Cara Menghemat BBM Mobil untuk Perjalanan Jauh

Penting untuk diketahui, yuk ikuti cara menghemat BBM berikut ini! Supaya tetap nyaman saat menempuh perjalanan jauh dengan mobil.

cara menghemat bbm

Bagi para pemilik atau pengguna mobil, mengetahui cara menghemat BBM menjadi hal yang menarik untuk diketahui. Selain karena harga BBM yang semakin mahal, ketersediaan bahan bakar pun akan cepat habis jika penggunaannya tidak diperhatikan dan dihemat.

Tidak hanya dilakukan oleh para penggunanya, kini para produsen juga berlomba-lomba untuk memproduksi kendaraan bermotor yang hemat BBM dan ramah lingkungan. Mobil-mobil tersebut disebut dengan Low Cost Green Car (LCGC).

Terlepas dari apapun jenis mobil yang digunakan, inilah cara yang bisa dilakukan agar konsumsi BBM bisa dikurangi.

ac mobil

Bersihkan filter udara

Salah satu cara menghemat BBM yang bisa dilakukan adalah rutin membersihkan filter udara. Ini dilakukan agar udara kotor tidak masuk ke dalam sistem injeksi. 

Baca juga: Efek Sering Ganti BBM Bagi Mesin Mobil

Jika filter udara kotor, maka penyaringan udara tidak berjalan dengan baik, sehingga udara kotor bisa masuk ke sistem injeksi mobil. Dengan begitu, tenaga mobil akan berkurang dan diharuskan menginjak pedal gas lebih dalam ketika berkendara.

Semakin dalam menginjak pedal gas, maka semakin banyak pula bensin yang akan dibutuhkan. Oleh karena itu sebaiknya sebelum menggunakan kendaraan pastikan filter udara mobil dalam keadaan bersih.

cara menghemat bbm

Perhatikan kondisi ban mobil

Cara menghemat BBM lainnya adalah dengan memperhatikan kondisi ban mobil. Pastikan ban mobil memiliki tekanan angin yang ideal sebelum melakukan perjalanan.

Tekanan angin ban yang ideal tergantung pada jenis mobil yang digunakan. Untuk mengetahuinya, bukalah pintu kanan bagian depan (pintu driver), kemudian pada bagian frame terdapat stiker yang berisi informasi tekanan angin ban yang ideal untuk mobil.

Baca juga: Risiko yang Mengintai Jika Mobil Jarang Servis

Perlu diketahui juga, biasanya tekanan angin ban akan berkurang 2 Psi setiap bulannya karena penggunaan dan adanya pemuaian. Sebelum perjalanan jauh, ada baiknya kamu mengecek tekanan pada ban ya.

oli mobil

Gunakan oli synthetic

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam cara menghemat BBM adalah jenis oli yang digunakan. Penggunaan jenis oli ternyata berpengaruh pada bahan bakar pada mobil. 

Oli terdiri dari dua jenis, yakni oli synthetic dan oli non synthetic. Oli synthetic adalah oli yang terbuat dari senyawa kimia artifisial atau buatan. Sedangkan oli non synthetic adalah oli yang terbuat dari base oil atau minyak bumi mentah. 

Baca juga: Alasan Pabrikan Menyarankan Gunakan Oli Mesin Resmi

Oli synthetic sedikit lebih cair dibanding oli non synthetic. Penggunaan oli synthetic akan membuat penggunaan bahan bakar mobil kamu menjadi lebih hemat. 

Mesin kendaraan jika tidak dilumasi oleh pelumas yang baik akan mengendapkan karbon di dinding-dinding di dalam mesin. Jika tidak ditangani secara lanjut, akan membuat mesin kendaraan bermasalah. 

Fungsi oli synthetic yaitu untuk melumasi serta melapisi logam agar terhindar langsung dari gesekan-gesekan antar mesin. Dengan begitu, penggunaan BBM akan menjadi lebih hemat.

ac penumpang

Efektif menggunakan AC

Penggunaan AC juga  perlu diperhatikan dalam cara menghemat BBM. Ketika AC dinyalakan, maka tenaga mesin akan berkurang sehingga perlu menekan pedal gas lebih dalam.

Baca juga: Tips Merawat Transmisi Matic Agar Lebih Awet

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, semakin dalam menginjak pedal gas maka semakin banyak pula bensin yang akan dibutuhkan. Untuk itu, saat melakukan perjalanan jauh perhatikanlah penggunaan AC. 

Agar lebih efektif, jangan nyalakan AC sebelum udara panas dalam mobil keluar. Lalu, agar kinerjanya tetap optimal matikan AC saat membutuhkan engine power, seperti saat sedang melewati jalanan menanjak. 

car drive

Mengemudi dengan kecepatan konstan

Agar bisa menghemat BBM, usahakan untuk mengemudi dengan kecepatan yang konstan. Semakin sering menambah kecepatan, semakin banyak pula BBM yang akan dihabiskan.

Baca juga: Manfaat Tune Up Mobil Setelah Digunakan Menempuh Perjalanan Jauh

Untuk memastikan hal tersebut, bisa perhatikan angka RPM yang berada tetap di angka yang sama.
Bila sedang perjalan jauh seperti melewati Tol Trans Jawa, disarankan untuk mempertahankan putaran mesin di angka 2.000 RPM sampai 2.500 RPM dengan kecepatan antara 80-100 kilometer per jam.

mengerem mendadak

Jangan mengerem secara mendadak

Melakukan pengereman mendadak dapat membuat kampas rem menjadi cepat habis. Selain itu juga akan membuat tarikan mobil dimulai dari titik bawah sehingga penggunaan bahan bakar menjadi lebih banyak.

Selain menghabiskan banyak bahan bakar, tentunya mengerem secara mendadak juga akan mengakibatkan kecelakaan antara sesama pengendara mobil.

Baca juga: Cara Menentukan dan Menghitung DP Mobil Sesuai Budget

Untuk menghindari pengereman secara mendadak, sebaiknya menjaga jarak aman (2-3 meter) dengan kendaraan yang ada di depan. Jadi, ketika terjadi hal buruk secara tiba-tiba pengereman masih bisa dilakukan dengan baik.

Itulah tadi beberapa cara menghemat BBM yang bisa dilakukan. Sebelum membeli mobil, kamu bisa mengetahui simulasi pembiayaannya melalui SEVA

Fitur lainnya yang bisa kamu gunakan adalah SEVA Instant Approval. Dengan fitur ini, kamu akan mendapatkan rekomendasi perhitungan kredit mobil baru impian yang kamu inginkan.

Yuk bawa pulang mobil impian yang Jelas Dari Awal, sudah pasti belinya di SEVA!