Empat Langkah Mudah Merapikan dan Menyimpan Foto Liburan

Simak beberapa tips mudah untuk merapikan dan menyimpan foto berikut ini!

Momen liburan pasti tidak lengkap tanpa berfoto ria. Banyaknya foto tersebut tak dimungkiri sering membuat kebingungan, bagaimana cara mengatur dan menyimpannya ya? 

Nah, seringkali kamu ingin menyimpan foto tersebut, namun tetap bisa mudah diakses. Tenang, tidak perlu bingung, ikuti saja beberapa tips mudah untuk merapikan dan menyimpan foto momen liburan berikut ini.

Baca juga: 5 Tips Fotografi Traveling Biar Foto Makin Keren

Siapkan Cadangan

Tahap awal dalam proses merapikan foto, simpan semua file ke tempat penyimpanan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan atau foto terhapus secara tidak sengaja. 

Jika file foto yang kamu miliki terlalu besar dan penyimpanan tidak memadai, kamu bisa pindahkan ke komputer atau penyimpanan eksternal. Atau bisa juga memanfaatkan Dropbox, iCloud, Google Photos, dan sistem penyimpanan online lainnya.

Baca juga: Spot Foto Anti-Mainstream di Jakarta yang Sangat Instagramable

Sortir Foto

Mulailah menyortir foto yang ada, lalu buatlah folder sampah dari semua perangkat. Sortir foto dengan mengelompokkan sesuai dengan bulan dan acara.

Setelah selesai menyortir foto sesuai kelompoknya, tinjaulah kembali foto itu dengan cepat dan singkirkan foto yang tidak termasuk dalam momennya dan jangan lupa beri nama folder tersebut.

Edit Nama Foto

Setelah menyortir foto, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menambahkan informasi terperinci di masing-masing foto secara singkat. Namailah foto liburan kamu sesuai dengan tempat dan jenis kegiatannya.

Jika mengganti satu persatu terasa rumit, kamu bisa menggunakan aplikasi dari smartphone atau komputer. Bila kamu melakukan penamaan foto secara manual, pastikan untuk menyimpan salinan gambar terbaik kamu di folder terpisah dengan label ‘Favorit’, ya.

Baca juga: Tips Foto Keluarga Saat Lebaran untuk Hasil yang Memuaskan

Terapkan Strategi Pengarsipan

Usai kamu memiliki file foto yang berurutan, masuk ke tahap terakhir, yaitu pengarsipan. Untuk mendapatkan penyimpanan yang rapi kamu bisa menggunakan metode pengarsipan 3-2-1.

Metode pengarsipan ini berarti, 3 adalah singkatan dari tiga salinan file yang disimpan di tiga tempat berbeda. 2 berarti dua salinan data harus berada di dua tempat terpisah, dan 1 menunjukkan satu set data harus ada di lokasi yang terpisah jika terjadi bencana alam, seperti kebakaran, banjir atau pencurian yang tidak terduga.

Baca juga: Cara Foto Instagramable Saat Liburan yang Paling Disukai Orang

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk kamu merapikan dan menyimpan foto liburanmu. Momen berharga pastilah sangat penting untuk dijaga, maka dari itu, segera rapikan foto penuh kenanganmu, ya.

Bagi yang ingin kembali membuat cerita atau momen seru baru, kamu bisa mulai rencanakan liburan bersama Movic. Kamu bisa sewa mobil harian dan juga mingguan di Movic.

Ada penawaran menarik untuk liburanmu, lho. Hanya dengan booking sewa mobil di Movic sekarang, kamu bisa nikmati diskon 50% untuk sewa harian dan juga sewa mobil mingguan mulai dari Rp 150.000 per hari.

Pilih sewa harian maupun mingguan sekarang, karena pemesanan saat ini bisa kamu gunakan nanti hingga Desember 2020. Tunggu apalagi? Yuk sewa mobil di Movic. Bepergian lebih aman dan nyaman.