Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Modifikasi Audio Mobil

Mau melakukan modifikasi audio mobil? Yuk, perhatikan beberapa hal berikut ini agar audio dapat menghasilkan suara sesuai keinginan!

modifikasi audio mobil

Sebagian pemilik kendaraan mungkin ingin modifikasi audio mobil karena merasa kurang puas dengan sistem audio bawaan mobil atau ingin upgrade dengan fitur yang lebih lengkap.

Meski di sebagian besar mobil baru sudah memiliki fitur audio yang canggih, tetapi seringkali pemilik mobil ingin memiliki audio dengan kualitas seperti yang diinginkan.

Baca juga: Macam-macam Filter Mobil dan Kapan Harus Menggantinya

Bisa dikatakan sistem audio merupakan salah satu bagian penting pada mobil yang memfasilitasi urusan hiburan pada saat pengendara menaiki suatu mobil.

Sistem audio yang nyaman didengar, tentunya akan meningkatkan kenyamanan bagi pengendara terutama saat terjebak di tengah kemacetan.

Nah, bagi yang ingin melakukan modifikasi audio mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, apa saja itu?

modifikasi audio mobil

Perhatikan kelistrikan

Hal penting yang wajib diperhatikan sebelum modifikasi audio mobil adalah instalasi listrik kendaraan untuk mencegah korsleting saat pemakaian.

Baca juga: Harga Coating Mobil Sesuai Jenis dan Kelebihannya

Sistem audio akan aman dan tidak membuat mobil terbakar apabila pemasangannya benar. Kabel yang dipakai pun secukupnya saja, sebab kalau berlebihan bisa bikin kabel ‘keriting’ pada kabin.

Pemasangan audio yang benar juga akan berpengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan.

Ganti perangkat secara bertahap

Melakukan penggantian atau upgrade audio mobil tidak harus langsung satu set bersamaan dan bisa dilakukan secara bertahap. 

Baca juga: Kelebihan Penggerak Roda Depan pada MPV Masa Kini

Dalam melakukan modifikasi audio mobil, jangan hanya sekadar memilih perangkat audio mobil yang terkenal karena produknya belum tentu cocok dengan mobil. 

Ada baiknya untuk mengetahui beberapa komponen audio pada mobil. Berikut tips modifikasi audio mobil.

modifikasi audio mobil

Head unit

Yang pertama, ada head unit sebagai perangkat utama. Head unit pada mobil keluaran terbaru rata-rata sudah menggunakan touch screen, terintegrasi dan dilengkapi berbagai konektivitas, jadi memungkinkan untuk tidak mengeluarkan biaya penggantian.

Baca juga: Efek Sering Ganti BBM Bagi Mesin Mobil

Amplifier

Kedua, ada amplifier yang berfungsi untuk meningkatkan tatanan suara audio mobil. Amplifier bisa dikatakan membantu menyalurkan sinyal dari head unit sehingga speaker dapat mengeluarkan suara yang lebih stabil.

Crossover

Ketiga ada crossover yang bertugas membagi frekuensi sebelum atau sesudah diperkuat amplifier. Crossover memiliki dua jenis, yaitu aktif dan pasif.

Baca juga: Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Ada Saat Ini

Crossover aktif membagi frekuensi sebelum sinyal masuk amplifier, sedangkan crossover pasif membagi frekuensi setelah sinyal diperkuat amplifier. Namun, crossover biasanya hanya digunakan untuk speaker mobil dengan sistem 2-way dan 3-way.

modifikasi audio mobil

Speaker

Speaker memiliki beragam jenis berdasarkan frekuensi yang dikeluarkan. Ada tipe midrange yang memperjelas vokal manusia, tipe tweeter yang mengeluarkan frekuensi tinggi.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Test Drive Mobil Baru

Lalu, ada tipe midbass yang dapat mengolah frekuensi rendah. Serta subwoofer yang dapat mengeluarkan frekuensi lebih rendah dari midbass dan menghasilkan suara bass.

Selain itu, yang perlu diperhatikan dalam memilih speaker, apakah ingin menggunakan 2-way speaker atau 3-way speaker. 2-way speaker memiliki komponen-komponen yang memuat suara tinggi dan rendah, yang mana secara pemasangannya lebih mudah.

Baca juga: Kelebihan Mesin Diesel Masa Kini yang Makin Canggih

Sementara 3-way speaker komponennya memuat suara tinggi, rendah, dan sedang yang dapat menangkap frekuensi suara lebih banyak sehingga menghasilkan suara lebih jernih. Namun, dari segi pemasangan lebih rumit.

Biaya modifikasi audio mobil pun beragam, tergantung dari perangkat yang ingin kamu upgrade dan tambahkan. Agar suara enak didengar sehari-hari tanpa mengganti head unit, biayanya berkisar antara Rp 3-10 juta. 

Karena itu, sebelum melakukan modifikasi, sebaiknya, pahami terlebih dahulu komponen audio agar dapat memilih perangkat yang pas untuk mobil dan menghasilkan kualitas suara yang diinginkan.