Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Liburan dan Mudik

Saat perjalanan pasti ada saja risiko yang mengintai, untuk mengantisipasi hal tersebut ada baiknya kamu memiliki asuransi perjalanan.

Asuransi perjalanan memiliki peran yang sangat penting untuk kamu yang gemar travelling atau untuk perjalanan mudik nanti.

Dengan asuransi ini kamu tidak perlu risau lagi apabila saat di perjalanan nanti mengalami hal-hal yang tidak terduga. Dengan begitu, perjalanan akan terasa aman dan nyaman.

Baca juga: Efek Sering Gonta Ganti Jenis Oli Mesin

Kalau masih ragu, berikut berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Perlindungan medis

Berbagai hal tidak terduga bisa saja terjadi saat sedang dalam perjalanan, seperti kecelakaan atau penyakit bawaan yang tiba-tiba saja kambuh. 

Resiko-resiko tersebut juga bisa saja terjadi saat sedang perjalanan ke luar negeri. Jika sudah begitu, kamu tentu harus segera mendapatkan perawatan medis. 

Ingat, biaya perawatan rumah sakit di luar negeri terbilang cukup mahal. Namun, jika kamu menggunakan asuransi perjalanan maka hal tersebut bukan lagi sebuah kerisauan. 

Baca juga: Biaya Modifikasi Sedan dengan Konsep Mewah dan Elegan

Semua biaya perawatan medis akan ditanggung oleh pihak asuransi perjalanan nantinya. Jadi, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan perasaan yang nyaman dan tenang.

Pembatalan perjalanan dan kompensasi keterlambatan

Asuransi perjalanan juga akan sangat berguna ketika kamu ingin melakukan liburan menggunakan transportasi umum lalu terjadi pembatalan atau keterlambatan perjalanan.

Misal kamu sedang bepergian menggunakan transportasi umum seperti pesawat, lalu terjadi penundaan penerbangan yang disebabkan cuaca buruk.

Baca juga: Cara Menentukan dan Menghitung DP Mobil Sesuai Budget

Dengan asuransi ini, apabila terjadi pembatalan atau keterlambatan perjalanan, kamu akan diberikan kompensasi, bisa berupa biaya transportasi alternatif atau gratis penginapan di hotel dan bentuk kompensasi lainnya tergantung dari perusahaan asuransi tersebut.

Kerusakan atau kehilangan bagasi

Perjalanan akan jadi sangat tidak nyaman apabila bagasi yang berisi yang barang-barang penting mengalami kerusakan atau bahkan hilang.

Baca juga: Tips Atur Barang di Bagasi Mobil Untuk Mudik

Jangan panik, karena asuransi perjalanan juga akan memberikan ganti rugi atau melakukan penggantian atas kerugian yang kamu alami. 

Jadi, jika terjadi kerusakan atau kehilangan bagasi ada baiknya kamu langsung mengajukan klaim atas kerugian yang dialami agar mendapatkan kompensasi dari pihak asuransi.

Sumbangan atas kematian

Risiko kematian bisa saja terjadi kapanpun, seperti saat sedang dalam perjalanan liburan atau mudik.

Baca juga: Terjebak Macet di Tanjakan saat Mudik, Sebaiknya Pakai Rem Apa?

Apabila seseorang mengalami kematian saat dalam perjalanan, maka pihak asuransi akan memberikan kompensasi atau uang pertanggungan kepada pihak keluarga yang ditinggalkan.

Menanggung kerugian akibat bencana alam dan terorisme

Risiko terkena bencana alam atau adanya aksi terorisme juga bisa terjadi kapanpun, tidak terkecuali saat sedang dalam perjalanan. Bukan cuma mengganggu keamanan, hal ini juga sangat merugikan.

Tapi kamu tidak perlu risau lagi, karena semua kerugian tersebut akan ditanggung oleh asuransi perjalanan. Adapun yang akan diberikan untuk pertanggungan berupa finansial dari pihak asuransi.

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil Terbaik untuk Perjalanan Jauh dan Mudik

Bagaimana? Ternyata banyak bukan manfaatnya? Dengan asuransi perjalanan, kamu tidak perlu merasa khawatir lagi soal kenyamanan dan keamanan saat dalam perjalanan liburan maupun mudik nanti.