenis LCGC ini.

Baca juga: Cara Mengatasi Ngantuk Saat Mengemudi di Perjalanan Jauh

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) pada Kuartal I di Tahun 2022 mobil-mobil LCGC seperti Toyota Agya-Calya serta Daihatsu Sigra-Ayla mengalami peningkatan. 

Daihatsu Sigra memimpin penjualan di Kuartal I/2022 dengan total penjualan sebanyak 10.334 unit. Kemudian selanjutnya ada Toyota Calya yang berhasil terjual sebanyak 6.975 unit. 

Sedangkan untuk Toyota Agya dan Daihatsu Ayla mencatatkan penjualan sebanyak 5.001 unit dan 4.406 unit. Dengan penjualan yang cukup banyak tersebut, tidak perlu khawatir lagi mengenai ketangguhan mobil LCGC. 

Agar mobil LCGC kuat nanjak, yuk simak cara-caranya berikut ini: 

mobil LCGC kuat nanjak

Ambil ancang-ancang

Hal pertama agar mobil LCGC kuat nanjak adalah dengan persiapan terlebih dahulu. Jangan langsung terburu-buru ketika mobil akan melakukan tanjakan, lakukan persiapan dengan tenang. 

Baca juga: Arti Indikator ECO yang Sering Ada di Mobil Zaman Now

Pada mobil dengan transmisi manual, ambil ancang-ancang terlebih dulu barulah kemudian masukkan gigi 1 pada transmisi. Untuk mobil dengan transmisi matic, posisikan tuas transmisi ke posisi L atau 1 lalu pertahankan sampai ujung tanjakan. 

persneling

Gigi bertingkat

Pada mobil transmisi manual, setelah memasukkan gigi 1 pada transmisi, gas sampai 3.500 RPM. Kemudian geser tuas transmisi ke gigi 2 kemudian pertahankan di RPM 3.500-4.000 hingga sampai ke ujung tanjakan. 

Cara ini berguna supaya mobil tidak kehabisan tenaga di tengah jalan. Jika mesin mati di tengah tanjakan tentu akan berbahaya. 

Baca juga: Anti Gagal Saat Melakukan Ujian SIM A, Ini Tips dan Syaratnya!

Setelah itu lepas kopling setengah dan turunkan rem tangan pelan-pelan diikuti dengan melepas kopling secara perlahan sampai terlepas sepenuhnya. Jika masih kurang yakin, kamu tidak perlu geser gigi ke gigi 2 dan 3. Kamu bisa pertahankan gigi 1 sampai atas.

mengecek mobil baru

Jangan panik

Lakukan semua cara tersebut dengan tenang dan jangan panik. Rasa panik dan grogi akan mengurangi konsentrasi ketika sedang menyetir. 

Pada transmisi manual, jika mobil kehilangan tenaga dan mesin mati di tengah tanjakan maka segera tarik tuas rem tangan lalu masukkan gigi ke transmisi 1.   

daya angkut

Daya angkut 

Selain cara mengemudi yang tepat, agar mobil LCGC kuat nanjak harus memperhatikan beban yang dibawa. Mobil jenis ini tentunya memiliki daya angkut yang tidak terlalu besar, maksimal adalah 5 penumpang. 

Baca juga: Shockbreaker Mobil Bocor, Apa Dampak dan Bahayanya

Menurut Sonang Elyas, sebagai salah satu pengguna mobil LCGC ketika muatan mobil penuh atau berlebihan maka yang terjadi adalah tarikan mesin mobil akan melemah. Itulah yang mungkin jadi penyebab pengguna mobil LCGC merasa kewalahan saat berada di tanjakan.

Jika muatan mobil tidak berlebihan, berdasarkan pengalaman Sonang, tidak ada kesulitan yang dirasakan ketika menggunakan mobil LCGC di tanjakan. 

Jadi, jangan khawatir ya buat kamu yang ingin memilih mobil LCGC sebagai kendaraan andalan. Sebelum membelinya, bisa mengunjungi SEVA untuk mengetahui harga-harga dari mobil LCGC. 

Selain harga mobilnya, buat yang ingin membeli secara kredit SEVA juga menyediakan simulasi kredit cicilan mobil yang bisa disesuaikan dengan kemampuanmu. Jangan lupa, gunakan fitur Instant Approval untuk pembelian yang lebih cepat, aman, dan mudah. 

Tunggu apalagi, yuk pilih yang Jelas dari Awal hanya di SEVA!