Menentukan Tenor dan Cicilan Kredit Mobil Baru yang Ideal

Gimana sih cara menentukan tenor dan cicilan kredit mobil baru agar sesuai dengan budget? Penjelasan selengkapnya di artikel berikut.

tenor dan cicilan kredit

Mungkin ketika ingin beli mobil baru, kamu bingung menentukan tenor dan cicilan kredit yang tepat agar menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Menentukan masa tenor yang tepat merupakan hal yang sangatlah penting karena akan berpengaruh terhadap besaran cicilan yang akan dibayarkan setiap bulannya.

Baca juga: Perhatikan Hal-Hal Ini Saat Memilih Kredit Mobil Terbaik

Dengan begitu, kamu dapat mempersiapkan kondisi finansial agar nantinya dapat mengajukan kredit dengan mudah dan mampu melunasi pembayaran mobil baru.

Lantas, bagaimana sih cara menentukan tenor dan cicilan kredit mobil baru yang ideal? Berikut penjelasannya.

tenor dan cicilan kredit

Tenor panjang atau pendek

Umumnya, lembaga pembiayaan menawarkan masa tenor kredit mobil mulai dari 1 tahun hingga 6 tahun. Tetapi, sebagian besar pembeli mobil memilih tenor antara 3 sampai 5 tahun.

Baca juga: 4 Keuntungan Beli Mobil Kredit, Apa Saja Ya?

Ada sejumlah hal yang perlu kamu pertimbangkan berdasarkan lama tenor yang diambil, apakah memilih tenor panjang atau pendek.

Kelebihan mengambil kredit mobil dengan tenor panjang adalah dari cicilan kredit yang dibayarkan per bulan menjadi lebih ringan. 

Tetapi, dengan catatan suku bunga yang dikenakan akan lebih tinggi sehingga jumlah bunga yang dibayarkan jadi lebih tinggi.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan untuk Kredit Mobil Baru

Sedangkan jika mengambil kredit mobil dengan tenor pendek, suku bunga yang dikenakan bisa lebih rendah. Namun, besaran cicilan per bulannya jadi lebih besar dan biasanya biaya DP pun juga ikut besar minimal 30 persen.

Nah, kira-kira sebaiknya pilih tenor panjang atau pendek? Kredit mobil dengan tenor panjang cocok bagi yang ingin membeli mobil baru tetapi memiliki dana terbatas karena cicilannya yang ringan.

Sementara bagi yang sering gonta-ganti mobil, lebih cocok mengambil kredit dengan tenor pendek sehingga ketika sudah ingin mengganti mobil baru, kredit mobil sebelumnya sudah lunas terbayar.

tenor dan cicilan kredit

Tentukan besaran DP

Dalam menentukan tenor dan cicilan kredit mobil baru, juga dipengaruhi oleh besaran DP atau uang muka. DP sendiri merupakan pembayaran dengan jumlah nominal tertentu yang harus dibayarkan di awal ketika membeli sesuatu.

Baca juga: Apa Saja Syarat Kredit Mobil Baru yang Harus Disiapkan?

Membayar DP di awal pembelian mobil baru bisa dikatakan sebagai komitmen atau kesepakatan agar dalam prosesnya terhindar dari tindakan penipuan.

Besaran DP sendiri tergantung dari kebijakan dari lembaga pembiayaan. Biasanya ada batas mininum dan maksimum yang sudah ditentukan. Ada yang minimal 15 persen, 20 persen, 25 persen, dan 30 persen.

Keuntungan membayar DP besar, cicilan per bulan yang akan dibayarkan jadi semakin ringan dan tingkat bunganya juga lebih rendah.

Baca juga: Step by Step Cara Beli Mobil Online

Sedangkan jika memilih membayar DP ringan, maka besaran cicilan per bulan tentunya jadi lebih besar. Tetapi, keuntungannya proses pembelian mobil baru bisa dilakukan dengan lebih cepat dan cocok bagi yang dananya terbatas.

Jadi, menentukan tenor dan cicilan kredit mobil baru yang ideal sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan finansial kamu saat ini. Kalau beli mobil di SEVA, kamu bisa memanfaatkan fitur Instant Approval.

Kamu akan mendapatkan rekomendasi perhitungan kredit mobil baru impian menyesuaikan dengan kemampuan finansial. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui apakah peluang pengajuan kredit mobil mudah atau sulit sehingga proses pembelian mobil Jelas Dari Awal.

Baca juga: SEVA 2.0 Hadir Perkenalkan Fitur Instant Approval

Khusus di periode 30 Maret-30 April 2022, kamu bisa menikmati berbagai promo bunga mulai 0 persen, cashback 1 juta, gratis layanan Garda Health Tech hingga 3,2 juta, dan gratis TJH hingga 10 juta.

Ada juga promo lainnya seperti trade in cashback 3 juta, cashback AstraPay 100 ribu, special discount unit, dan diskon 30 persen di restoran Hotel Mandarin.

Pas banget untuk Ramadan dan Lebaran! Yuk bawa pulang mobil impian yang Jelas Dari Awal, udah pasti belinya di SEVA!