Detailing Mobil, Apa Saja yang Dikerjakan dan Berapa Biayanya?

Ada berbagai jenis perawatan yang bisa dilakukan, salah satunya detailing mobil. Berapa biayanya dan bagaimana sih proses pengerjaannya?

biaya detailing mobil

Bagi yang belum tahu, detailing mobil adalah proses teknik merawat dan mempercantik kendaraan dengan secara detail untuk mendapatkan tampilan yang lebih sempurna. 

Selain itu, jenis servis ini bisa juga didefinisikan dengan teknik dalam merawat bagian kendaraan secara keseluruhan, baik dari segi interior maupun eksterior.

Mobil yang digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari pasti kerap terkena berbagai kotoran. Misalnya seperti debu jalanan, polusi, aspal, oli, goresan kerikil kecil maupun bebatuan besar, kotoran burung, sinar matahari, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Toyota dengan Fitur Toyota Safety Sense

Untuk itu, diperlukan proses auto detailing yang mampu membersihkannya bahkan hingga ke bagian-bagian tertentu yang tidak dibersihkan di salon mobil.

Nah, kira-kira apa saja sih yang dikerjakan dan berapa biaya detailing mobil yang dikeluarkan?

detailing mobil

Perbedaan detailing dengan coating

Beberapa orang mungkin sulit membedakan antara detailing mobil dengan coating mobil. Pada dasarnya, coating mobil atau sering disebut juga dengan laminating mobil juga bertujuan untuk bisa mempercantik kendaraan. 

Baca juga: Lebih Sporty dan Bergaya, Ini Rekomendasi Daihatsu Varian ADS

Auto detailing mobil biasanya mencakup coating, yaitu proses mempercantik body agar semakin mengilap dengan suatu lapisan khusus. Sedangkan proses coating mobil umumnya hanya mempercantik bagian luar saja, dan tidak mencakup bagian interior

mobil varian tertinggi

Manfaat detailing mobil

Agar penampilannya tetap kinclong dan berkilau, kamu perlu melakukan auto detailing. Manfaatnya adalah seperti berikut: 

  • Memudahkan perawatan: Mobil yang sudah di-detailing lebih mudah dibersihkan dari kotoran kecil seperti noda dan cipratan lumpur. Tahapan protection membuat kotoran tidak mudah terakumulasi, dengan kata lain kotoran akan cepat luntur. 
  • Mobil tampak seperti baru: Mobil yang selalu terlihat seperti baru tentu menjadi impian bagi para pemiliknya. Proses waxing membantu melindungi kerusakan pada cat. 

Untuk melakukan perawatan tersebut, mungkin memang ada biaya yang harus dikeluarkan namun itu semua akan berbanding lurus dengan hasil maksimal pada tampilan mobil. 

Baca juga: Cara Mengatasi Ngantuk Saat Mengemudi di Perjalanan Jauh

Jadi, tidak perlu lagi ganti mobil dengan yang baru. Cukup melakukan detailing maka mobil pun akan menjadi terlihat seperti baru!