Mobil Brebet Saat Digas, Apa Sih Penyebabnya?

Penyebab terjadinya mobil brebet saat sedang digas ada berbagai macam. Apa saja penyebabnya? Ayo cari tahu!

mobil brebet

Para pengguna, mungkin pernah mengalami mobil brebet. Hal ini tentunya bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan dan tentunya bisa sangat mengganggu. 

Jika hal ini terjadi, segera lakukan pengecekan kondisi mesin mobil. Mengingat mobil brebet ini bisa terjadi karena berbagai alasan. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya: 

bahan bakar habis

Bahan bakar hampir habis

Penyebab terjadinya mesin mobil brebet ketika digas adalah bahan bakar yang sudah hampir habis. Biasanya hal ini terjadi ketika lupa mengisi bahan bakar dan indikator bensin sudah menunjukkan tanda empty ā€˜Eā€™.

Baca juga: Hal yang Bakal Kejadian Kalau Lupa Menurunkan Hand Brake

Terjadinya brebet karena BBM tidak mencukupi untuk pembakaran yang ada di dalam ruang bakar. Solusinya tentu saja dengan mengisi tangki bahan bakar. 

Namun jika merasa bahan bakar masih cukup tetapi mobil masih brebet, bisa saja karena berbagai hal, seperti injektor yang tersumbat atau karburator yang kotor. Ada baiknya di bawa ke bengkel untuk dilakukan perawatan berkala.

filter bensin

Filter bahan bakar kotor

Filter bahan bakar berfungsi untuk menyaring bahan bakar masuk ke ruang mesin. Jika bagian ini kotor, maka akan menyebabkan mobil brebet. 

Baca juga: Apa Bedanya Salon Mobil, Auto Detailing, dan Bengkel Mobil?

Bahan bakar yang kurang bersih akan membuat proses pembakaran kurang optimal. Nah, proses pembakaran yang kurang optimal inilah yang membuat mesin mobil brebet saat digas.

Untuk itu, sebelum menggunakan mobil sebaiknya melakukan pengecekan filter bahan bakar. Pada umumnya, mobil memiliki 2 filter, sebaiknya keduanya dicek. 

Jika memang terlihat ada kotoran, segera bersihkan atau sekalian diganti. Agar proses pembersihan maksimal pastikan kamu menguras bahan bakar terlebih dulu sebelum membersihkan filter. 

busi kotor

Kondisi busi rusak

Banyak pengendara yang mungkin tidak rutin mengecek kondisi busi mobil mereka. Padahal, kondisi busi yang rusak juga bisa membuat mobil brebet. 

Baca juga: 5 Kelebihan Mesin Turbo di Mobil-Mobil Masa Kini

Agar hal tersebut tidak terjadi, ada baiknya untuk mengecek busi kondisi busi kendaraan. Jika dirasa sudah hitam atau gosong sebaiknya diganti dengan busi yang baru. 

Tidak hanya rusak saja, kondisi busi yang sudah masuk usia penggantian atau tidak sesuai dengan standar juga bisa menyebabkan mesin mobil terasa tersendat-sendat saat pedal gas diinjak.

Ingat, semua komponen yang dipasang pada mobil harus sesuai dengan standar. Jika tidak, maka kinerja mobil pun tidak akan optimal.

bahan bakar

Kualitas bahan bakar tidak sesuai

Bahan bakar yang tidak sesuai kualitasnya dengan mobil yang digunakan juga bisa membuat mobil brebet. Untuk menghindarinya, ketahui terlebih dulu jenis bahan bakar yang sesuai dengan mesin mobil. 

Baca juga: Efek Bila Mobil Menggunakan Ban Balap untuk Rutinitas

Setiap bahan bakar punya kandungan oktan yang beragam. Ada bensin dengan oktan 90, oktan 92 dan 98. Contoh untuk mobil-mobil LCGC seperti Toyota Agya, Toyota Calya, Daihatsu Ayla, dan Daihatsu Sigra wajib menggunakan bensin oktan 92. 

mobil iverheating

Mesin dalam kondisi overheat

Mobil brebet bisa terjadi karena mesin mengalami overheat atau terlalu panas. Hal ini akan menyebabkan kecepatan mobil menjadi menurun. 

Bila sudah terjadi, pedal gas mobil akan kehilangan kekuatannya. Laju mesin pun akan menjadi tersendat-sendat seolah tidak memiliki tenaga. 

Baca juga: 5 Tempat Favorit untuk Belajar Mengemudi Mobil, Mau Coba?

Penyebab mesin mobil overheat biasanya adalah radiator yang bermasalah karena air menipis atau bahkan habis. Air radiator sendiri memang berfungsi sebagai agen pendingin untuk menjaga kestabilan temperatur mesin.

Sebagai solusinya, harus segera mengisi ulang air radiator. Pastikan selalu menggunakan air radiator atau radiator coolant yang sesuai kebutuhan mesin.

Apabila sudah paham mengenai beberapa penyebab mobil brebet saat digas, yuk ketahui harga-harga mobil melalui SEVA. Tidak hanya harganya saja, di SEVA juga kamu bisa mencari tahu simulasi cicilan mobil. 

Baca juga: Cara Mengendarai Mobil Matic Bagi Pemula, Tetap Hati-hati!

Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah SEVA Instant Approval. Fitur ini bisa memberikan rekomendasi perhitungan kredit mobil baru impian yang kamu inginkan.

Ayo bawa pulang mobil impian yang Jelas Dari Awal, sudah pasti belinya di SEVA!