IIMS 2022, Toyota Kenalkan Kijang Innova EV Concept

IIMS 2022 jadi ajang Toyota untuk kenalkan teknologi baru termasuk mobil listrik konsep. Ini dia wujud Kijang Innova EV Concept!

IIMS 2022

Pada IIMS 2022, PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperkenalkan Kijang Innova EV Concept yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik sebagai penggerak. 

Ya, kehadiran kendaraan elektrifikasi di Indonesia juga mendapat respon yang positif. Hingga saat ini, secara total Toyota Indonesia telah memiliki 11 model kendaraan elektrifikasi. 

Melalui berbagai model tersebut, Toyota telah berhasil menjual lebih dari 5.800 unit kendaraan elektrifikasi di Indonesia dan diperkirakan memberi kontribusi terhadap pengurangan emisi CO2 sekitar 15.000 ton.

Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik dengan Harga di Bawah 300 Juta

Tidak hanya itu, TAM secara resmi juga mengumumkan, mulai April 2022 semua tipe kendaraan Toyota yang menggunakan bahan bakar diesel telah memenuhi standar emisi Euro 4.

Indonesia International Motor Show 2022 (IIMS) sendiri berlangsung sejak 31 Maret hingga 10 April 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Di IIMS 2022, Toyota menempati area seluas 952 meter persegi dengan memamerkan 11 mobil andalan seperti, seperti Agya, Veloz TSS, Raize, Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, All New Voxy, dan Avanza TSS

Baca juga: Komponen Mobil yang Wajib Dicek Jelang Ramadan 2022

Selain itu ada juga kendaraan elektrifikasi seperti Prius PHEV, C+pod, New Corolla Altis HEV, Corolla Cross HEV, Camry HEV, serta yang paling spesial adalah Kijang Innova EV Concept.

Lantas bagaimana wujud dan detail dari Kijang Innova EV Concept?

Kijang Innova EV

Eksterior Kijang Innova EV Concept

Secata bentuk dan dimensi Kijang Innova EV Concept hampir tidak ada bedanya dengan Toyota Kijang Innova yang menggunakan bahan bakar bensin dan solar.

Hanya pada bagian depan, khususnya grille, sudah tidak ada lagi kisi-kisi yang mengalirkan udara ke radiator.

Baca juga: Perhatikan Hal-Hal Ini Saat Memilih Kredit Mobil Terbaik

Untuk warna, Kijang Innova EV Concept atau Kijang Innova listrik ini juga diberikan warna khusus, yakni Super White 2 dengan penambahan striping perpaduan warna hitam dan biru di bodi samping.

Tidak lupa, sebagai identitas kendaraan elektrifikasi Toyota, mobil ini menggunakan emblem logo dengan pendaran warna biru serta tambahan emblem EV di samping, dan emblem “electric” di pintu belakang

Perbedaan lain terdapat pada lampu belakangnya menggunakan mika berwarna bening dengan list warna biru yang mengelilingnya.

Kijang Innova EV

Interior Kijang Innova EV Concept

Sayangnya dalam gelaran IIMS 2022, pengunjung tidak dapat merasakan secara langsung bagaimana interior Kijang Innova EV Concept. Namun untungnya, tetap dapat melihatnya secara langsung dari jendela.

Baca juga: Kredit Mobil Baru Cicilan 3 Jutaan, Apa Pilihannya?

Dari yang terlihat, perbedaan utama di dalam interior ada pada konsol tengahnya. Tuas transmisi yang ada pada Toyota Kijang Innova kini diganti dengan tombol D, B, N, R.

Lalu joknya di balut dengan bahan kombinasi warna putih dan hitam, serta adanya tambahan emblem EV pada sandaran kepala dan pada bagian karpet sebagai identitasnya.

Jok baris kedua memakai model captain seat seperti yang digunakan pada Toyota Innova Venturer dan tetap tersedia jok baris ketiga. Artinya Kijang Innova EV Concept  tetap dapat mengangkut 7 penumpang.

Kijang Innova EV

Penggerak Kijang Innova EV Concept

Kijang Innova EV Concept menggunakan basis yang sama dengan Toyota Innova bermesin bensin dan solar sehingga penggeraknya pun masih mengandalkan roda belakang (RWD).

Baca juga: SEVA 2.0 Hadir Perkenalkan Fitur Instant Approval

Baterai mobil ini sendiri terletak di bawah. Jelas ada komponen yang hilang, seperti tangki bensin dan juga knalpot yang tidak dibutuhkan untuk mobil listrik.

Tapi gardan masih ada di mobil ini. Sistem kerjanya, baterai menggerakan motor listrik, lalu tenaga yang dihasilkan disalurkan melalui kopel ke roda belakang.

Karena masih berbentuk konsep, belum ada bocoran soal berapa besaran daya baterai yang digunakan untuk menggerakan motor listrik pada Kijang Innova EV Concept.

Baca juga: Menentukan Tenor dan Cicilan Kredit Mobil Baru yang Ideal

“Kehadiran Kijang Innova EV Concept menjadi bukti bahwa Toyota sangat memperhatikan dan mendukung kebijakan Pemerintah dalam membangun ekosistem yang ramah lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia ke depannya,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor.

Kijang Innova EV

Kehadiran mobil tersebut sekaligus menjadi bukti kuat bahwa Indonesia mempunyai peluang besar untuk membangun ekosistem industri kendaraan listrik dengan menggunakan basis brand nasional. 

Meski belum memasuki tahap komersial, Kijang Innova EV Concept telah melalui tahap quality and safety assurance dan standar Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca juga: Kriteria dan Jenis Mobil Investasi di Masa Depan

Belum sempat ke IIMS 2022 dan ingin membeli mobil Toyota untuk Lebaran? Tenang, di SEVA saja, ada promo promo bunga mulai 0 persen, cashback Rp 1 juta, gratis layanan Garda Health Tech hingga Rp 3,2 juta, dan gratis TJH hingga Rp 10 juta.

Ada juga promo lainnya seperti trade in cashback Rp 3 juta, cashback AstraPay Rp 100 ribu, special discount unit, dan diskon 30 persen di restoran Hotel Mandarin. Periode promo ini berlangsung mulai 30 Maret hingga 30 April 2022. 
Untuk beli mobil baru kredit, kamu bisa memanfaatkan fitur Instant Approval. Yuk bawa pulang mobil impian yang Jelas Dari Awal, udah pasti belinya di SEVA!