Kenali Ciri-Ciri Mobil Akan Mogok Saat Digunakan

Mesin yang mati mendadak bisa jadi ciri-ciri bahwa mobil akan mogok. Selain itu, apa saja saja ya yang lainnya? Yuk cari tahu

mobil akan mogok

Mobil akan mogok akan memberikan pertanda yang bisa dirasakan pengemudi. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya pemilik mobil selalu melakukan perawatan rutin terhadap seluruh komponen mobil. 

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini yang mengenai ciri-ciri mobil akan mogok, seperti berikut ini.

Tarikan mesin lemah

Ciri pertama jika mobil akan mogok adalah tarikan mesin mobil yang menjadi lebih lemah dari biasanya. Jika ini terjadi, pengemudi mobil harus segera waspada terutama ketika pengemudi mobil berada di tengah jalan. 

Baca juga: Risiko yang Mengintai Jika Mobil Jarang Servis

Faktor penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari bahan bakar yang sudah menipis, masalah pada filter bensin, dan faktor-faktor lainnya. 

Injakan pada pedal gas atau kopling yang berbeda dari biasanya dapat menjadi pertanda mobil akan mogok. Perhatikan juga suara mesin ketika mulai menyalakan mesin yang akan berbeda dari keadaan normal 

mobil akan mogok

Laju mobil tersendat

Tarikan mesin mobil yang melemah pada akhirnya akan menyebabkan laju mobil menjadi tersendat. Mobil yang tersendat-sendat ini menjadi ciri yang paling sering dialami oleh pengendara ketika mobil akan mogok. 

Baca juga: Kriteria dan Jenis Mobil Investasi di Masa Depan

Penyebab laju mobil tersendat karena mobil tidak mendapatkan tekanan bahan bakar yang stabil sehingga suplainya terputus-putus. 

Ada pula penyebab lain dari lemahnya tarikan mobil, mulai dari bahan bakar yang berkurang, pompa bensin tersumbat, mobil mengalami overheat, dan lain-lain. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan mobil yang tersendat sehingga bisa mogok sewaktu-waktu. 

pengapian kosong

Pengapian kosong

Ciri berikutnya adalah pengapian mobil terasa kosong. Mesin mobil akan sulit dinyalakan saat pertama kali jika pengapian atau busi bermasalah. 

Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik dengan Harga di Bawah 300 Juta

Hal ini juga merupakan salah satu penyebab mobil berjalan tersendat dan knalpot menembak. Pengapian yang kosong dan busi mulai rusak juga menyebabkan kompresi mobil bermasalah.

Jika central elektroda pada busi tidak bekerja dengan normal, maka mesin mobil pasti tidak akan menyala. Central elektroda adalah komponen terhubung dengan terminal kepala busi melalui konektor internal, yang terbungkus oleh keramik insulator. 

ac tidak dingin

AC menjadi tidak dingin

Tanda lainnya bahwa mobil akan mogok adalah AC yang tidak sedingin keadaan normal. Melemahnya daya pada sistem kelistrikan mobil menjadi penyebab AC menjadi tidak dingin. 

Baca juga: Budget Modifikasi Mobil yang Nyaman Dipakai Harian

Penyebab lain mobil mogok adalah kualitas aki yang ada pada mobil. Untuk menghindarinya, lakukan pengecekan aki secara berkala pada mobil, seperti pada bagian kabel dan intensitas air aki. 

lampu redup

Lampu mobil redup

Tanda yang terakhir jika mobil akan mogok adalah lampu-lampu mobil mulai redup. Hal ini disebabkan karena sistem kelistrikan mobil yang terganggu dan pengapian mobil yang kosong. 

Baca juga: Mengecek Mobil Baru, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Dua hal tersebut sangat berpengaruh terhadap terang atau tidaknya lampu mobil. Aki yang sudah mulai soak juga akan menunjukkan gejala lampu yang redup. Sebaiknya cek kondisi aki jika menemui gejala ini dan cek voltasenya.

Jika kamu mengendarai mobil hampir setiap hari dan sering melakukan perjalanan jauh, agar tidak mengalami mobil mogok, jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi mobil secara berkala dan rutin servis di bengkel resmi ya.